Modernisasi Warung Tradisional Melalui Brand Image Di Kawasan Jongke Tengah, Sendangadi, Mlati, Sleman
Corresponding Author(s) : Rini Juni Astuti
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2019: 3. Pengembangan Usaha Mikro, kecildan Menengah (UMKM), Serta Ekonomi Kreatif
Abstract
Brand image atau merk sangat penting bagi keberadaan warung tradisional yang dimiliki oleh
masyarakat agar pembeli mengetahui ada warung tradisional Warung tradisional mempunyai harga yang
relative terjangkau bagi masyakarat terutama golongan ekonomi menengah ke bawah. Seiring maraknya
warung tradisional yang kebanyakan penjualnya adalah masyakarat biasa dengan harapan mampu
mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari, memerlukan pengelolaan yang modern pada pencapaian brand
image terutama pemberian nama warung yang dipasang atau bangunan yang representatif, pengelolaan
usaha terutama pada laporan transaksi keuangan yang sederhana. Adapun tujuan kegiatan adalah
memberikan pemahaman tentang pengelolaan warung yang baik melalui branding yaitu brand image
warung dan pengelolaan keuangan sederhana yang berbentuk kas kecil sehingga pendapatan warung
akan meningkat. Modernisasi warung berupa renovasi warung yang representative, pemberian/
pemasangan nama warung, tata layout dan pengelolaan keuangan dilakukan pada warung nasi rames
Bu Triwulandari dan warung kelontong bu Sumiyati yang ada di Kawasan Jongke Tengah, Sendangadi,
Mlati Sleman. Hasil setelah adanya modernisasi Warung tersebut memiliki dampak penjualan yang
meningkat 30% pasca dilakukan modernisasi warung melalui brand image karena sudah representative.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX