Date Log
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Implementation of Prototype Method on Online Fruit Store Service Application Using Flutter Framework
Corresponding Author(s) : Ardhin Primadewi
Proceedings Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Undergraduate Conference,
Vol. 3 No. 2 (2023): Crafting Innovation for Global Benefit
Abstract
Wein's Fresh Store is a distributor that sells local and imported fruits. However, the store still uses manual sales transactions. This results in inadequate transaction effectiveness in bridging transactions to buyers. To overcome this problem, an electronic trading platform called Wein's Fresh Apps was created, based on the Android mobile platform using Android mobile devices as a transaction medium. Through the Android application installed on mobile devices, users can easily sell and buy products in the online store. The Android-based online store has many advantages for users, including easier access and higher mobility, wider time flexibility, and a wider selection of products. Various attractive features such as the use of discount coupons, a secure payment system, and fast and reliable delivery further enhance the shopping experience in the Android-based online store. Wein's Fresh Store is a mobile-based online sales application using the prototype method. The prototyping technique is a method used to quickly gather information about user needs for software. This method focuses on presenting the software aspects that will be seen by customers or users. To build Wein's Fresh Apps application, the Dart programming language and the Flutter framework were used. Flutter is a popular cross-platform framework used to develop mobile and iOS applications. This framework is specifically designed to build mobile application interfaces (UI). Wein's Fresh Apps was created to facilitate store buyers in making purchases through the application, so they no longer need to come directly to the store.
Toko Wein’s Fresh Adalah distributor yang membeli buah lokal dan impor. Namun toko tersebut masih menggunakan transaksi penjualan secara manual. Hal ini mengakibatkan kefektifan dalam bertansaksi untuk menjembatani transaksi ke pembeli kurang memadai. Untuk mengatasi masalah ini, maka dibuatlah sebuah platform perdagangan elektronik bernama Wein’s Fresh Apps yang berbasis mobile Android menggunakan perangkat seluler Android sebagai media transaksinya. Melalui aplikasi Android yang terinstal di perangkat seluler, pengguna dapat dengan mudah menjual dan membeli produk di toko online tersebut. Toko online berbasis mobile Android memiliki banyak keuntungan untuk pengguna, di antaranya adalah kemudahan akses dan mobilitas yang lebih tinggi, fleksibilitas waktu yang lebih luas, dan pilihan produk yang lebih banyak dan bervariasi. Berbagai fitur menarik seperti penggunaan kupon diskon, sistem pembayaran yang aman, dan pengiriman yang cepat dan terpercaya, semakin meningkatkan pengalaman berbelanja di toko online berbasis mobile Android. Toko Wein’s Fresh adalah aplikasi penjualan online yang berbasis mobile dengan metode prototype.Teknik prototyping adalah metode yang digunakan untuk dengan cepat mengumpulkan informasi tentang kebutuhan pengguna tentang perangkat lunak. Metode ini berfokus pada presentasi aspek-aspek perangkat lunak yang akan terlihat oleh pelanggan atau pengguna. Untuk membangun aplikasi Wein’s Fresh Apps, digunakan bahasa pemrograman dart framework Flutter. Flutter merupakan sebuah cross-platform framework yang populer digunakan untuk mengembangkan aplikasi mobile dan iOS. Framework ini dirancang khusus untuk membangun antarmuka (UI) aplikasi mobile. Wein’s Fresh Apps ini dibuat untuk memudahkan pembeli toko dalam melakukan pembelian barang melalui aplikasi, sehingga tidak perlu lagi datang langsung ke toko tersebut.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- Muhtadi, A. Z., & Junaedi, L. (2021). Implementasi Metode Prototype dalam Membangun Sistem Informasi Penjualan Online pada Toko Herbal Pahlawan. Journal of Advances in Information and Industrial Technology, 3(1), 31–41. https://doi.org/10.52435/jaiit.v3i1.88
- Arista, W. D., & Suderana, W. (2019). Implementasi Kebijakan Program Kartu Identitas Anak (Kia) Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Badung. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 3(1), 56. https://doi.org/10.38043/jids.v3i1.1733
- Brain, W., Windiyaningsih, C., & Istiqlal, H. (2023). Analisis Implementasi Metode Prototyping Pada Sistem Informasi Pemeliharaan Alat Pendingin di Rumah Sakit Khusus Daerah Duren Sawit. Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI), 7(1), 78–98.
- https://doi.org/10.52643/marsi.v7i1.2932 Emerson, A. R., & Mulyono, H. (2019). Analisis Dan
- Perancangan Sistem Informasi Promosi Berbasis Web Pada Betacam Studio Photografhy. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 4(4), 368–377.
- Fernando, F. (2020). Implementasi E-Commerce Berbasis Web pada Toko Denia Donuts Menggunakan Metode Prototype. JUSIFO (Jurnal Sistem Informasi), 6(2), 66–77. https://doi.org/10.19109/jusifo.v6i2.6532
- Fitriani, D., & Subariah, R. (20221). Perancangan Apikasi Form Pelayanan Jasa pada Studio Foto Produk Unik Berbasis Web Menggunakan Metode Prototype. Jurnal Publikasi Teknik Informatika, 1.
- Isroni, M., & Setiawati, D. (2019). Commerce Berbasis Web Di Toko Abon Rojokoyo. JITU: Journal Informatic Technology And Communication, 3(1), 64–75.
- Kurale, R., Bala, K., & Assistant Professor, A. (2021). A Comparative Study of Flutter with Other Cross-Platform Mobile Application Development.International Journal of Creative Research Thoughts, 9(12), 2320–2882. www.ijcrt.org
- Mahendra, M. R., Ramadhan, Y. R., Iskandar, D., Studi, P., Informatika, T., Tinggi, S., Wastukancana, T., & Barat, J. (2023). Rancang Bangun Aplikasi Rentcar Now Pada Rental Mobil Sahabat Purwakarta Berbasis Mobile dengan Metode Prototype. 4(1), 23–31.
- Mulyono, T., & Kholid. (2019). Metode prototyping pada aplikasi open innovation dalam pengembangan produk UKM gresik. Seminar Nasional Sistem Informasi 2019, September 1947–1953.
- Muslim, Puspita Sari, R., & Rahmayuda, S. (2022). Implementasi Framework Flutter Pada Sistem Informasi Perpustakaan Masjid. Jurnal Komputer dan Aplikasi, 10(1), 46–59.
- Muslimin, D. T., Herlambang, D., Ratnasari, A., & Gata, G. (2022). Aplikasi Pelayanan Jasa Konstruksi Berbasis Android Dan Website Menggunakan Metode Prototype. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Sains, 2(2), 1–10.
- Pranita, M. J., Zulfikar, D. H., & Gunawan, C. E. (2019). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Keagenan PERISAI Menggunakan End User Computing Satisfaction (Studi Kasus: BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Palembang). Jusifo, 5(2), 91–104.https://doi.org/10.19109/jusifo.v5i2.5191
- Rachmatullah, R., Kardha, D., & Yudha, M. P. (2020).
- Aplikasi E-Commerce Petshop dengan Fitur Petpedia. Go Infotech: Jurnal Ilmiah STMIK AUB, 26(1), 24. https://doi.org/10.36309/goi.v26i1.120
- Tjandra, S., & Chandra, G. S. (2020). Pemanfaatan
- Flutter dan Electron Framework pada Aplikasi Inventori dan Pengaturan Pengiriman Barang. Journal of Information System, Graphics, Hospitality, and Technology, 2(02), 76–81. https://doi.org/10.37823/insight.v2i02.109
- Winanda, S., Elvira, W., Afifah, T. A., Azhari, N., & ... (2022). … Jenis Harga Pada Toko STARS Menggunakan Metode Prototype: Analysis and Design of Price Detection Applications at STARS Store Using The Prototype Method. SENTIMAS: Seminar …, 307–315. https://journal.irpi.or.id/index.php/sentimas/article
- /view/246%0Ahttps://journal.irpi.or.id/index.php/ centimes/article/download/246/147
- Yoka Fathoni, M., Aplikasi Penjualan Berbasis, P., Faisal Waliulu, R., Susanto, A., & Nishom, M. (2022). Perancangan Aplikasi Penjualan Berbasis Client Server Pada Kedai WKWK Kota Purwokerto Menggunakan Metode Jurnal Informatika: Jurnal pengembangan IT (JPIT), 7(1), 49–54.
- Yul, D., & Santoso, A. B. (2022). PENERAPAN METODE PROTOTYPE PADA SISTEM INFORMASI PENAGIHAN LANGGANAN KORAN (STUDI KASUS: RADAR LAMPUNG ). 2(1), 1–12.
- Al Muhtadi, A. Z., & Junaedi, L. (2021). Implementasi Metode Prototype dalam Membangun Sistem Informasi Penjualan Online pada Toko Herbal Pahlawan. Journal of Advances in Information and Industrial Technology, 3(1), 31–41. https://doi.org/10.52435/jaiit.v3i1.88
- Arista, W. D., & Suderana, W. (2019). Implementasi Kebijakan Program Kartu Identitas Anak (Kia) Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Badung. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 3(1), 56. https://doi.org/10.38043/jids.v3i1.1733
- Brain, W., Windiyaningsih, C., & Istiqlal, H. (2023). Analisis Implementasi Metode Prototyping Pada Sistem Informasi Pemeliharaan Alat Pendingin di Rumah Sakit Khusus Daerah Duren Sawit. Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI), 7(1), 78–98. https://doi.org/10.52643/marsi.v7i1.2932 Emerson, A. R., & Mulyono, H. (2019). Analisis Dan
- Perancangan Sistem Informasi Promosi Berbasis Web Pada Betacam Studio Photografhy. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 4(4), 368–377.
- Fernando, F. (2020). Implementasi E-Commerce Berbasis Web pada Toko Denia Donuts Menggunakan Metode Prototype. JUSIFO (Jurnal Sistem Informasi), 6(2), 66–77. https://doi.org/10.19109/jusifo.v6i2.6532
- Fitriani, D., & Subariah, R. (20221). Perancangan Apikasi Form Pelayanan Jasa pada Studio Foto Produk Unik Berbasis Web Menggunakan Metode Prototype. Jurnal Publikasi Teknik Informatika, 1.
- Isroni, M., & Setiawati, D. (2019). Commerce Berbasis Web Di Toko Abon Rojokoyo. JITU: Journal Informatic Technology And Communication, 3(1), 64–75.
- Kurale, R., Bala, K., & Assistant Professor, A. (2021). A Comparative Study of Flutter with Other Cross-Platform Mobile Application Development.
- International Journal of Creative Research Thoughts, 9(12), 2320–2882. www.ijcrt.org
- Mahendra, M. R., Ramadhan, Y. R., Iskandar, D., Studi, P., Informatika, T., Tinggi, S., Wastukancana, T., & Barat, J. (2023). Rancang Bangun Aplikasi Rentcar Now Pada Rental Mobil Sahabat Purwakarta Berbasis Mobile dengan Metode Prototype. 4(1), 23–31.
- Mulyono, T., & Kholid. (2019). Metode prototyping pada aplikasi open innovation dalam pengembangan produk UKM gresik. Seminar Nasional Sistem Informasi 2019, September 1947–1953.
- Muslim, Puspita Sari, R., & Rahmayuda, S. (2022). Implementasi Framework Flutter Pada Sistem Informasi Perpustakaan Masjid. Jurnal Komputer dan Aplikasi, 10(1), 46–59.
- Muslimin, D. T., Herlambang, D., Ratnasari, A., & Gata, G. (2022). Aplikasi Pelayanan Jasa Konstruksi Berbasis Android Dan Website Menggunakan Metode Prototype. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Sains, 2(2), 1–10.
- Pranita, M. J., Zulfikar, D. H., & Gunawan, C. E. (2019). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Keagenan PERISAI Menggunakan End User Computing Satisfaction (Studi Kasus: BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Palembang). Jusifo, 5(2), 91–104.
- https://doi.org/10.19109/jusifo.v5i2.5191 Rachmatullah, R., Kardha, D., & Yudha, M. P. (2020).
- Aplikasi E-Commerce Petshop dengan Fitur Petpedia. Go Infotech: Jurnal Ilmiah STMIK AUB, 26(1), 24. https://doi.org/10.36309/goi.v26i1.120
- Tjandra, S., & Chandra, G. S. (2020). Pemanfaatan
- Flutter dan Electron Framework pada Aplikasi Inventori dan Pengaturan Pengiriman Barang. Journal of Information System, Graphics, Hospitality, and Technology, 2(02), 76–81. https://doi.org/10.37823/insight.v2i02.109
- Winanda, S., Elvira, W., Afifah, T. A., Azhari, N., & ... (2022). … Jenis Harga Pada Toko STARS Menggunakan Metode Prototype: Analysis and Design of Price Detection Applications at STARS Store Using The Prototype Method. SENTIMAS: Seminar …, 307–315. https://journal.irpi.or.id/index.php/sentimas/article
- /view/246%0Ahttps://journal.irpi.or.id/index.php/ centimes/article/download/246/147
- Yoka Fathoni, M., Aplikasi Penjualan Berbasis, P., Faisal Waliulu, R., Susanto, A., & Nishom, M. (2022). Perancangan Aplikasi Penjualan Berbasis Client Server Pada Kedai WKWK Kota Purwokerto Menggunakan Metode Prototype.
- Jurnal Informatika: Jurnal pengembangan IT (JPIT), 7(1), 49–54.
- Yul, D., & Santoso, A. B. (2022). PENERAPAN METODE PROTOTYPE PADA SISTEM INFORMASI PENAGIHAN LANGGANAN KORAN (STUDI KASUS: RADAR LAMPUNG). 2(1), 1–12
References
Muhtadi, A. Z., & Junaedi, L. (2021). Implementasi Metode Prototype dalam Membangun Sistem Informasi Penjualan Online pada Toko Herbal Pahlawan. Journal of Advances in Information and Industrial Technology, 3(1), 31–41. https://doi.org/10.52435/jaiit.v3i1.88
Arista, W. D., & Suderana, W. (2019). Implementasi Kebijakan Program Kartu Identitas Anak (Kia) Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Badung. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 3(1), 56. https://doi.org/10.38043/jids.v3i1.1733
Brain, W., Windiyaningsih, C., & Istiqlal, H. (2023). Analisis Implementasi Metode Prototyping Pada Sistem Informasi Pemeliharaan Alat Pendingin di Rumah Sakit Khusus Daerah Duren Sawit. Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI), 7(1), 78–98.
https://doi.org/10.52643/marsi.v7i1.2932 Emerson, A. R., & Mulyono, H. (2019). Analisis Dan
Perancangan Sistem Informasi Promosi Berbasis Web Pada Betacam Studio Photografhy. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 4(4), 368–377.
Fernando, F. (2020). Implementasi E-Commerce Berbasis Web pada Toko Denia Donuts Menggunakan Metode Prototype. JUSIFO (Jurnal Sistem Informasi), 6(2), 66–77. https://doi.org/10.19109/jusifo.v6i2.6532
Fitriani, D., & Subariah, R. (20221). Perancangan Apikasi Form Pelayanan Jasa pada Studio Foto Produk Unik Berbasis Web Menggunakan Metode Prototype. Jurnal Publikasi Teknik Informatika, 1.
Isroni, M., & Setiawati, D. (2019). Commerce Berbasis Web Di Toko Abon Rojokoyo. JITU: Journal Informatic Technology And Communication, 3(1), 64–75.
Kurale, R., Bala, K., & Assistant Professor, A. (2021). A Comparative Study of Flutter with Other Cross-Platform Mobile Application Development.International Journal of Creative Research Thoughts, 9(12), 2320–2882. www.ijcrt.org
Mahendra, M. R., Ramadhan, Y. R., Iskandar, D., Studi, P., Informatika, T., Tinggi, S., Wastukancana, T., & Barat, J. (2023). Rancang Bangun Aplikasi Rentcar Now Pada Rental Mobil Sahabat Purwakarta Berbasis Mobile dengan Metode Prototype. 4(1), 23–31.
Mulyono, T., & Kholid. (2019). Metode prototyping pada aplikasi open innovation dalam pengembangan produk UKM gresik. Seminar Nasional Sistem Informasi 2019, September 1947–1953.
Muslim, Puspita Sari, R., & Rahmayuda, S. (2022). Implementasi Framework Flutter Pada Sistem Informasi Perpustakaan Masjid. Jurnal Komputer dan Aplikasi, 10(1), 46–59.
Muslimin, D. T., Herlambang, D., Ratnasari, A., & Gata, G. (2022). Aplikasi Pelayanan Jasa Konstruksi Berbasis Android Dan Website Menggunakan Metode Prototype. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Sains, 2(2), 1–10.
Pranita, M. J., Zulfikar, D. H., & Gunawan, C. E. (2019). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Keagenan PERISAI Menggunakan End User Computing Satisfaction (Studi Kasus: BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Palembang). Jusifo, 5(2), 91–104.https://doi.org/10.19109/jusifo.v5i2.5191
Rachmatullah, R., Kardha, D., & Yudha, M. P. (2020).
Aplikasi E-Commerce Petshop dengan Fitur Petpedia. Go Infotech: Jurnal Ilmiah STMIK AUB, 26(1), 24. https://doi.org/10.36309/goi.v26i1.120
Tjandra, S., & Chandra, G. S. (2020). Pemanfaatan
Flutter dan Electron Framework pada Aplikasi Inventori dan Pengaturan Pengiriman Barang. Journal of Information System, Graphics, Hospitality, and Technology, 2(02), 76–81. https://doi.org/10.37823/insight.v2i02.109
Winanda, S., Elvira, W., Afifah, T. A., Azhari, N., & ... (2022). … Jenis Harga Pada Toko STARS Menggunakan Metode Prototype: Analysis and Design of Price Detection Applications at STARS Store Using The Prototype Method. SENTIMAS: Seminar …, 307–315. https://journal.irpi.or.id/index.php/sentimas/article
/view/246%0Ahttps://journal.irpi.or.id/index.php/ centimes/article/download/246/147
Yoka Fathoni, M., Aplikasi Penjualan Berbasis, P., Faisal Waliulu, R., Susanto, A., & Nishom, M. (2022). Perancangan Aplikasi Penjualan Berbasis Client Server Pada Kedai WKWK Kota Purwokerto Menggunakan Metode Jurnal Informatika: Jurnal pengembangan IT (JPIT), 7(1), 49–54.
Yul, D., & Santoso, A. B. (2022). PENERAPAN METODE PROTOTYPE PADA SISTEM INFORMASI PENAGIHAN LANGGANAN KORAN (STUDI KASUS: RADAR LAMPUNG ). 2(1), 1–12.
Al Muhtadi, A. Z., & Junaedi, L. (2021). Implementasi Metode Prototype dalam Membangun Sistem Informasi Penjualan Online pada Toko Herbal Pahlawan. Journal of Advances in Information and Industrial Technology, 3(1), 31–41. https://doi.org/10.52435/jaiit.v3i1.88
Arista, W. D., & Suderana, W. (2019). Implementasi Kebijakan Program Kartu Identitas Anak (Kia) Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Badung. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 3(1), 56. https://doi.org/10.38043/jids.v3i1.1733
Brain, W., Windiyaningsih, C., & Istiqlal, H. (2023). Analisis Implementasi Metode Prototyping Pada Sistem Informasi Pemeliharaan Alat Pendingin di Rumah Sakit Khusus Daerah Duren Sawit. Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI), 7(1), 78–98. https://doi.org/10.52643/marsi.v7i1.2932 Emerson, A. R., & Mulyono, H. (2019). Analisis Dan
Perancangan Sistem Informasi Promosi Berbasis Web Pada Betacam Studio Photografhy. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 4(4), 368–377.
Fernando, F. (2020). Implementasi E-Commerce Berbasis Web pada Toko Denia Donuts Menggunakan Metode Prototype. JUSIFO (Jurnal Sistem Informasi), 6(2), 66–77. https://doi.org/10.19109/jusifo.v6i2.6532
Fitriani, D., & Subariah, R. (20221). Perancangan Apikasi Form Pelayanan Jasa pada Studio Foto Produk Unik Berbasis Web Menggunakan Metode Prototype. Jurnal Publikasi Teknik Informatika, 1.
Isroni, M., & Setiawati, D. (2019). Commerce Berbasis Web Di Toko Abon Rojokoyo. JITU: Journal Informatic Technology And Communication, 3(1), 64–75.
Kurale, R., Bala, K., & Assistant Professor, A. (2021). A Comparative Study of Flutter with Other Cross-Platform Mobile Application Development.
International Journal of Creative Research Thoughts, 9(12), 2320–2882. www.ijcrt.org
Mahendra, M. R., Ramadhan, Y. R., Iskandar, D., Studi, P., Informatika, T., Tinggi, S., Wastukancana, T., & Barat, J. (2023). Rancang Bangun Aplikasi Rentcar Now Pada Rental Mobil Sahabat Purwakarta Berbasis Mobile dengan Metode Prototype. 4(1), 23–31.
Mulyono, T., & Kholid. (2019). Metode prototyping pada aplikasi open innovation dalam pengembangan produk UKM gresik. Seminar Nasional Sistem Informasi 2019, September 1947–1953.
Muslim, Puspita Sari, R., & Rahmayuda, S. (2022). Implementasi Framework Flutter Pada Sistem Informasi Perpustakaan Masjid. Jurnal Komputer dan Aplikasi, 10(1), 46–59.
Muslimin, D. T., Herlambang, D., Ratnasari, A., & Gata, G. (2022). Aplikasi Pelayanan Jasa Konstruksi Berbasis Android Dan Website Menggunakan Metode Prototype. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Sains, 2(2), 1–10.
Pranita, M. J., Zulfikar, D. H., & Gunawan, C. E. (2019). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Keagenan PERISAI Menggunakan End User Computing Satisfaction (Studi Kasus: BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Palembang). Jusifo, 5(2), 91–104.
https://doi.org/10.19109/jusifo.v5i2.5191 Rachmatullah, R., Kardha, D., & Yudha, M. P. (2020).
Aplikasi E-Commerce Petshop dengan Fitur Petpedia. Go Infotech: Jurnal Ilmiah STMIK AUB, 26(1), 24. https://doi.org/10.36309/goi.v26i1.120
Tjandra, S., & Chandra, G. S. (2020). Pemanfaatan
Flutter dan Electron Framework pada Aplikasi Inventori dan Pengaturan Pengiriman Barang. Journal of Information System, Graphics, Hospitality, and Technology, 2(02), 76–81. https://doi.org/10.37823/insight.v2i02.109
Winanda, S., Elvira, W., Afifah, T. A., Azhari, N., & ... (2022). … Jenis Harga Pada Toko STARS Menggunakan Metode Prototype: Analysis and Design of Price Detection Applications at STARS Store Using The Prototype Method. SENTIMAS: Seminar …, 307–315. https://journal.irpi.or.id/index.php/sentimas/article
/view/246%0Ahttps://journal.irpi.or.id/index.php/ centimes/article/download/246/147
Yoka Fathoni, M., Aplikasi Penjualan Berbasis, P., Faisal Waliulu, R., Susanto, A., & Nishom, M. (2022). Perancangan Aplikasi Penjualan Berbasis Client Server Pada Kedai WKWK Kota Purwokerto Menggunakan Metode Prototype.
Jurnal Informatika: Jurnal pengembangan IT (JPIT), 7(1), 49–54.
Yul, D., & Santoso, A. B. (2022). PENERAPAN METODE PROTOTYPE PADA SISTEM INFORMASI PENAGIHAN LANGGANAN KORAN (STUDI KASUS: RADAR LAMPUNG). 2(1), 1–12