Date Log
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Usaha Studio Foto dan Shooting Sebagai Upaya Pengembangan Potensi Kewirausahaan Pemuda di Kecamatan Sinjai Utara
Corresponding Author(s) : Suriyati
Proceedings Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Undergraduate Conference,
Vol. 2 No. 1 (2022): Strengthening Youth Potentials for Sustainable Innovation
Abstract
Tingginya permintaan jasa fotografi dapat membuka lahan bisnis dan meningkatkan potensi kewiraushaan, terkhusus di kalangan pemuda. Studio foto dan shooting dapat memberikan hasil foto yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan klien. Studio foto menyediakan berbagai fasilitas dalam mengontrol objek foto. Studi foto dan shooting dapat dijadikan sebagai usaha dan upaya dalam pengembangan potensi kewirausahaan pemuda di Kecamatan Sinjai Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi dan inovasi yang dikembangkan oleh usaha studio foto dan shooting dalam mengembangkan potensi kewirausahaan pemuda di Kecamatan Sinjai Utara. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian Field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini diperoleh hasil bahwa strategi yang dapat dikembangkan oleh studio foto dan shooting adalah dengan memanfaatkan sosial media sebagai wadah untuk memperkenalkan studio foto dan shooting serta memngupayakan peningkatan kreativitas yang berkaitan dengan fotografi. Adapun inovasi yang dapat diaktualisasikan adalah menyediakan studio yang menarik serta menerima tawaran foto indoor dan outdoor.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- Aden Wijdan dan Junanah. (2021). Pendidikan Kewirausahaan Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Sablon Cukil, Jurnal eL-Tarbawi, Volume 14; Nomor 1.
- Adinaya, Bhisma. 2013. Fotografia: Kiat Jadi Fotografer from Zero to Hero. Jakarta:Gramedia Widiarsana.
- Athok Lutfi dan Lucia Rita Indrawati. (2021). Upaya Pengembangan Kewirausahaan Melalui Kegiatan Pelatihan Pemuda di Daerah Istimewa Yogyakrta, Jurnal Praksis dan dedikasi, Volume 4; Nomor 2, 2021
- Bukhari Alma. (2003), Dasar-Dasar Etika Bisnis Islami. Bandung: Alfabeta, 2003.
- Creswell, J. W. (2015). Penelitian qualitative dan desain riset: memilih di antara lima pendekatan (Edisi Indo). Pustaka Pelajar.
- Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2005). Jakarta: Balai Pustaka, Edisi Ke-3.
- Heru Bangkit Sanjaya, dkk. (2020). Analisis Peluang Bisnis Jasa Fotografi “Garis Photography” dengan business model canvas dan analisis swot, Jurnal Kinerja, Volume 17; Nomor 2.
- Ismail Solihin. (2006) Pengantar Bisnis, Pengenalan Praktis dan Studi Kasus, Jakarta: Kencana.
- Miles, M. B., A. Michael, H., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook (3 Edition). SAGE Publications, Inc.
- Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Untuk Penelitian yang Bersifat Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif. CV. Alfabeta.
- Vebri Nafa Shobha Azmi. (2019), Skripsi: Strategi Komunikasi Pemasaran Berbasis New Media Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus pada Studio Foto Ameltrias Photographie), Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
- Wulandari, P. K. (2017). Inovasi Pemuda Dalam Mendukung Ketahanan Ekonomi Keluarga (Studi Kasus Pada Kampung Warna-Warni Kelurahan Jodipan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang). Jurnal Ketahanan Nasional, Volume 23; Nomor 3.
- Yesi Agustina. (2019). Skripsi: Praktek Usaha Fotografi Pranikah Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi di Alye Studio), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro
- Zulferdi Amri. (2021). Skripsi: Teknik Fotografi Model Bujang Dara di Studio Enjoy Photography Pekan Baru, Universitas Islam Negeri Syarif Kasim Ria
References
Aden Wijdan dan Junanah. (2021). Pendidikan Kewirausahaan Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Sablon Cukil, Jurnal eL-Tarbawi, Volume 14; Nomor 1.
Adinaya, Bhisma. 2013. Fotografia: Kiat Jadi Fotografer from Zero to Hero. Jakarta:Gramedia Widiarsana.
Athok Lutfi dan Lucia Rita Indrawati. (2021). Upaya Pengembangan Kewirausahaan Melalui Kegiatan Pelatihan Pemuda di Daerah Istimewa Yogyakrta, Jurnal Praksis dan dedikasi, Volume 4; Nomor 2, 2021
Bukhari Alma. (2003), Dasar-Dasar Etika Bisnis Islami. Bandung: Alfabeta, 2003.
Creswell, J. W. (2015). Penelitian qualitative dan desain riset: memilih di antara lima pendekatan (Edisi Indo). Pustaka Pelajar.
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2005). Jakarta: Balai Pustaka, Edisi Ke-3.
Heru Bangkit Sanjaya, dkk. (2020). Analisis Peluang Bisnis Jasa Fotografi “Garis Photography” dengan business model canvas dan analisis swot, Jurnal Kinerja, Volume 17; Nomor 2.
Ismail Solihin. (2006) Pengantar Bisnis, Pengenalan Praktis dan Studi Kasus, Jakarta: Kencana.
Miles, M. B., A. Michael, H., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook (3 Edition). SAGE Publications, Inc.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Untuk Penelitian yang Bersifat Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif. CV. Alfabeta.
Vebri Nafa Shobha Azmi. (2019), Skripsi: Strategi Komunikasi Pemasaran Berbasis New Media Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus pada Studio Foto Ameltrias Photographie), Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Wulandari, P. K. (2017). Inovasi Pemuda Dalam Mendukung Ketahanan Ekonomi Keluarga (Studi Kasus Pada Kampung Warna-Warni Kelurahan Jodipan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang). Jurnal Ketahanan Nasional, Volume 23; Nomor 3.
Yesi Agustina. (2019). Skripsi: Praktek Usaha Fotografi Pranikah Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi di Alye Studio), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro
Zulferdi Amri. (2021). Skripsi: Teknik Fotografi Model Bujang Dara di Studio Enjoy Photography Pekan Baru, Universitas Islam Negeri Syarif Kasim Ria