Date Log
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Etnomatematika dalam Permainan Tradisional Intingan (Modifikasi) pada Operasi Bilangan Bulat
Corresponding Author(s) : Istadi
Proceedings Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Undergraduate Conference,
Vol. 2 No. 1 (2022): Strengthening Youth Potentials for Sustainable Innovation
Abstract
Siswa kesulitan dalam menyelesaikan operasi penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat. Hal ini dikarenakan kurangnya latihan dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi bilangan bulat. Pembelajaran matematika yang dikaitkan dengan permainan tradisional akan membuat siswa melakukan latihan menyelesaikan operasi bilangan bulat secara berulang-ulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan permainan tradisional melalui inovasi permainan intingan (modifikasi) dalam pembelajaran matematika untuk mempermudah siswa dalam menyelesaikan operasi bilangan positif dan negatif. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskripsi kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi untuk memvalidasi data menggunakan triangulasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Idrisia-IGS Sampit, dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VII. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa permainan intingan (modifikasi) mampu membantu siswa menyelesaikan operasi bilangan bulat dalam membandingkan nilai bilangan bulat yaitu pada saat siswa mengumpulkan poin berupa bilangan bulat positif dan negatif pada saat melakukan permainan dan melakukan penjumlahan bilangan bulat positif dan negatif, hal ini dilakukan siswa pada saat menentukan pemenang dari permainan yang sudah dilakukan.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- Ardiansyah, Hamid, H,. & Mucti, A. (2019). Identifikasi Kesulitan Siswa pada Operasi Hitung Bilangan dalam Menyelesaikan Soal Cerita SMPN 2 Tanjung Palas, Matematika Education and Application Journal (META), 1(1), 19-25
- Ashrianti, T. & Ervika Rana Yulia, E. R., (2021). Efektivitas Etnomtematika Permainan Engklek terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM) III, 53-61.
- Azmi, N., & Rosdiana. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Smp Negeri 2 Meurah Mulia. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 82–90.
- Bange, Y., Peni, N., & Meke, K. D. P., (2021) Identifikasi Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan Bulat pada Siswa SMP Kristen Ende Tahun Pelajaran 2020/2021, Jurnal pendidikan Matematika, 2 (2),91-99
- Istadi, T. A Kusmayadi & I. Sujadi, (2017) Students’ mathematical representations on secondary school in solving trigonometric Problems, Journal of Physics: Conf. Series, 1-9.
- Muttaqien, A., Nusantara, T., & Subanji. (2013). Pembelajaran Word Problem dengan Pemecahan Masalah Model Polya. 51–61
- Narulita, D., Mardiyana, M., & Saputro, D. R. S. (2019). Ethnomathematics in Traditional Wayang Performance in Surakarta as a Source of Mathematics Learning in Junior High School. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(2), 115–122.
- Putri, A. B. U & Hasyim, N., (2017) Upaya Melestarikan Permainan Tradisional Engklek Melalui Teknlogi Digital Interaktif, Jurnal Rupa,2 (2),77-149.
- Risdiyanti, I., & Prahmana, R. C. I. (2021). Designing Learning Trajectory of Set Through the Indonesian Shadow Puppets and Mahabharata Stories. Infinity Journal, 10(2), 331-348.
- Sholihah, M., Widadah, S., & Sukriyah, D. (2022). Development of Student Worksheet Based on Ethnomathematics Traditional Engklek Games on Cube and Rectangular Pyramid. Jurnal Atlantis Press, 627, 144–152.
- Suryaningsih, C., & Munahefi, D. N. (2021). Penerapan Puzzle Bernuansa Etnomatematika Melalui Permainan Engklek pada Materi Bangun Datar. PRISMA, Prosiding Seminar …,4,111–118.
- Syaripuddin. (2019). Pemanfaatan Etnomatika Permainan Engklek dalam Pembelajaran Matematika, Jurnal MathEducation Nusantara, 2(1), 84-89
References
Ardiansyah, Hamid, H,. & Mucti, A. (2019). Identifikasi Kesulitan Siswa pada Operasi Hitung Bilangan dalam Menyelesaikan Soal Cerita SMPN 2 Tanjung Palas, Matematika Education and Application Journal (META), 1(1), 19-25
Ashrianti, T. & Ervika Rana Yulia, E. R., (2021). Efektivitas Etnomtematika Permainan Engklek terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM) III, 53-61.
Azmi, N., & Rosdiana. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Smp Negeri 2 Meurah Mulia. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 82–90.
Bange, Y., Peni, N., & Meke, K. D. P., (2021) Identifikasi Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan Bulat pada Siswa SMP Kristen Ende Tahun Pelajaran 2020/2021, Jurnal pendidikan Matematika, 2 (2),91-99
Istadi, T. A Kusmayadi & I. Sujadi, (2017) Students’ mathematical representations on secondary school in solving trigonometric Problems, Journal of Physics: Conf. Series, 1-9.
Muttaqien, A., Nusantara, T., & Subanji. (2013). Pembelajaran Word Problem dengan Pemecahan Masalah Model Polya. 51–61
Narulita, D., Mardiyana, M., & Saputro, D. R. S. (2019). Ethnomathematics in Traditional Wayang Performance in Surakarta as a Source of Mathematics Learning in Junior High School. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(2), 115–122.
Putri, A. B. U & Hasyim, N., (2017) Upaya Melestarikan Permainan Tradisional Engklek Melalui Teknlogi Digital Interaktif, Jurnal Rupa,2 (2),77-149.
Risdiyanti, I., & Prahmana, R. C. I. (2021). Designing Learning Trajectory of Set Through the Indonesian Shadow Puppets and Mahabharata Stories. Infinity Journal, 10(2), 331-348.
Sholihah, M., Widadah, S., & Sukriyah, D. (2022). Development of Student Worksheet Based on Ethnomathematics Traditional Engklek Games on Cube and Rectangular Pyramid. Jurnal Atlantis Press, 627, 144–152.
Suryaningsih, C., & Munahefi, D. N. (2021). Penerapan Puzzle Bernuansa Etnomatematika Melalui Permainan Engklek pada Materi Bangun Datar. PRISMA, Prosiding Seminar …,4,111–118.
Syaripuddin. (2019). Pemanfaatan Etnomatika Permainan Engklek dalam Pembelajaran Matematika, Jurnal MathEducation Nusantara, 2(1), 84-89