Date Log
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Akun Instagram Manajemen Produksi Konten Digital @Jogjatv di Era Pandemi Covid-19
Corresponding Author(s) : Muhammad Muttaqien
Proceedings Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Undergraduate Conference,
Vol. 2 No. 1 (2022): Strengthening Youth Potentials for Sustainable Innovation
Abstract
PT Yogyakarta Tugu Televisi Atau Yang Biasa Dikenal Dengan Jogjatv Adalah Stasiun Televisi Lokal Swasta Pertama Di Yogyakarta Yang Memproduksi Konten Digital Melalui Instagram Dengan Konsep Video Berita Yang Berisi Issue Paling Update, Viral, Unik, Dan Berfokus Di Wilayah Yogyakarta Dan Jawa Tengah. Maraknya Media Konvensional Yang Merambah Ke Dunia Digital Di Tengah Pandemi Ini Membuat Jogjatv Memanfaatkan Teknologi Seperti Sosial Media Instagram Untuk Mempertahankan Audiens Dan Eksistensi Media. Hal Ini Membuat Persaingan Antar Media Semakin Meningkat Serta Menjadi Indikasi Bahwa Masyarakat Sering Mengakses Konten Melalui Media Sosial. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Menelaah Tentang Bagaimana Manajemen Produksi Konten Digital Akun Instagram @Jogjatv Di Era Pandemi Covid-19. “Teori Yang Digunakan Adalah The Circular Model Of Some Oleh Regina Luttrell Dalam Bukunya Media Sosial How To Engage, Share, And Connect. Metode Penelitian Ini Ialah Descriptive Research Dengan Pendekatan Kualitatif”. Pengumpulan Data Pada Penelitian Ini Dilakukan Dengan Wawancara Mendalam, Observasi Ke Kantor Dan Tempat Produksi Jogjatv, Studi Pendahuluan, Dokumentasi Serta Arsip Yang Berkaitan Dengan Manajemen Produksi Konten Digital Akun Instagram @Jogjatv. “Penelitian Ini Menggunakan Triangulasi Sumber Untuk Teknik Keabsahan Data”. Jogjatv Menggunakan Konten Yang Telah Tersedia Untuk Mengurangi Pengeluaran Perusahaan, Di Antaranya Tayangan Program Berita Seputar Jogja. Oleh Sebab Itu, Transisi Dari Media Konvensional Ke Media Digital Membutuhkan Paradigm Shift Yang Mendasar Di Ruang Redaksi Agar Mendapatkan Konten Yang Berkualitas Serta Dapat Memenuhi Kebutuhan Informasi Masyarakat Di Era Pandemi Covid-19
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX