Date Log
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Kontribusi Pemuda Dalam Pengembangan Pendidikan Dan Keagamaan Di Desa Turungan Baji Sinjai Barat Kabupaten Sinjai
Corresponding Author(s) : Jamaluddin
Proceedings Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Undergraduate Conference,
Vol. 2 No. 1 (2022): Strengthening Youth Potentials for Sustainable Innovation
Abstract
Kemajuan suatu wilayah atau daerah itu dapat dilihat dari sumber daya manusianya, salah satunya adalah pemuda. Pemuda sangat dibutuhkan dalam mengembangkan taraf kehidupan masyarakat melalui pendidikan dan keagamaan. Karena itu penelitian ini bertujuan untuk, 1) Menganalisis bagaimana kontribusi pemuda dalam pengembangan pendidikan dan keagamaan di Desa Turungan Baji Kecamatan Sinjai Barat, 2) Mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat dalam pengembangan pendidikan dan keagamaan di Desa Turungan Baji Kecamatan Sinjai Barat. Penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif, objek penelitian ini adalah Desa Turungan Baji Kecamatan Sinjai Barat. Metode pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan metode deksriptif analitik menggunakan teori Miles dan Huberman yang meliputi tiga alur kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Salah satu bentuk kontribusi pemuda dalam bidang pendidikan secara umum yakni keterlibatan dibidang pendidikan dengan medirikan lembaga pendidikan Islami yang berlabel Madrasah Ibtidaiyah Al Irsyad Muhammadiyah Tangkala`e. Untuk mewujudkan pendidikan di madrasah pemuda bersama dengan masyarakat berinisiasi untuk mendirikan mushollah “Annur” merupakan tempat ibadah sebagai bentuk pengejewantahan nilai-nilai islam, 2) Faktor yang mendukung dalam pengembangan pendidikan adalah besarnya kemauan masyarakat dalam memberikan bantuan dan dukungan penuh terhadap pelaksanaan pendidikan dan keagamaan. Sedangkan faktor yang menghambat adalah, minimnya akses listrik, jaringan, sarana dan prasarana, terbatasanya tenaga pendidik, terutama dalam pendidikan agama Islam, maupun keterbatasan infrastruktur yang sangat minim. Implikasi dalam penelitian ini adalah pemuda tidak hanya berpangku tangan dengan memanfaatkan yang ada akan tetapi perlu melakukan formulasi baru, inisiasi dalam melakukan perubahan baik dibidang Pendidikan maupan agama.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- Abdillah, Taufik. 2010. Pemuda Dan Perubahan Sosial. Jakarta: Jalan Sutra.
- Amal, Ikhlasul, Klarita Salsabilla, Rafidah Isma M, and Jamiati KN. 2021. “Sosialisasi Peran Pemuda Dalam Pendidikan Untuk Membangun Regenerasi Yang Berintelektual.” Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ 1 (1): 1–9.
- Aydrus, Nurlaila Al, Nirmala, Adhriansyah A Lasawali, and Abdul Rahman. 2022. “Peran Muhammadiyah Dalam Upaya Pengembangan Pendidikan Islam Di Indonesia.” Iqra: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keislaman 17 (1): 17–25.
- Hamzah, Syeh Hawib. 2014. “Pemikiran Mahmud Yunus Dalam Pembaruan Pendidikan Islam Di Indonesia.” Jurnal Dinamika Ilmu 4 (1): 123–47.
- Khasanah, Nurul, and Rubini. 2021. “Kontribusi Pemuda Muslim Dalam Dunia Pendidikan Menuju Indonesia Emas Tahun 2045.” Al-Manar: Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam 10 (2): 45–52.
- Mamonto, Nurvita Bani. 2020. “Kontribusi Ikatan Pelajar Muhammadiyah Dalam Menanamkan Nilai Pendidikan Agama Bagi Siswa Di SMK Muhammadiyah Kotamobagu.” Skripsi.
- Manshur, Marsikhan. 2017. “Agama Dan Pengalaman Keberagamaan.” Madinah: Jurnal Studi Islam 4 (2): 133–43.
- Miles, Michael, and Saldana. 2014. Qualitative Data Analysis A Methods Soucebook. Cet. 3. Bandung: SAGE Publication.
- Mulyasa. 2011. Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi, Dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Nurmalisa, Yunisca. 2017. Pendidikan Generasi Kedua. Yogyakarta: Media Akademi.
- Permana, Nana Surya, and Imroatun. 2017. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Banten: FTK Banten Press.
- Sugiarta, Made, Ida Bagus Putu Mardana, Agus Adiarta, and Wayan Artanayasa. 2019. “Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara (Tokoh Timur).” Jurnal Filsafat Indonesia 2 (3): 124–36.
- Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, Untuk Penelitian Yang Bersifat Eksploratif, Eknterprektif, Interaktif, Dan Konstruktif. Bandung: CV. Alfabeta.
- Wahidin, Unang, Aforisma Mulauddin, and Muhammad Farisan Fauzi. 2020. “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Satuan Pendidikan Islam Berbasis Masjid Di Kelurahan Situ Gede, Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor.” Khidmatul Ummah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1 (1): 54–65.
- Wahiding, Unang, Muhammad Sarbini, and Sugeng Ribowo. 2021. “Pemberdayaan Pemuda Dalam Bidang Pendidikan Keagamaan Di Desa Cikarawang, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor.” Khidmatul Ummah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2 (1): 64–77.
- Yamin, Muhamad, Nelson, and Bariyanto. 2020. “Kontribusi Gerakan Pemuda Ansor Dalam Pengembangan Pendidikan Islam Di Kepahiyang.” Manhaj: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat 9 (2): 91–106.
References
Abdillah, Taufik. 2010. Pemuda Dan Perubahan Sosial. Jakarta: Jalan Sutra.
Amal, Ikhlasul, Klarita Salsabilla, Rafidah Isma M, and Jamiati KN. 2021. “Sosialisasi Peran Pemuda Dalam Pendidikan Untuk Membangun Regenerasi Yang Berintelektual.” Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ 1 (1): 1–9.
Aydrus, Nurlaila Al, Nirmala, Adhriansyah A Lasawali, and Abdul Rahman. 2022. “Peran Muhammadiyah Dalam Upaya Pengembangan Pendidikan Islam Di Indonesia.” Iqra: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keislaman 17 (1): 17–25.
Hamzah, Syeh Hawib. 2014. “Pemikiran Mahmud Yunus Dalam Pembaruan Pendidikan Islam Di Indonesia.” Jurnal Dinamika Ilmu 4 (1): 123–47.
Khasanah, Nurul, and Rubini. 2021. “Kontribusi Pemuda Muslim Dalam Dunia Pendidikan Menuju Indonesia Emas Tahun 2045.” Al-Manar: Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam 10 (2): 45–52.
Mamonto, Nurvita Bani. 2020. “Kontribusi Ikatan Pelajar Muhammadiyah Dalam Menanamkan Nilai Pendidikan Agama Bagi Siswa Di SMK Muhammadiyah Kotamobagu.” Skripsi.
Manshur, Marsikhan. 2017. “Agama Dan Pengalaman Keberagamaan.” Madinah: Jurnal Studi Islam 4 (2): 133–43.
Miles, Michael, and Saldana. 2014. Qualitative Data Analysis A Methods Soucebook. Cet. 3. Bandung: SAGE Publication.
Mulyasa. 2011. Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi, Dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurmalisa, Yunisca. 2017. Pendidikan Generasi Kedua. Yogyakarta: Media Akademi.
Permana, Nana Surya, and Imroatun. 2017. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Banten: FTK Banten Press.
Sugiarta, Made, Ida Bagus Putu Mardana, Agus Adiarta, and Wayan Artanayasa. 2019. “Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara (Tokoh Timur).” Jurnal Filsafat Indonesia 2 (3): 124–36.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, Untuk Penelitian Yang Bersifat Eksploratif, Eknterprektif, Interaktif, Dan Konstruktif. Bandung: CV. Alfabeta.
Wahidin, Unang, Aforisma Mulauddin, and Muhammad Farisan Fauzi. 2020. “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Satuan Pendidikan Islam Berbasis Masjid Di Kelurahan Situ Gede, Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor.” Khidmatul Ummah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1 (1): 54–65.
Wahiding, Unang, Muhammad Sarbini, and Sugeng Ribowo. 2021. “Pemberdayaan Pemuda Dalam Bidang Pendidikan Keagamaan Di Desa Cikarawang, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor.” Khidmatul Ummah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2 (1): 64–77.
Yamin, Muhamad, Nelson, and Bariyanto. 2020. “Kontribusi Gerakan Pemuda Ansor Dalam Pengembangan Pendidikan Islam Di Kepahiyang.” Manhaj: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat 9 (2): 91–106.