Date Log
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Strategi Promosi Dinas Pariwisata DIY Dalam Menarik Wisatawan Melalui Instagram Visiting Jogja Di Era Pandemi (2021)
Corresponding Author(s) : Muhammad Muttaqien
Proceedings Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Undergraduate Conference,
Vol. 2 No. 1 (2022): Strengthening Youth Potentials for Sustainable Innovation
Abstract
Berkembangnya teknologi internet memudahkan masyarakat mengakses informasi. Instagram merupakan salahsatu media sosial untuk membagikan foto dan video yang banyak digunakan di Indonesia, Berbagai macam bentuk usaha ataupun sejenisnya menggunakan instagram sebagai media promosi. Di era pandemi sektor kehidupan hampir lumpuh. Kebijakan karantina wilayah sesuai tingkat keparahan diwilayah tersebut, PSBB, dan PPKM menyebabkan penurunan yang sangat drastis disektor pariwisata, Yogyakarta sudah mulai menurun ketingkat PPKM level tiga, Dinas Pariwisata sudah bangkit membuka dan mengatur strategi dalam meningkatkan kembali sektor pariwisata. Melalui media sosial resmi dari Dinas Pariwisata DIY yaitu instagram @visitingjogja terdapat berbagai macam informasi mengenai pariwisata Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana strategi promosi Dinas Pariwisata DIY melalui instagram @visitingjogja. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman, uji validitas data yaitu triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinas Pariwisata DIY melakukan promosi pariwisata melalui instagram @visitingjogja untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Strategi disusun dengan beberapa tahapan mempermudah tujuan promosi. Memperhatikan beberapa hal konten yang mengikuti trend dan kualitas dari konten, meliput segala aktivitas wisata, kuliner dan event yang ada di Yogyakarta, berinteraksi dengan followers, meyakinkan destinasi wisata di Yogyakarta sudah aman untuk dikunjungi bekerjasama dengan buzzer, blogger, dan influencer dalam pembuatan koenten secara langsug terhadap ajakan untuk berwisata dan melakukan vaksin wisata yang ada. Bekerjasama dengan akun media sosial lain dan beberapa event yang ada di Yogyakarta. Di era pandemi konten yang ada di instagram @visitingjogja lebih difokuskan pada ajakan untuk vaksin dan kemudian berwisata kembali ke Yogyakarta, berbeda dengan postingan sebelum pandemi, pada periode pandemi 2021 lebih memperkenalkan spot-spot kuliner yang ada di Yogyakarta. Penggunaan fitur instagram juga dilakukan, konten instagram yang up to date setiap harinya tiga kali berupa informasi mengenai kuliner dan dan informasi bahwa beberapa. Dinas Pariwisata DIY juga memonitoring dan mengevaluasi setiap konten. Strategi promosi melalui instagram oleh Dinas Pariwisata DIY sangat membantu menyebarkan informasi kepada wisatawan yang akan berkunjung dan menciptakan awareness keindahan alam, kuliner, dan budaya yang ada di Yogyakarta. Konten kreator juga telah menyiapkan beberapa untuk uploading konten di @visitingjogja.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- Azeez, Z. A. (2021). Social Media impact in Tourism sector. Review of International Geographical Education Online, 11(3), 893–910.
- Conny R. Semiawan. (2010). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya. Grasindo.
- Hedynata, M. L., & Radianto, W. E. D. (2016). Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan. Strategi Promosi.
- Lustono, & Laila Cahyani, F. (2020). Pengaruh Media Promosi Digital Atau Online Dan Viral Marketing Terhadap Kepitusan Pembelian Pada Belanjadolo Online Shop Di Kecamatan Banjarnegara.
- Mahmoud Alghizzawi1, Said A. Salloum2, 3, and M. H. (2018). The role of social media in tourism marketing in Jordan.
- Nasrullah, R. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknolog.
- Nurjannah, S. (2020). Strategi Promosi Akun Instagram @Surabaya_Foodies Pada Peningkatan Penjualan Kuliner.
- Pribadi, W. (2010). 16 Cara Efektif Mendatangkan Pelanggan Lewat Internet. Jakarta Selatan: Kawah Media.
- Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House).
- Putri, R. N. (2020). Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi.
- Salim & Syahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif.
- Santi, I. N., & Fadjar, A. (2020). The Function of Social Media as a Promotion Tool for Tourism Destinations.
- Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
- Suharsono, R. S., & Sari, R. P. (2019). Pengaruh Promosi Media Online terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijab.
- Ulfa, M. (2018). Efektifitas Instagram Dalam Mempromosikan Penjualan Kamar Batiqa Hotel Pekanbaru.
- Wijayanti, A. (2021). Efektivitas Instagram dalam Meningkatkan Minat Kunjungan Wisatawan di Daerah Istimewa Yogyakarta.
References
Azeez, Z. A. (2021). Social Media impact in Tourism sector. Review of International Geographical Education Online, 11(3), 893–910.
Conny R. Semiawan. (2010). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya. Grasindo.
Hedynata, M. L., & Radianto, W. E. D. (2016). Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan. Strategi Promosi.
Lustono, & Laila Cahyani, F. (2020). Pengaruh Media Promosi Digital Atau Online Dan Viral Marketing Terhadap Kepitusan Pembelian Pada Belanjadolo Online Shop Di Kecamatan Banjarnegara.
Mahmoud Alghizzawi1, Said A. Salloum2, 3, and M. H. (2018). The role of social media in tourism marketing in Jordan.
Nasrullah, R. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknolog.
Nurjannah, S. (2020). Strategi Promosi Akun Instagram @Surabaya_Foodies Pada Peningkatan Penjualan Kuliner.
Pribadi, W. (2010). 16 Cara Efektif Mendatangkan Pelanggan Lewat Internet. Jakarta Selatan: Kawah Media.
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House).
Putri, R. N. (2020). Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi.
Salim & Syahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif.
Santi, I. N., & Fadjar, A. (2020). The Function of Social Media as a Promotion Tool for Tourism Destinations.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suharsono, R. S., & Sari, R. P. (2019). Pengaruh Promosi Media Online terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijab.
Ulfa, M. (2018). Efektifitas Instagram Dalam Mempromosikan Penjualan Kamar Batiqa Hotel Pekanbaru.
Wijayanti, A. (2021). Efektivitas Instagram dalam Meningkatkan Minat Kunjungan Wisatawan di Daerah Istimewa Yogyakarta.