Date Log
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kantor Kapanewon Gamping Tahun 2022
Corresponding Author(s) : Juhari Aji
Proceedings Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Undergraduate Conference,
Vol. 2 No. 1 (2022): Strengthening Youth Potentials for Sustainable Innovation
Abstract
Kapanewon Gamping menjadi tempat penyelenggaraan pelayanan publik di bidang administrasi kependudukan, dengan jumlah masyarakat yang datang setiap harinya mencapai 30 pemohon untuk mengurus dokumen administrasi kependudukan. Pada kondisi di lapangan di masa Pandemi Covid-19, ditemukan hambatan-hambatan seperti masyarakat yang kurang membawa data pendukung saat akan mengurus dokumen administrasi kependudukan, maupun pada fasilitas pelayanan yang belum memadai. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Bagaimana Kualitas Pelayanan Bidang Administrasi Kependudukan di Kantor Kapanewon Gamping Tahun 2022. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumen dan kuisioner. Unit analisis data pada penelitian yaitu masyarakat sebagai penerima pelayanan dan pegawai sebagai penyeleggara pelayanan. Lokasi penelitian berada di Kantor Kapanewon Gamping, Sleman. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kantor Kapanewon Gamping Tahun 2022 diukur melalui lima indikator yaitu Bukti fisik (Tangible), kehandalan (Reliability), ketanggapan (Responsivess), Jaminan (Assurance), dan empati (Emphaty). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat indikator-indikator yang perlu mendapat perhatian diantaranya pada indikator Kehandalan, Ketanggapan dan Jaminan. Adanya hambatan seperti kurangnya sumber daya manusia baik dari segi kualitatif maupun kuantitatif sehingga mempengaruhi waktu pencetakan dokumen kartu keluarga dan e-Ktp, maupun masyarakat yang kurang membawa data pendukung yang dibutuhkan saat mengurus administrasi kependudukan di Kantor Kapanewon Gamping perlu mendapat perhatian yang lebih baik lagi demi meningkatkan kualitas pelayanan pada bidang tersebut.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- Achyar, I. F., Juharni, J., & Nurkaidah, N. (2018). Kualitas Pelayanan Dalam Sistem Penerbitan E-Ktp Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Maros. Jurnal Paradigma Administrasi Negara, 1(1), 27-31..
- Angkat, K. N. (2017). Analisis Pelayanan Administrasi Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Dairi.
- Cristianingsih, E. (2020). Implementasi Kebijakan Administrasi Kependudukan Di Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmiah Magister Administrasi, 12(2)..
- Dimyati, A., Togatorop, D. R., & Meilinda, S. D. (2020). Pelayanan E-KTP di Masa Pandemi pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bandar Lampung. Wacana Publik, 14(02), 57-67.
- GINTING, H. B. (2019). Analisis Pelayanan Publik Pada Dinas Sosial Pemerintah Kabupaten Karo (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS QUALITY).
- Hardiyansyah, H. (2018). Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Gava Media.
- Kurniawan, R. C. (2017). Inovasi Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Daerah. FIAT JUSTISIA:Jurnal Ilmu Hukum 10(3):569–86. doi: 10.25041/fiatjustisia.v10no3.794.
- Maulana, A. K., & Larasati, E. (2017). Analisis Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang. Journal of Public Policy and Management Review, 6(2), 659-668.
- Nufus, A. (2020). Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB).
- Nurimansyah, M. (2020). “Implementasi Good Governance Dalam.” Jurnal Mahasiswa 2(2):114–27.
- Prasetyo, R. A., & Mustikawati, I. (2020). Hubungan Kualitas Pelayanan Pembuatan E-Ktp Dengan Kepuasan Masyarakat Di Kantor Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Majalah Ilmiah" CAHAYA ILMU", 2(1)..
- Macella, A. D. R. (2020). Kinerja Organisasi Publik dalam Mendukung Penyelenggaraan Pelayanan di Kantor Kecamatan Johan Pahlawan. Jurnal Public Policy, 6(1), 51-55..
- Erniati, E., Salimin, A., & Reni, W. O. Pelayanan Publik E-Ktp Di Desa Tirongkotua Kecamatan Kabaena Kabupaten Bombana. SELAMI IPS, 13(1), 54-65.
- Saputra, S. D., Afifuddin, A., & Widodo, R. (2019). Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan di kecamatan Kepanjen Kidul. Respon Publik, 13(2), 38-44.
- Wijaya, M. (2018). Kualitas Pelayanan E-Ktp Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Lumajang (Studi di Dispendukcapil Kabupaten Lumajang) (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).
References
Achyar, I. F., Juharni, J., & Nurkaidah, N. (2018). Kualitas Pelayanan Dalam Sistem Penerbitan E-Ktp Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Maros. Jurnal Paradigma Administrasi Negara, 1(1), 27-31..
Angkat, K. N. (2017). Analisis Pelayanan Administrasi Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Dairi.
Cristianingsih, E. (2020). Implementasi Kebijakan Administrasi Kependudukan Di Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmiah Magister Administrasi, 12(2)..
Dimyati, A., Togatorop, D. R., & Meilinda, S. D. (2020). Pelayanan E-KTP di Masa Pandemi pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bandar Lampung. Wacana Publik, 14(02), 57-67.
GINTING, H. B. (2019). Analisis Pelayanan Publik Pada Dinas Sosial Pemerintah Kabupaten Karo (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS QUALITY).
Hardiyansyah, H. (2018). Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Gava Media.
Kurniawan, R. C. (2017). Inovasi Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Daerah. FIAT JUSTISIA:Jurnal Ilmu Hukum 10(3):569–86. doi: 10.25041/fiatjustisia.v10no3.794.
Maulana, A. K., & Larasati, E. (2017). Analisis Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang. Journal of Public Policy and Management Review, 6(2), 659-668.
Nufus, A. (2020). Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB).
Nurimansyah, M. (2020). “Implementasi Good Governance Dalam.” Jurnal Mahasiswa 2(2):114–27.
Prasetyo, R. A., & Mustikawati, I. (2020). Hubungan Kualitas Pelayanan Pembuatan E-Ktp Dengan Kepuasan Masyarakat Di Kantor Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Majalah Ilmiah" CAHAYA ILMU", 2(1)..
Macella, A. D. R. (2020). Kinerja Organisasi Publik dalam Mendukung Penyelenggaraan Pelayanan di Kantor Kecamatan Johan Pahlawan. Jurnal Public Policy, 6(1), 51-55..
Erniati, E., Salimin, A., & Reni, W. O. Pelayanan Publik E-Ktp Di Desa Tirongkotua Kecamatan Kabaena Kabupaten Bombana. SELAMI IPS, 13(1), 54-65.
Saputra, S. D., Afifuddin, A., & Widodo, R. (2019). Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan di kecamatan Kepanjen Kidul. Respon Publik, 13(2), 38-44.
Wijaya, M. (2018). Kualitas Pelayanan E-Ktp Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Lumajang (Studi di Dispendukcapil Kabupaten Lumajang) (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).