Date Log
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Imperfect: Karir, Cinta & Timbangan karya Ernest Prakasa
Corresponding Author(s) : Nurul Aisyah
Proceedings Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Undergraduate Conference,
Vol. 2 No. 1 (2022): Strengthening Youth Potentials for Sustainable Innovation
Abstract
Pengembangan pendidikan salah satunya adalah pendidikan karakter. Pendidikan karakter merupakan hal utama dalam menjalani kehidupan. Namun, pendidikan karakter kian lama semakin memudar. Menanamkan pendidikan karakter tidaklah instan harus melalui proses berkelanjutan, salah satu caranya dapat melalui media film. Film yang memiliki nilai pendidikan yang baik yakni film Imperfect: Karir, Cinta & Timbangan yang berhasil meraih beberapa penghargaan serta mengandung beberapa nilai pendidikan karakter yang relevan terhadap pendidikan Islam.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam film Imperfect, sekaligus menganalisis relevansinya dengan nilai pendidikan Islam.
Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian library research karena objek penelitian yang diteliti merupakan informasi kepustakaan. Pendekatan yang dilakukan adalah dengan menggunakan pendekatan semiotika yakni pendekatan yang mengungkapkan bahwa semua yang terdapat dalam karya sastra merupakan lambang-lambang atau kode-kode yang memiliki makna tertentu. Objek dalam penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter dengan subjek penelitian berupa film Imperfect: Karir, Cinta & Timbangan karya Ernest Prakasa.
Hasil penelititan ditemukan beberapa nilai-nilai pendidikan karakter pada film Imperfect yakni religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Nilai pendidikan karakter pada film Imperfect juga relevan terhadap pendidikan Islam, setiap nilai-nilai yang terkandung memiliki kesesuaian terhadap syariat-syariat Islam yaitu Al Qur’an dan hadits.
Dengan adanya penelitian ini diharapkan kepada masyarakat Indonesia agar dengan bijak memanfaatkan teknologi komunikasi, sehingga tontonan atupun konten-konten yang ada dapat dijadikan sumber pelajaran.
Penelitian ini merupakan karya pribadi dan tidak terdapat karya yang pernah ditulis atau diterbitkan oleh orang lain.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- Aisyah, N., Sutoro, O. R., & Tumin. (2020). The Evaluation of The Home Visit Program: A Reinforcement of Character Education. Al-Hayat: Journal of Islamic Education (AJIE), 4(1). https://doi.org/https://doi.org/ 10.35723/ajie.v4i1.104
- Alfons, M. (2019). 126 Siswa Curang saat UNBK 2019, Kemendikbud: Otomatis Nilai Nol. Detiknews, 1. https://news.detik.com/berita/d-4539834/126-siswa-curang-saat-unbk-2019-kemendikbud-otomatis-nilai-nol
- Ensiklopedia Pendidikan dan Psikologi. ANDI.
- Ashifana, Z. (2019). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Animasi Bilal: A New Breed of Hero. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
- Asmani, J. M. (2009). Manajemen Pengelolaan dan Kepemimpinan Pendidikan Profesional. DIVA Press.
- Awaludin, S. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Rudy Habibie Karya Hanung Bramantyo dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA. IAIN Purwokerto.
- Dahlan, M. S. (2014). Etika Komunikasi Dalam Al-Qur’an Dan Hadis. Dakwah Tabligh, Vol. 15(No. 1), 115–123.
- Diananto, W. (2021). Spin-off Film Imperfect Dibuat Dalam Format Serial, Ernest Prakasa Beri Penjelasan. Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/showbiz/read/4456745/spin-off-film-imperfect-dibuat-dalam-format-serial-ernest-prakasa-beri-penjelasan
- Fadlilah, M., & Khorida, L. M. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Ar Ruzz Media
- Hamid Darmadi. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Alfabeta.
- Isna, M. (2001). Diskursus pendidikan Islam. Global Pustaka Utama.
- Kesuma, D., Triatna, C., & Johar Permana. (2011). Pendidikan Karakter- Kanjian Teori dan Praktik di Sekolah. Remaja Rosdakarya.
- Khilmiyah, A. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Penerbit Samudra Biru.
- Mulyasa, E. (2011). Manajemen Pendidikan Karakter. Bumi Aksara.
- Mulyasa, E. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Remaja Rosdakarya.
- Nashrori, F., & Mucharam, R. D. (2002). Mengembangkan Kreativitas dalam Perspektif Psikologi Islam. Menara Kudus.
- Perdana, R. S. (2018). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Seven Samurai Karya Akira Kurosawa Samurai Kajian Sosiologi Sastra. Universitas Diponegoro.
- Soyomukti, N. (2015). Teori-Teori Pendidikan: Dari Tradisional, (NEO) Liberal, Marxis-Sosialis, hingga Postmodern. Ar-Ruzz Media.
- Sugiarti, R. (2018). Pengaruh Faktor Partisipasi Masyarakat dalam Program Kampung Literasi Terhadap Perilaku Gemar Baca. Universitas Pendidikan Indonesia
- Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta
- Thoha, C. (1996). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Pustaka Pelajar.
- Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. In Yayasan Obor Indonesia. Yayasan Obor Indonesia
References
Aisyah, N., Sutoro, O. R., & Tumin. (2020). The Evaluation of The Home Visit Program: A Reinforcement of Character Education. Al-Hayat: Journal of Islamic Education (AJIE), 4(1). https://doi.org/https://doi.org/ 10.35723/ajie.v4i1.104
Alfons, M. (2019). 126 Siswa Curang saat UNBK 2019, Kemendikbud: Otomatis Nilai Nol. Detiknews, 1. https://news.detik.com/berita/d-4539834/126-siswa-curang-saat-unbk-2019-kemendikbud-otomatis-nilai-nol
Ensiklopedia Pendidikan dan Psikologi. ANDI.
Ashifana, Z. (2019). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Animasi Bilal: A New Breed of Hero. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Asmani, J. M. (2009). Manajemen Pengelolaan dan Kepemimpinan Pendidikan Profesional. DIVA Press.
Awaludin, S. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Rudy Habibie Karya Hanung Bramantyo dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA. IAIN Purwokerto.
Dahlan, M. S. (2014). Etika Komunikasi Dalam Al-Qur’an Dan Hadis. Dakwah Tabligh, Vol. 15(No. 1), 115–123.
Diananto, W. (2021). Spin-off Film Imperfect Dibuat Dalam Format Serial, Ernest Prakasa Beri Penjelasan. Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/showbiz/read/4456745/spin-off-film-imperfect-dibuat-dalam-format-serial-ernest-prakasa-beri-penjelasan
Fadlilah, M., & Khorida, L. M. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Ar Ruzz Media
Hamid Darmadi. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Alfabeta.
Isna, M. (2001). Diskursus pendidikan Islam. Global Pustaka Utama.
Kesuma, D., Triatna, C., & Johar Permana. (2011). Pendidikan Karakter- Kanjian Teori dan Praktik di Sekolah. Remaja Rosdakarya.
Khilmiyah, A. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Penerbit Samudra Biru.
Mulyasa, E. (2011). Manajemen Pendidikan Karakter. Bumi Aksara.
Mulyasa, E. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Remaja Rosdakarya.
Nashrori, F., & Mucharam, R. D. (2002). Mengembangkan Kreativitas dalam Perspektif Psikologi Islam. Menara Kudus.
Perdana, R. S. (2018). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Seven Samurai Karya Akira Kurosawa Samurai Kajian Sosiologi Sastra. Universitas Diponegoro.
Soyomukti, N. (2015). Teori-Teori Pendidikan: Dari Tradisional, (NEO) Liberal, Marxis-Sosialis, hingga Postmodern. Ar-Ruzz Media.
Sugiarti, R. (2018). Pengaruh Faktor Partisipasi Masyarakat dalam Program Kampung Literasi Terhadap Perilaku Gemar Baca. Universitas Pendidikan Indonesia
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta
Thoha, C. (1996). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Pustaka Pelajar.
Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. In Yayasan Obor Indonesia. Yayasan Obor Indonesia