Date Log
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penggunaan Podcast Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Jepang
Corresponding Author(s) : Arsyl Machawan
Proceedings Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Undergraduate Conference,
Vol. 2 No. 1 (2022): Strengthening Youth Potentials for Sustainable Innovation
Abstract
Pada penelitian ini, peneliti ingin mengetahui bagaimana
proses dan tanggapan dari para responden terhadap
penggunaan podcast sebagai media pembelajaran untuk
bahasa Jepang. Metode penelitian yang digunakan pada
penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Sampel penelitian yang digunakan adalah 25
siswa kelas X Farmasi Klinis & Komunitas SMK
Kesehatan Sadewa Tahun Ajaran 2021/2022. Teknik
pengumpulan data yang digunakan berupa observasi,
pengisian angket, dan wawancara.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat
diketahui bahwa sebagian besar siswa berpendapat dengan
digunakannya podcast sebagai media pembelajaran adalah
membuat mereka mudah dalam memahami materi
pembelajaran. Selain itu, tanggapan pengajar terhadap
penggunaan podcast dalam kegiatan belajar mengajar
adalah dapat dijadikan sebagai alternatif media
pembelajaran, khususnya pembelajaran jarak jauh. Hal
tersebut menjelaskan bahwa podcast baik dan tepat
digunakan sebagai media pembelajaran.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- Ahmad Rivai dan Nana Sudjana. (2005). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
- Bonini, T. (2015). The Second Age of Podcasting: Reframing Podcasting as A New Digital Mass Medium. Quaderns del CAC. 21-30.
- Djamaluddin, Ahdar,. & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Pedagogis. Sulawesi Selatan: CV. Kaffah Learning Center
- Djamarah, Syaiful Bahri. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
References
Ahmad Rivai dan Nana Sudjana. (2005). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Bonini, T. (2015). The Second Age of Podcasting: Reframing Podcasting as A New Digital Mass Medium. Quaderns del CAC. 21-30.
Djamaluddin, Ahdar,. & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Pedagogis. Sulawesi Selatan: CV. Kaffah Learning Center
Djamarah, Syaiful Bahri. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.