Pelatihan Pembuatan Video Animasi dengan Aplikasi Canva sebagai Media Belajar Daring
Corresponding Author(s) : Yashinta Farahsani
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2022: 1. Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Publik
Abstract
Pandemi Covid-19 membawa perubahan signifikan dalam kehidupan manusia saat ini, termasuk pendidikan. Pembelajaran online merupakan konsep yang relatif baru dalam pendidikan Indonesia saat ini, oleh karena itu para pendidik, khususnya guru, harus mampu beradaptasi dengan perubahan kebutuhan pengajaran, seperti membuat video pelatihan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, kami mengadakan pelatihan offline bagi guru-guru di Gugus PAUD di Desa Sidorejo, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman, Provinsi Yogyakarta, tentang cara membuat video pembelajaran. Tujuan dari program ini adalah untuk membekali guru dengan keterampilan yang diperlukan untuk membuat video pembelajaran. Pelatihan ini dilaksanakan selama satu hari secara offline di SD Muhammadiyah Kliwonan. Aplikasi yang digunakan dalam pelatihan ini adalah Canva. Jumlah peserta yang hadir adalah 19 orang dan mendapatkan sertifikat dari kegiatan pelatihan ini. Guru akan dapat mengembangkan desain video pembelajaran yang menarik menggunakan aplikasi Canva sebagai hasil dari pelatihan ini, yang akan sangat bermanfaat dalam proses belajar mengajar, khususnya selama masa belajar mengajar online
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- A. Pane and M. D. Dasopang, "BELAJAR DAN PEMBELAJARAN," FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, vol. 3, no. 2, pp. 333-352, 2017.
- Sunhaji, "Konsep Manajemen Kelas Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran," Jurnal Kependidikan IAIN Purwokerto, vol. 2, no. 2, pp. 30-46, 2014.
- O. Hamalik, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2016.
- A. Suryanda, E. P. Azrai and D. S. Rini, "Peningkatan Keterampilan Guru IPA dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Potensi Lokal," Dinamisia: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 5, no. 4, pp. 836-842, 2021.
- N. F. Bakri, E. S. Simaremare, I. S. Lingga and R. A. Susilowaty, "PELATIHAN PEMBUATAN MATERI PRESENTASI DAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA," Jurnal Ilmiah Pro Guru, vol. 7, no. 1, pp. 1-10, 2021.
- V. Irzalinda, D. Nawangsasi and Sugiana, "Efektifitas Pelatihan Teknik Pop-Up untuk Meningkatkan Kreativitas Pendidik Anak Usia Dini," Dinamisia: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 5, no. 4, pp. 887-897, 2021.
- A. Adawiyah, A. h. Rahmat and M. F. Munsi, "Literasi Visual Melalui Teknologi Canva (Stimulasi Kemampuan Kreativitas Berbahasa Indonesia Mahasiswa)," in Conference: 3rd CONNECTS 2019 "Education Transformation in Facing Industrial Revolution 4.0", Cianjur, 2019.
- A. Susilo and A. Sofiarini, "Peran Guru Sejarah dalam Pemanfaatan Inovasi Media Pembelajaran," Jurnal Komunikasi Pendidikan, vol. 4, no. 2, pp. 79-93, 2020.
- T. S. Lusiana, N. Briliany, L. T. Purdhani, C. Suryani, S. Nuraeni, Alfiyah and J. R. Maranatha, "Edukasi Guru Dalam Pembuatan Infografis Media Pembelajaran Anak Usia 4-6 Tahun Menggunakan Aplikasi Canva Di TK Tunas Harapan," Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education (IJOCSEE), vol. 1, no. 1, pp. 8-14, 2021.
References
A. Pane and M. D. Dasopang, "BELAJAR DAN PEMBELAJARAN," FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, vol. 3, no. 2, pp. 333-352, 2017.
Sunhaji, "Konsep Manajemen Kelas Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran," Jurnal Kependidikan IAIN Purwokerto, vol. 2, no. 2, pp. 30-46, 2014.
O. Hamalik, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2016.
A. Suryanda, E. P. Azrai and D. S. Rini, "Peningkatan Keterampilan Guru IPA dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Potensi Lokal," Dinamisia: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 5, no. 4, pp. 836-842, 2021.
N. F. Bakri, E. S. Simaremare, I. S. Lingga and R. A. Susilowaty, "PELATIHAN PEMBUATAN MATERI PRESENTASI DAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA," Jurnal Ilmiah Pro Guru, vol. 7, no. 1, pp. 1-10, 2021.
V. Irzalinda, D. Nawangsasi and Sugiana, "Efektifitas Pelatihan Teknik Pop-Up untuk Meningkatkan Kreativitas Pendidik Anak Usia Dini," Dinamisia: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 5, no. 4, pp. 887-897, 2021.
A. Adawiyah, A. h. Rahmat and M. F. Munsi, "Literasi Visual Melalui Teknologi Canva (Stimulasi Kemampuan Kreativitas Berbahasa Indonesia Mahasiswa)," in Conference: 3rd CONNECTS 2019 "Education Transformation in Facing Industrial Revolution 4.0", Cianjur, 2019.
A. Susilo and A. Sofiarini, "Peran Guru Sejarah dalam Pemanfaatan Inovasi Media Pembelajaran," Jurnal Komunikasi Pendidikan, vol. 4, no. 2, pp. 79-93, 2020.
T. S. Lusiana, N. Briliany, L. T. Purdhani, C. Suryani, S. Nuraeni, Alfiyah and J. R. Maranatha, "Edukasi Guru Dalam Pembuatan Infografis Media Pembelajaran Anak Usia 4-6 Tahun Menggunakan Aplikasi Canva Di TK Tunas Harapan," Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education (IJOCSEE), vol. 1, no. 1, pp. 8-14, 2021.