Efforts to Increase Sales of Packaged Coffee Products Through Social Media and Marketplace
Corresponding Author(s) : Winny Setyonugroho
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2022: 4. Kapasitas Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)
Abstract
Desa Sarwodadi memiliki kualitas kopi yang bagus, yang dibuktikan dengan keikutsertaan UMKM kopi dalam ‘Festival Kopi Jawa Tengah’ dengan gelar juara II pada tahun 2019. Teknik penjualan UMKM dilakukan masih dalam lingkungan saudara dan pertemanan. Data lapangan membuktikan bahwa pelaku UMKM kurang percaya diri untuk bersaing secara online. Mereka merasa tidak memiliki modal yang cukup untuk meningkatkan kualitas logo kemasan. Oleh karenanya, dirasa penting untuk menyelenggarakan pelatihan digital marketing bagi UMKM demi menunjang kemajuan UMKM. Metode yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan studi literatur yang berkaitan dengan teknologi informasi, marketplaces, dan isu UMKM yang menggunakan media sosial sebagai pemasaran. Selain itu penulis menggunakan teknik pengumpulan data seperti pengamatan melalui data empiris, wawancara, dan dokumentasi. Metode di atas diperlukan untuk mengetahui apa saja yang diperlukan untuk meningkatkan pemasaran produk UMKM. Setelah dilakukan wawancara ditemukan bahwa pelaku UMKM membutuhkan SOP agar proses pembuatan kopi berjalan dengan efektif, sehingga rasa dan keunikan kopi tetap terjaga. Selain itu, upaya meningkatkan penjualan produk UMKM kopi melalui marketplaces dan media sosial dilakukan dengan cara mengadakan pelatihan. Peningkatan penjualan komoditas kopi kemasan melalui pelatihan sangat diapresiasi oleh pelaku UMKM. Tanggapan dari pelaku UMKM secara umum cukup puas atas kegiatan pengabdian masyarakat dan berharap dapat dilakukan secara berkelanjutan
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- A. Al Azis, “Sarwodadi – Kecamatan Pejawaran,” Kecamatan Pejawaran, 2019. https://pejawaran.banjarnegarakab.go.id/category/desa/sarwodadi/ (accessed Apr. 26, 2022).
- R. Govindaraju and D. R. Chandra, “E-commerce adoption by Indonesian small, medium, and micro enterprises (SMMEs): Analysis of goals and barriers,” in 2011 IEEE 3rd International Conference on Communication Software and Networks, May 2011, pp. 113–117. doi: 10.1109/ICCSN.2011.6014861.
- D. Prasatya, “Jumlah Pengguna Facebook Indonesia Tembus 140 Juta di 2020,” Suara.com, Feb. 23, 2021. https://www.suara.com/tekno/2021/02/23/175736/jumlah-pengguna-facebook-indonesia-tembus-140-juta-di-2020 (accessed Apr. 26, 2022).
- G. Fabris, “Instagram users in Indonesia - March 2022,” NapoleonCat.com, Apr. 01, 2022. https://napoleoncat.com/stats/instagram-users-in-indonesia/2022/03/ (accessed Apr. 26, 2022).
- R. Walczuch, G. Van Braven, and H. Lundgren, “Internet adoption barriers for small firms in The Netherlands,” Eur. Manag. J., vol. 18, no. 5, pp. 561–572, Oct. 2000, doi: 10.1016/S0263-2373(00)00045-1.
- G. Civero, V. Rusciano, and D. Scarpato, “Consumer behaviour and corporate social responsibility: an empirical study of Expo 2015,” Br. Food J., vol. 119, no. 8, pp. 1826–1838, Jan. 2017, doi: 10.1108/BFJ-12-2016-0601.
- M. Simeone, D. Scarpato, and G. Rotondo, “Consumer attitudes to food labelling: opportunities for firms and implications for policy-makers,” Calitatea, vol. 16, no. S1, p. 312, 2015.
- D. Shaw, E. Shiu, and I. Clarke, “The Contribution of Ethical Obligation and Self-identity to the Theory of Planned Behaviour: An Exploration of Ethical Consumers,” J. Mark. Manag., vol. 16, no. 8, pp. 879–894, Nov. 2000, doi: 10.1362/026725700784683672.
- O. C. Ferrell and J. Fraedrich, “Business ethics: Ethical decision making & cases: Nelson Education,” 2015.
- L. Unnevehr, Food safety in food security and food trade, vol. 10. International Food Policy Research Institute Washington, DC, 2003.
References
A. Al Azis, “Sarwodadi – Kecamatan Pejawaran,” Kecamatan Pejawaran, 2019. https://pejawaran.banjarnegarakab.go.id/category/desa/sarwodadi/ (accessed Apr. 26, 2022).
R. Govindaraju and D. R. Chandra, “E-commerce adoption by Indonesian small, medium, and micro enterprises (SMMEs): Analysis of goals and barriers,” in 2011 IEEE 3rd International Conference on Communication Software and Networks, May 2011, pp. 113–117. doi: 10.1109/ICCSN.2011.6014861.
D. Prasatya, “Jumlah Pengguna Facebook Indonesia Tembus 140 Juta di 2020,” Suara.com, Feb. 23, 2021. https://www.suara.com/tekno/2021/02/23/175736/jumlah-pengguna-facebook-indonesia-tembus-140-juta-di-2020 (accessed Apr. 26, 2022).
G. Fabris, “Instagram users in Indonesia - March 2022,” NapoleonCat.com, Apr. 01, 2022. https://napoleoncat.com/stats/instagram-users-in-indonesia/2022/03/ (accessed Apr. 26, 2022).
R. Walczuch, G. Van Braven, and H. Lundgren, “Internet adoption barriers for small firms in The Netherlands,” Eur. Manag. J., vol. 18, no. 5, pp. 561–572, Oct. 2000, doi: 10.1016/S0263-2373(00)00045-1.
G. Civero, V. Rusciano, and D. Scarpato, “Consumer behaviour and corporate social responsibility: an empirical study of Expo 2015,” Br. Food J., vol. 119, no. 8, pp. 1826–1838, Jan. 2017, doi: 10.1108/BFJ-12-2016-0601.
M. Simeone, D. Scarpato, and G. Rotondo, “Consumer attitudes to food labelling: opportunities for firms and implications for policy-makers,” Calitatea, vol. 16, no. S1, p. 312, 2015.
D. Shaw, E. Shiu, and I. Clarke, “The Contribution of Ethical Obligation and Self-identity to the Theory of Planned Behaviour: An Exploration of Ethical Consumers,” J. Mark. Manag., vol. 16, no. 8, pp. 879–894, Nov. 2000, doi: 10.1362/026725700784683672.
O. C. Ferrell and J. Fraedrich, “Business ethics: Ethical decision making & cases: Nelson Education,” 2015.
L. Unnevehr, Food safety in food security and food trade, vol. 10. International Food Policy Research Institute Washington, DC, 2003.