Mengembangkan Pemasaran UMKM Berbasis Digital
Corresponding Author(s) : Muchamad Zaenuri
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2022: 4. Kapasitas Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)
Abstract
Kerajinan mendong di Daerah Istimewa Yogyakarta khususnya Kabupaten Sleman telah menjadi sebuah produk seni dan hasta karya yang sangat diminati oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Selain itu, industri kerajinan mendong ada yang diproduksi oleh usaha kecil menengah (UKM) di berbagai desa dan menjadi sumber tambahan penghasilan bagi ekonomi rumah tangga masyarakat di pedesaan. Terjadinya pandemi sekarang ini pada kerajinan mendong di Desa Sendangsari juga terdampak dengan mengalami penurunan omzet penjualan yang berakibat pada berkurangnya produksi. Pandemi telah menjadikan berkurangnya kunjungan wisatawan ke Desa Sendangsari karena diberlakukannya kebijakan pemerintah yang membatasi mobilitas masyarakat seperti PPKM. Permasalahan lainnya masih kurang responsif pelaku UMKM terhadap perubahan. Hal ini dapat dilihat dari tata kelola perusahaan yang kurang fleksibel dan pemasaran yang kurang ekspansif. Permasalahan terkait tata kelola dan pemasaran dari usaha kerajinan mendong ini akan diselesaikan melalui program KKN-PPM UMY dengan melalui tindakan antara lain: 1) Pengembangan program pemasaran yang komprehensif dan 2) inovasi pemasaran berbasis media online. Hasil yang dicapai adalah tersusunnya model pemasaran yang komprehensif dengan menggunakan berbagai model pemasaran yang dapat menjangkau segmen masyarakat yang diinginkan. Penggunaan model pemasaran ini dapat meningkatkan dan menggairahkan kembali UMKM untuk bangkit menggunakan model pemasaran yang terbarukan
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- M. Octavia and Y. Fatah Kurniawan, “Aplikasi Teknologi Berbasis Android Untuk Mempermudah Penyajian Informasi Golongan Darah Yang Cepat Dan Tepat Bagi Masyarakat Desa,” Berdikari J. Inov. dan Penerapan Ipteks, vol. 6, no. 2, pp. 232–240, 2018.
- D. Purwana, R. Rahmi, and S. Aditya, “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit,” J. Pemberdaya. Masy. Madani, vol. 1, no. 1, pp. 1–17, 2017.
- Dani Anggoro, Humisar Hasugian, and Nofiyani, “Implementasi Digital Marketing Pada UKM Guna Meningkatkan Pemasaran dan Penjualan Produk Di Masa Pandemi Covid-19,” JURPIKAT (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masyarakat), vol. 1, no. 3, pp. 384–391, 2020.
- K. L. Prilandewi and I. W. Sukadana, “Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Media Pemasaran Produk Kerajinan Batok Kelapa Di Desa Batubulan,” Reson. J. Ilm. Pengabdi. Masy., vol. 5, no. 2, pp. 171–180, 2021.
- F. Junaedi, “Pemasaran Digital Produk Unggulan UMKM Dusun Banjarharjo 1 Bantul,” Dikemas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 5, no. 1, pp. 18–21, 2021.
- N. L. Hidayah, I. N. Diana, D. R. Aprilia, N. Yuhana, and M. Rafi’ Attamimi, “Pengembangan Varian Produk Berbahan Mendong bagi Pengrajin untuk Meningkatkan Kinerja Usahanya di Desa Wajak Kabupaten Malang,” J. Karinov, vol. 3, no. 3, pp. 159–163, 2020.
- A. Jufri, M. Yasin, Sahri, and Wahyunadi, “Pengelolaan Usaha Industri Kerajinan Tikar Mendon Melalui Diversifikasi Produk Di Desa Lenek Kecamatan Lenek Kabupaten Lombok Timur,” Sangkabira, vol. 1, no. 2, pp. 78–90, 2021.
- T. Kurrahman, E. A. Jaya Esti, and W. Aryanto, “Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani Sekar Makaryo Desa Blayu Kecamatan Wajak Kabupaten Malang Melalui Diversifikasi Kerajinan Mendong,” JAST J. Apl. Sains dan Teknol., vol. 3, no. 2, p. 135, 2019.
- M. Yuniati and R. Amini, “Analisis Dampak Covid-19 Terhadap Daya Beli Masyarakat Ntb,” J. Penelit. Manaj., vol. 2, no. 2, pp. 362–368, 2020.
- F. Rangkuti, Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2014.
- G. L. Urban, Digital Marketing Strategy: Text and Cases. New York: Person Education, 2004.
- B. Coviello, N., Milley, R. and Marcolin, “Understanding IT-enabled interactivity in contemporary marketing,” J. Interact. Mark., vol. 15, no. 4, pp. 18–33, 2001.
- J. Tarigan and R. Sanjaya, Creative Digital Marketing. Jakarta: Elek Media Komputindo, 2009.
- E. R. Arumi, H. Febriyanto, D. D. D. Yunesta, M. I. Al Ghozali, W. Fauziah, and S. A. Wulandari, “Digital marketing training for bamboo craftsmen in Sugihmas Village, Magelang Regency,” Community Empower., vol. 7, no. 3, pp. 412–416, 2022.
- A. . Rahadian, “Revitalisasi Birokrasi Melalui Transformasi Birokrasi Menuju E-Governance Pada Era Revolusi Industri 4.0,” Pros. Semin. Stiami, vol. 6, no. 1, pp. 85–94, 2019.
- P. Sukmasetya, T. Haryanto, F. A. Sadewi, R. B. G. Maulida, H. S. Aliudin, and B. Sugiarto, “Digital Marketing,” Community Empower., vol. 05, no. 02, pp. 28–35, 2020.
References
M. Octavia and Y. Fatah Kurniawan, “Aplikasi Teknologi Berbasis Android Untuk Mempermudah Penyajian Informasi Golongan Darah Yang Cepat Dan Tepat Bagi Masyarakat Desa,” Berdikari J. Inov. dan Penerapan Ipteks, vol. 6, no. 2, pp. 232–240, 2018.
D. Purwana, R. Rahmi, and S. Aditya, “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit,” J. Pemberdaya. Masy. Madani, vol. 1, no. 1, pp. 1–17, 2017.
Dani Anggoro, Humisar Hasugian, and Nofiyani, “Implementasi Digital Marketing Pada UKM Guna Meningkatkan Pemasaran dan Penjualan Produk Di Masa Pandemi Covid-19,” JURPIKAT (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masyarakat), vol. 1, no. 3, pp. 384–391, 2020.
K. L. Prilandewi and I. W. Sukadana, “Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Media Pemasaran Produk Kerajinan Batok Kelapa Di Desa Batubulan,” Reson. J. Ilm. Pengabdi. Masy., vol. 5, no. 2, pp. 171–180, 2021.
F. Junaedi, “Pemasaran Digital Produk Unggulan UMKM Dusun Banjarharjo 1 Bantul,” Dikemas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 5, no. 1, pp. 18–21, 2021.
N. L. Hidayah, I. N. Diana, D. R. Aprilia, N. Yuhana, and M. Rafi’ Attamimi, “Pengembangan Varian Produk Berbahan Mendong bagi Pengrajin untuk Meningkatkan Kinerja Usahanya di Desa Wajak Kabupaten Malang,” J. Karinov, vol. 3, no. 3, pp. 159–163, 2020.
A. Jufri, M. Yasin, Sahri, and Wahyunadi, “Pengelolaan Usaha Industri Kerajinan Tikar Mendon Melalui Diversifikasi Produk Di Desa Lenek Kecamatan Lenek Kabupaten Lombok Timur,” Sangkabira, vol. 1, no. 2, pp. 78–90, 2021.
T. Kurrahman, E. A. Jaya Esti, and W. Aryanto, “Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani Sekar Makaryo Desa Blayu Kecamatan Wajak Kabupaten Malang Melalui Diversifikasi Kerajinan Mendong,” JAST J. Apl. Sains dan Teknol., vol. 3, no. 2, p. 135, 2019.
M. Yuniati and R. Amini, “Analisis Dampak Covid-19 Terhadap Daya Beli Masyarakat Ntb,” J. Penelit. Manaj., vol. 2, no. 2, pp. 362–368, 2020.
F. Rangkuti, Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2014.
G. L. Urban, Digital Marketing Strategy: Text and Cases. New York: Person Education, 2004.
B. Coviello, N., Milley, R. and Marcolin, “Understanding IT-enabled interactivity in contemporary marketing,” J. Interact. Mark., vol. 15, no. 4, pp. 18–33, 2001.
J. Tarigan and R. Sanjaya, Creative Digital Marketing. Jakarta: Elek Media Komputindo, 2009.
E. R. Arumi, H. Febriyanto, D. D. D. Yunesta, M. I. Al Ghozali, W. Fauziah, and S. A. Wulandari, “Digital marketing training for bamboo craftsmen in Sugihmas Village, Magelang Regency,” Community Empower., vol. 7, no. 3, pp. 412–416, 2022.
A. . Rahadian, “Revitalisasi Birokrasi Melalui Transformasi Birokrasi Menuju E-Governance Pada Era Revolusi Industri 4.0,” Pros. Semin. Stiami, vol. 6, no. 1, pp. 85–94, 2019.
P. Sukmasetya, T. Haryanto, F. A. Sadewi, R. B. G. Maulida, H. S. Aliudin, and B. Sugiarto, “Digital Marketing,” Community Empower., vol. 05, no. 02, pp. 28–35, 2020.