Pengenalan dan Pemanfaatan Media Digital Sebagai Sarana Branding Marketing Produk Inovasi Karangtaruna Kepuh Wetan Wirokerten Banguntapan
Corresponding Author(s) : Sugeng Riyanto
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2022: 4. Kapasitas Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)
Abstract
Pandemi Covid-19 memberikan dampak buruk terhadap perekonomian masyarakat, terutama sekali ketika diberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat oleh pemerintah. Sentra sentra kegiatan ekonomi masyarakat seperti pasar, mall, restaurant, warung banyak yang harus kehilangan pendapatan akibat dari kebijakan tersebut. Salah satu yang terkena dampaknya adalah masyarakat di Dusun Kepuh Banguntapan Bantul. Potensi pengembangan UMKM di masyarakat ini cukup tinggi mengingat kampung ini mempunyai potensi khususnya pada generasi muda. Disinilah muncul permasalahan tentang bagaimana melakukan kegiatan ekonomi di era pandemi khususnya dalam hal marketing atau pemasaran. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mencari variasi baru tentang marketing di era pandemi. Metode yang dilakukan adalah melalukan pengenalan dan pelatihan mengenai potensi marketing melalui media digital. Belajar dari berbagai aplikasi digital marketing seperti Shoppie, Blibli, Gofood, Gosend dan lain lain, generasi muda Kepuh mempunyai peluang yang sama untuk memanfaatkan media digital tersebut. Hasilnya, pengenalan dan pelatihan yang diberikan oleh akademisi dan praktisi mampu menggugah dan melatih minat generasi muda Kepuh untuk mencoba memanfaatkan media digital sebagai media promosi atau media iklan
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- Davinci, A. A. (2011). Kesiapan Berwirausaha Mahasiswa Tehnik Mesin Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Ditinjau Dari Pengetahuan Kewirausahaan, DUkungan Keluarga, Soft Skill Dan Prestasi Belajar. Jurnal Bisnis Teori dan Implementasi, 2(1).
- Mohammad Trio Febrianto, D. A. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Manajemen Dewantoro, 1(2), 62-76.
- Pamungkas, B. A. (2016). Pengaruh Promosi di Media Sosial dan Words Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian, Studi Kasus Pada Kedai Bontacos Jombang. Komunikasi, X(2).
- Permana, S. H. (2017, June). Strategi Peningkatan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Aspirasi, 8(1), 93-103.
- Pradiani, T. (2017, Pebruary). T. PradianiPengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. JIBEKA, 11(2), 46-53.
- Rachmawati. (2018). PENERAPAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU PRODUK USAHA KECIL DAN MENENGAH UKM PAHLAWAN SURABAYA. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
- Yanti, D. (2020, Maret). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Peningkatan Kunjungan Wisata Di Danau Toba. Khasanah Ilmu: jurnal Pariwisata dan Budaya, 11(1).
References
Davinci, A. A. (2011). Kesiapan Berwirausaha Mahasiswa Tehnik Mesin Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Ditinjau Dari Pengetahuan Kewirausahaan, DUkungan Keluarga, Soft Skill Dan Prestasi Belajar. Jurnal Bisnis Teori dan Implementasi, 2(1).
Mohammad Trio Febrianto, D. A. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Manajemen Dewantoro, 1(2), 62-76.
Pamungkas, B. A. (2016). Pengaruh Promosi di Media Sosial dan Words Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian, Studi Kasus Pada Kedai Bontacos Jombang. Komunikasi, X(2).
Permana, S. H. (2017, June). Strategi Peningkatan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Aspirasi, 8(1), 93-103.
Pradiani, T. (2017, Pebruary). T. PradianiPengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. JIBEKA, 11(2), 46-53.
Rachmawati. (2018). PENERAPAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU PRODUK USAHA KECIL DAN MENENGAH UKM PAHLAWAN SURABAYA. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Yanti, D. (2020, Maret). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Peningkatan Kunjungan Wisata Di Danau Toba. Khasanah Ilmu: jurnal Pariwisata dan Budaya, 11(1).