Pemberdayaan Kapasitas Bersaing Pengusaha Wanita Iwapi Dpd Bantul Diy melalui Penguasaan Digital Marketing
Corresponding Author(s) : Indah Fatmawati
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2022: 4. Kapasitas Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)
Abstract
Turbulensi perubahan lingkungan bisnis memaksa pelaku bisnis, tak terkecuali UMKM untuk mampu beradaptasi, kemampuan bersaing ini yang akan menjadi salah satu sumber kekuatan pelaku bisnis untuk terus bertahan menghadapi tekanan persaingan. Permasalahan yang terjadi pada UMKM fashion wilayah Kabupaten Bantul belum semua memahami konsep strategi bersaing dan pemasaran. UMKM tersebut memiliki keterbatasan wawasan dan penerapan dalam strategi bisnis dan strategi pemasaran digital dalam menjalankan bisnisnya. Upaya peningkatan pemahaman pemasaran dan penguasaan digital marketing diharapkan dapat menjembatani permasalahan, sehingga dapat meningkatkan pemahaman pelaku UMKM tentang strategi bersaing, pemasaran dan pemasaran digital dan menyiapkan mereka untuk bersaing dalam pasar digital dalam melayani pasar sasaran. Tujuan utama pada kegiatan ini adalah memberikan penyuluhan mengenai digital marketing. Materi yang diberikan oleh pakar pemasaran dan praktisi digital marketing. Metode pelaksanaan dilakukan dalam bentuk penyuluhan dan workshop. Hasil yang didapat menunjukkan pelaku bisnis UMKM mendapatkan ilmu sekaligus dapat menerapkan mengenai konsep strategi bersaing dan digital marketing. Pada kegiatan ini, diharapkan dapat disimpulkan bahwa pendampingan bisnis digital bagi para pengusaha UMKM sangat diperlukan terutama di tengah meningkatnya meningkatnya arus penggunaan teknologi internet sebagai platform bisnis dan ditengah upaya untuk memupuk kembali semangat para pengusaha yang sempat lesu akibat pandemi
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX