Pembimbingan Pemasaran Online Kelompok Usaha Telur Asin dan Pepes Ikan di Dusun Ngentak Turi
Corresponding Author(s) : Aji Winanta
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2022: 4. Kapasitas Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)
Abstract
Teknologi yang semakin berkembang membuat perilaku jual-beli produk di masyarakat juga berubah. Konsumen lebih menyukai membeli produk secara daring atau online melalui media internet. Kelebihan kegiatan jual-beli dengan menggunaan internet yaitu lebih mudah, cepat, serta dapat diakses kapan saja dan dimana saja tanpa terikat ruang dan waktu. Model pemasaran dengan menggunakan internet atau online diprediksi akan menjadi sebuah nilai tambah bagi produk atau jasa di masa mendatang.
Tujuan dari program KKN-PPM UMY adalah untuk meningkatkan kemampuan dari khalayak dusun mitra yaitu usaha telur asin dan pepes ikan di dusun Ngentak, Turi, Sleman, Yogyakarta dalam memasarkan secara online. Mitra secara teknis diajarkan bagaimana cara mendaftarkan profil bisnis di mesin pencari Google serta toko-toko online yang ada di Indonesia. Selain itu, mitra juga diajarkan bagaimana cara beriklan secara online. Hal ini diharapkan akan meningkatan pendapatan mitra. Upaya yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut antara lain adalah penyuluhan mengenai pemasaran daring (online marketing), mendaftarkan produk atau jasa yang ditawarkan ke mesin pencari Google dan toko online, serta penyuluhan mengenai model pemasaran secara online.
Program hibah kemitraan KKN-PPM oleh LP3M UMY ini pada akhirnya dapat membantu meningkatkan kemampuan mitra dalam bidang pemasaran secara online, dan mengetahui cara melakukan promosi melalui internet atau online, sehingga dapat mengenalkan usaha mereka pada tingkat yang lebih luas dan meningkatkan pendapatan
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- Chakti, Gunawan, 2014, THE BOOK OF DIGITAL MARKETING: BUKU PEMASARAN DIGITAL, Celebes Media Perkasa
- Kiang, M. Y., Raghu, T. ., & Shang, K. H.-M. (2000). Marketing on the Internet — who can benefit from an online marketing approach? Decision Support Systems, 27(4), 383–393. https://doi.org/10.1016/S0167-9236(99)00062-7
- Winanta, A., & Ghozali, M. T. (2019). Inisiasi Pemasaran Online Kelompok Usaha Kerajikan Anyaman Bambu Dusun Tangkil Muntuk Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul Yogyakarta. Seminar Nasional Abdimas II, 666–674.
References
Chakti, Gunawan, 2014, THE BOOK OF DIGITAL MARKETING: BUKU PEMASARAN DIGITAL, Celebes Media Perkasa
Kiang, M. Y., Raghu, T. ., & Shang, K. H.-M. (2000). Marketing on the Internet — who can benefit from an online marketing approach? Decision Support Systems, 27(4), 383–393. https://doi.org/10.1016/S0167-9236(99)00062-7
Winanta, A., & Ghozali, M. T. (2019). Inisiasi Pemasaran Online Kelompok Usaha Kerajikan Anyaman Bambu Dusun Tangkil Muntuk Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul Yogyakarta. Seminar Nasional Abdimas II, 666–674.