Strategi Penguatan Legalitas Dan Pemasaran Kreatif Bagi UMKM Emping Melinjo, Helm dan Aksesoris Lampu dari Bambu di Desa Candirejo, Sardonoharjo, Ngagli
Corresponding Author(s) : Sunarno Sunarno
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2022: 4. Kapasitas Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)
Abstract
Kondisi pandemi covid19 pada tahun 2021 telah memberikan dampak pertumbuhan ekonomi di DIY sebesar -3,45. Pemerintah berupaya mendongkrak pertumbuhan melalui kekuatan sektor UMKM yang paling potensial dan dibutuhkan yaitu Pertanian dan industri olahan khususnya di pedesaan. Dusun Candirejo sebagaimana dusun dusun lainnya di Wilayah Sleman DIY akhir akhir ini mengalami dampak ekonomi sebagai akibat pandemi covid19. Program pengabdian ini mengangkat permasalahan pemberdayaan UMKM berbasis IT UMKM HOME INDUSTRI Dusun Candirejo di desa Sardonoharjo berupa masih lemahnya tata kelola Administrasi usaha dan melemahnya pemasaran produk yang melalui jalur traditional market. Solusi atau Metode yang dipakai dalam program ini adalah konseling tata kelola Administrasi usaha dan pendampingan pembuatan digital marketing. Kegiatan program ini untuk permasalahan satu dengan mengadakan forum konsultasi dan bimbingan tata kelola Administrasi usaha, sedangkan untuk skema 2 dengan kegiatan yang berupa workshop pembuatan profil usaha dan mengupload profil ke website.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- D A. Kuasa, Erni, H.S. Disemadi, “URGENSI PENDAFTARAN MEREK BAGI UMKM DI MASA PANDEMI COVID-19 DI INDONESIA”, Jurnal Yustisiabel, Vol. 6 No. 1, 2022, hal 9
- Bambang Arianto, “Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid”, ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 6 No. 2, 2020, hal. 5
- Achmad Fawaid, Erwin Fatmala, “Home Industry Sebagai Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro Dalam Meningkatkan Financial Revenues Masyarakat”, Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, Vol. 14 No. 1, 2020, hal 13
- G. N. Khaerudin, Kholil Nawawi dan Abrista Devi, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Umkm Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pedagang Kaki Lima Di Desa Bantar Jaya Bogor)”, Jurnal Akrab Juara, Vo. 5 No. 4, 2020, hal 11
- Indah Andayani, M.V. Roesminingsih, Wiwin Yulianingsih, “Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pelaku UMKM Di Masa Pandemi Covid-19”, Jurnal Pendidikan Nonformatif, Vo. 16 No. 1, 2021, hal 6
- Noor Huda, M.D. Rahadhini dan A. E. Sarnowo, “Keunggulan Bersaing Sebagai Mediator Antara Digital Marketing dan Kinerja Pemasaran (Survei Pada UKM Tenun Lurik di Desa Mlese, Cawas, Klaten)”, Economic, Business, Management and Acounting Journal, Vol. 19 No. 1, 2022, hal 9
- A I. Gunawan, dkk, “Pengukuran Aktivitas Pemasaran pada Media Sosial Instagram”, Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 10. No. 2, 2021, hal 5
- C A. Ramadhanty, dkk, “Strategi Digital Marketing Bagi Ukm Terdampak Covid-19 Di Kelurahan Sidorejo Temanggung”, Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 2 No. 1, 2021, hal 4
- Rafnel Azhari, dkk, “Peningkatan Kualitas dan Penerapan Sistem Digital Marketing pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Istana Rendang”, Vol. 28 No. 3, 2021, hal 8
- A S. Hadi dan Ardhi Khairi, “Pemilihan Strategi Pemasaran di Era Digital pada Kelompok Ibu PKK Desa Gadingharjo”, Jurnal pengabdian kepada Masyarakat, Vol. 4 No. 1, 2020, hal 13
References
D A. Kuasa, Erni, H.S. Disemadi, “URGENSI PENDAFTARAN MEREK BAGI UMKM DI MASA PANDEMI COVID-19 DI INDONESIA”, Jurnal Yustisiabel, Vol. 6 No. 1, 2022, hal 9
Bambang Arianto, “Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid”, ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 6 No. 2, 2020, hal. 5
Achmad Fawaid, Erwin Fatmala, “Home Industry Sebagai Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro Dalam Meningkatkan Financial Revenues Masyarakat”, Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, Vol. 14 No. 1, 2020, hal 13
G. N. Khaerudin, Kholil Nawawi dan Abrista Devi, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Umkm Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pedagang Kaki Lima Di Desa Bantar Jaya Bogor)”, Jurnal Akrab Juara, Vo. 5 No. 4, 2020, hal 11
Indah Andayani, M.V. Roesminingsih, Wiwin Yulianingsih, “Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pelaku UMKM Di Masa Pandemi Covid-19”, Jurnal Pendidikan Nonformatif, Vo. 16 No. 1, 2021, hal 6
Noor Huda, M.D. Rahadhini dan A. E. Sarnowo, “Keunggulan Bersaing Sebagai Mediator Antara Digital Marketing dan Kinerja Pemasaran (Survei Pada UKM Tenun Lurik di Desa Mlese, Cawas, Klaten)”, Economic, Business, Management and Acounting Journal, Vol. 19 No. 1, 2022, hal 9
A I. Gunawan, dkk, “Pengukuran Aktivitas Pemasaran pada Media Sosial Instagram”, Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 10. No. 2, 2021, hal 5
C A. Ramadhanty, dkk, “Strategi Digital Marketing Bagi Ukm Terdampak Covid-19 Di Kelurahan Sidorejo Temanggung”, Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 2 No. 1, 2021, hal 4
Rafnel Azhari, dkk, “Peningkatan Kualitas dan Penerapan Sistem Digital Marketing pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Istana Rendang”, Vol. 28 No. 3, 2021, hal 8
A S. Hadi dan Ardhi Khairi, “Pemilihan Strategi Pemasaran di Era Digital pada Kelompok Ibu PKK Desa Gadingharjo”, Jurnal pengabdian kepada Masyarakat, Vol. 4 No. 1, 2020, hal 13