Peningkatan Penjualan Produk Yangko Melalui Pengembangan Jaringan Pasar di Dusun Pundung, Kulon Progo
Corresponding Author(s) : Indardi Indardi
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2022: 4. Kapasitas Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)
Abstract
Tujuan Pengabdian KKN PPM untuk membantu pelaku usaha dalam meningkatkan ekonomi melalui motivasi penggunaan media online, pemberian keterampilan, pemasaran produk yangko melalui pengembangan jaringan pasar baik secara online maupun offline. Metode yang digunakan dalam pengabdian meliputi: penyuluhan, pelatihan, dan pendampingan. Sasaran program pengabdian KKN PPM adalah pelaku usaha yangko yang ada di Dusun Pundung, Banaran, Galur, Kulon Progo. Program yang dilakukan dalam pengabdian adalah 1) pemberian motivasi kepada pelaku usaha untuk menggunakan aplikasi media sosial dan memberikan pengetahuan tentang pemasaran digital marketing, 2) memberikan pelatihan dalam praktik penggunaan media sosial dan melakukan perluasan pasar produk yangko secara offline, dan 3) melakukan pendampingan dalam implementasi pengembangan pasar online dan offline. Hasil menunjukan bahwa pelaku usaha yangko mengikuti kegiatan penyuluhan dengan serius dan memberikan banyak pertanyaan. Pelaku usaha serius dalam mengikuti praktek penggunaan aplikasi media sosial maupun dalam membuka pasar offline. Kesungguhan pelaku usaha juga ditunjukkan dalam kegiatan pendampingan setelah penyuluhan dan pelatihan. Disarankan ada pemantauan lebih lanjut oleh pemerintah desa kedepannya agar usaha tetap berjalan baik.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- S. Supardi, N. M. Nugraha, N. Susanti, M. B. A. Sumantri, and T. I. Mukhlis, “PELUANG DAN PERUBAHAN CARA BERPIKIR SAAT PANDEMIK (Pengabdian Kepada UMKM Binaan Kadin Provinsi Jawa Barat),” J. Pengabdi. Dharma Laksana, vol. 3, no. 2, p. 162, 2021, doi: 10.32493/j.pdl.v3i2.8841.
- M. Dahlan, “Peran Pengabdian Pada Masyarakat Dalam Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM),” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 81–86, 2017, [Online]. Available: http://jurnal.unpad.ac.id/pkm/article/view/16612/7949
- B. Susanto, A. Hadianto, F. N. Chariri, M. Rochman, M. M. Syaukani, and A. A. Daniswara, “Penggunaan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM,” Community Empower., vol. 6, no. 1, pp. 42–47, 2020, doi: 10.31603/ce.4244.
- H. Ismanto, M. H. Tamrin, and M. Y. Edward, “Pendampingan UKM Tenun Ikat Troso dalam Pengelolaan Model Pemasaran Berbasis Online,” E-Dimas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 11, no. 1, p. 87, 2020, doi: 10.26877/e-dimas.v11i1.2744.
- A. M. Wiediawati, “Pelatihan Pelatihan Digital Marketing Strategy Untuk Mencapai Kemandirian Masyarakat,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 1, 2019, doi: 10.31849/dinamisia.v3i1.2676.
- R. Maftuhah and H. Rafsanjani, “Pelatihan Strategi Pemasaran Melalui Media Online Pada Produk Usaha Rumahan Krupuk Bawang dan Kripik Sukun,” Aksiologiya J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 2, p. 227, 2019, doi: 10.30651/aks.v3i2.1996.
- R. E. Werdani, N. I. Kurniawati, J. B. Sukoco, A. Windriya, and D. Iskandar, “Pelatihan Pemasaran Produk Homemade Melalui Sosial Media,” JPPM (Jurnal Pengabdi. dan Pemberdaya. Masyarakat), vol. 4, no. 1, p. 1, 2020, doi: 10.30595/jppm.v4i1.4655.
- P. Adhitya Yoga, Sugiharti, and F. Zati Rizka, “Pemanfaatan Media Sosial Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Desa Boja,” Junal Budimas J. Pengabdi. Masy., vol. 03 (01), 2021, [Online]. Available: https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/1628/961
- D. Santoso, I. Indarto, and A. Santoso, “Pemberdayaan Usaha Kecil Mikro (UKM) Menuju Kemandirian Melalui Pembinaan Kewirausahaan, Permodalan, dan Pemasaran di Kecamatan Tugu,” E-Dimas, vol. 8, no. 2, p. 166, 2017, doi: 10.26877/e-dimas.v8i2.1587.
- E. Kurniawati, A. Santoso, and S. Y. Widowati, “Pelatihan Pemasaran Online Bagi Kelompok Usaha Bersama (KUB) “SRIKANDI",” JIPEMAS J. Inov. Has. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 2, p. 132, 2019, doi: 10.33474/jipemas.v2i2.2722.
- D. Purwana, R. Rahmi, and S. Aditya, “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit,” J. Pemberdaya. Masy. Madani, vol. 1, no. 1, pp. 1–17, 2017, doi: 10.21009/jpmm.001.1.01.
- A. Febrian, L. F. Lina, V. A. D. Safitri, and A. Mulyanto, “Pemasaran digital dengan memanfaatkan landing page pada perusahaan start-up,” J. Inov. Has. Pengabdi. Masy., vol. 4, no. 3, p. 313, 2021, doi: 10.33474/jipemas.v4i3.10103.
- B. A. Pramudita, M. H. Barri, W. Priharti, A. Rizal, N. Prihatiningrum, and I. Hidayat, “Pemanfaatan marketplace tokopedia untuk pengembangan usaha dalam meningkatkan perekonomian di tengah dampak pandemi covid-19,” J. Inov. Has. Pengabdi. Masy., vol. 5, no. 1, p. 80, 2022, doi: 10.33474/jipemas.v5i1.11694.
References
S. Supardi, N. M. Nugraha, N. Susanti, M. B. A. Sumantri, and T. I. Mukhlis, “PELUANG DAN PERUBAHAN CARA BERPIKIR SAAT PANDEMIK (Pengabdian Kepada UMKM Binaan Kadin Provinsi Jawa Barat),” J. Pengabdi. Dharma Laksana, vol. 3, no. 2, p. 162, 2021, doi: 10.32493/j.pdl.v3i2.8841.
M. Dahlan, “Peran Pengabdian Pada Masyarakat Dalam Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM),” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 81–86, 2017, [Online]. Available: http://jurnal.unpad.ac.id/pkm/article/view/16612/7949
B. Susanto, A. Hadianto, F. N. Chariri, M. Rochman, M. M. Syaukani, and A. A. Daniswara, “Penggunaan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM,” Community Empower., vol. 6, no. 1, pp. 42–47, 2020, doi: 10.31603/ce.4244.
H. Ismanto, M. H. Tamrin, and M. Y. Edward, “Pendampingan UKM Tenun Ikat Troso dalam Pengelolaan Model Pemasaran Berbasis Online,” E-Dimas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 11, no. 1, p. 87, 2020, doi: 10.26877/e-dimas.v11i1.2744.
A. M. Wiediawati, “Pelatihan Pelatihan Digital Marketing Strategy Untuk Mencapai Kemandirian Masyarakat,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 1, 2019, doi: 10.31849/dinamisia.v3i1.2676.
R. Maftuhah and H. Rafsanjani, “Pelatihan Strategi Pemasaran Melalui Media Online Pada Produk Usaha Rumahan Krupuk Bawang dan Kripik Sukun,” Aksiologiya J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 2, p. 227, 2019, doi: 10.30651/aks.v3i2.1996.
R. E. Werdani, N. I. Kurniawati, J. B. Sukoco, A. Windriya, and D. Iskandar, “Pelatihan Pemasaran Produk Homemade Melalui Sosial Media,” JPPM (Jurnal Pengabdi. dan Pemberdaya. Masyarakat), vol. 4, no. 1, p. 1, 2020, doi: 10.30595/jppm.v4i1.4655.
P. Adhitya Yoga, Sugiharti, and F. Zati Rizka, “Pemanfaatan Media Sosial Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Desa Boja,” Junal Budimas J. Pengabdi. Masy., vol. 03 (01), 2021, [Online]. Available: https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/1628/961
D. Santoso, I. Indarto, and A. Santoso, “Pemberdayaan Usaha Kecil Mikro (UKM) Menuju Kemandirian Melalui Pembinaan Kewirausahaan, Permodalan, dan Pemasaran di Kecamatan Tugu,” E-Dimas, vol. 8, no. 2, p. 166, 2017, doi: 10.26877/e-dimas.v8i2.1587.
E. Kurniawati, A. Santoso, and S. Y. Widowati, “Pelatihan Pemasaran Online Bagi Kelompok Usaha Bersama (KUB) “SRIKANDI",” JIPEMAS J. Inov. Has. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 2, p. 132, 2019, doi: 10.33474/jipemas.v2i2.2722.
D. Purwana, R. Rahmi, and S. Aditya, “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit,” J. Pemberdaya. Masy. Madani, vol. 1, no. 1, pp. 1–17, 2017, doi: 10.21009/jpmm.001.1.01.
A. Febrian, L. F. Lina, V. A. D. Safitri, and A. Mulyanto, “Pemasaran digital dengan memanfaatkan landing page pada perusahaan start-up,” J. Inov. Has. Pengabdi. Masy., vol. 4, no. 3, p. 313, 2021, doi: 10.33474/jipemas.v4i3.10103.
B. A. Pramudita, M. H. Barri, W. Priharti, A. Rizal, N. Prihatiningrum, and I. Hidayat, “Pemanfaatan marketplace tokopedia untuk pengembangan usaha dalam meningkatkan perekonomian di tengah dampak pandemi covid-19,” J. Inov. Has. Pengabdi. Masy., vol. 5, no. 1, p. 80, 2022, doi: 10.33474/jipemas.v5i1.11694.