Pemanfaatan Aplikasi Canva dan Instagram untuk Optimalisasi Dakwah Digital Masjid di Tamantirto Utara, Yogyakarta
Corresponding Author(s) : Muhammad Zahrul Anam
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2022: 6. Digitalisasi Syiar Islam
Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas para pegiat masjid di kawasan Tamantirto Utara dalam optimalisasi aplikasi Canva untuk membuat konten dakwah. Meskipun sebagian peserta telah mengetahui dan dapat mengoperasikan aplikasi Canva, aplikasi tersebut belum sepenuhnya digunakan untuk mengkreasi konten dakwah yang menarik. Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Universitas Muhammadiyah, Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah, dan Pimpinan Ranting Muhammadiyah, Tamantirto, Kasihan, Bantul. Melalui pendekatan Project-Based Learning (PBL) yang memfokuskan pada partisipasi aktif peserta, para peserta hanya dapat mengoperasikan Canva dengan baik, tetapi juga memiliki kemampuan sebagai content creator dakwah yang produk desainnya berkarakter
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- Hanif, S., Chandra, A. F., & Winarni, N. (2019). Enhancing Students’ Creativity through STEM Project-Based Learning. Journal of Science Learning, ejournal.upi.edu/index.php/jslearning.
- Lestari, P. P. (2020). Dakwah Digital untuk Generasi Milenial. Jurnal Dakwah, 41-58.
- Snyder, L. G., & Snyder, M. J. (2008). Teaching Critical Thinking and Problem Solving Skills. The Delta Pi Epsilon Journal, 90-99.
- Spiteri, M. (2010). Seven Essentials for Project-Based Learning. ACADEMIA.
- Syakur, A., Musyarofah, L., Sulistiyaningsih, & Wike. (2020). The Effect of Project-Based Learning (PjBL) Continuing Learning Innovation on Learning Outcomes of English in Higher Education. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education, 625-630.
- Wibowo, A. (2019). Penggunaan Media Sosial Sebagai Trend Media Dakwah Pendidikan Islam dI Era Digital. Jurnal Islam Nusantara, 339-356.
References
Hanif, S., Chandra, A. F., & Winarni, N. (2019). Enhancing Students’ Creativity through STEM Project-Based Learning. Journal of Science Learning, ejournal.upi.edu/index.php/jslearning.
Lestari, P. P. (2020). Dakwah Digital untuk Generasi Milenial. Jurnal Dakwah, 41-58.
Snyder, L. G., & Snyder, M. J. (2008). Teaching Critical Thinking and Problem Solving Skills. The Delta Pi Epsilon Journal, 90-99.
Spiteri, M. (2010). Seven Essentials for Project-Based Learning. ACADEMIA.
Syakur, A., Musyarofah, L., Sulistiyaningsih, & Wike. (2020). The Effect of Project-Based Learning (PjBL) Continuing Learning Innovation on Learning Outcomes of English in Higher Education. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education, 625-630.
Wibowo, A. (2019). Penggunaan Media Sosial Sebagai Trend Media Dakwah Pendidikan Islam dI Era Digital. Jurnal Islam Nusantara, 339-356.