PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI GURU SMP-SMA MUHAMMADIYAH
Corresponding Author(s) : Lilis Suryani
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2021: 2. Kreatifitas Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah dan Perguruan Tinggi
Abstract
Salah satu tugas guru adalah melaksanakan publikasi ilmiah atau karya inovatif dan melakukan presentasi ilmiah. Karya tulis ilmiah guru dapat dipublikasikan dalam bentuk laporan hasil penelitian atau laporan/gagasan ilmiah yang ditulis berdasar pada pengalaman dan sesuai dengan tugas pokok serta fungsi guru. Beberapa faktor penyebab rendahnya motivasi guru dalam membuat karya ilmiah adalah kurangnya pengetahuan dan keterbatasan guru dalam memahami karya ilmiah, keterbatasan mengembangkan ide menulis karya ilmiah, dan waktu luang yang terbatas. Oleh karena itu, diperlukan cara untuk mengatasi faktor-faktor penghambat tersebut dengan mengikutkan para guru dalam pelatihan yang berkaitan dengan penulisan karya ilmiah. Tujuan pengabdian ini adalah melatih para guru SMP-SMA Muhammadiyah di Kota Yogyakarta dalam membuat naskah publikasi di jurnal nasional. Kegiatan pengabdian ini telah dilaksanakan di Gedung Ampiteater Kg1 Kampus FKIK UMY, pada tanggal 10 April 2021. Metode pengabdian dalam bentuk pelatihan secara tatap muka langsung dengan mengikuti protokol Covid 19. Sebelum dan sesudah dilakukan pelatihan, para peserta disuruh mengisi keusioner yang berisi pengetahuan tentang isi naskah publikasi mulai dari abstrak sampai pembahasan. Peserta diikuti oleh 13 guru SMP-SMA Muhammadiyah di Kota Yogyakarta. Hasil dari kuesioner dan tanya jawab dengan peserta menunjukkan bahwa 100% peserta belum pernah menulis naskah yang dipublikasikan di jurnal. Tingkat pengetahuan peserta pelatihan meningkat sebesar 56% setelah mengikuti pelatihan. Peserta berharap kegiatan pelatihan seperti ini sering dilakukan oleh pihak dosen UMY, agar para guru termotivasi untuk membuat karya ilmiah baik dalam bentuk buku maupun jurnal.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX