PENDAMPINGAN PERLUASAN LOKASI USAHA DAN OUTLET UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN
Corresponding Author(s) : Bambang Jatmiko
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2021: 1. Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Publik
Abstract
Tujuan pengabdian ini adalah untuk melakukan pendampingan perluasan lokasi usaha dan outlet pada UMKM Batik Sekarniti dan Onggo-Onggo Craft. Masalah dalam pengabdian ini sebagai berikut: 1) lokasi usaha yang masih sempit dan kurang rapi; 2) belum adanya penataan secara baik mulai dari bahan baku, barang dalam proses, barang setengah jadi bahkan barang jadi tidak memiliki tempat dan lokasi yang representative; 3) belum memiliki tempat penjualan produk jadi karena lokasi usaha satu tempat dengan rumah tangga; 4) penataan ruang pamer produk/outlet yang berupa almari, etalase, meja untuk membatik dan bahkan ruang untuk kasir belum tersedia. Metode yang digunakan pada pengabdian ini adalah Forum Group Discussion dengan model workshop kepada pemilik Batik Sekarniti dan Onggo-Onggo Craft. Hasil pengabdian ini berupa : 1) terwujudnya lokasi usaha yang lebih luas; 2) terwujudnya penataan ruang UMKM yang lebih rapi; 3) terwujudnya outlet sebagai tempat penjualan dan ruang pamer produksi; 4) terwujudnya sarana dan prasarana outlet yang lebih lengkap dan representative.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- Alexandrescu, Mihai-Bogdan & Milandru, Marius. (2018). Promotion as a form of Communication of the Marketing Strategy. Land Forces Academy Review. 23. 268-274. 10.2478/raft-2018-0033.
- Braun, E. (2008). City Marketing: Towards an Integrated Approach; Erasmus University Rotterdam, Erasmus Research Institute of Management: Rotterdam, The Netherlands.
- Goi, C. L. (2009). A Review of Marketing Mix: 4 P's or More? International Journal of Marketing Studies, 1-15.
- Hawkins, D. M. (2010). Consumer Behavior: Building Marketing Strategy 11th Edition. New York: McGraw Hll.
- Kotler, P and Amstrong, G. 2012. Principle of Marketing.14th Edition. New Jersey. Published by Prentice Hall.
- Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management 14th Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
- Kotler, P., & Keller, K. L. (2015). Marketing Management 15th Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
- Kusdiyah, I. (2012). Perceived price, Persepsi Merek, Perceived value, dan Keinginan Pembelian Ulang Jasa Clinic Kesehatan (Studi Kasus Erha Clinic Surabaya). Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol.7.No.1.pp.25-32.
References
Alexandrescu, Mihai-Bogdan & Milandru, Marius. (2018). Promotion as a form of Communication of the Marketing Strategy. Land Forces Academy Review. 23. 268-274. 10.2478/raft-2018-0033.
Braun, E. (2008). City Marketing: Towards an Integrated Approach; Erasmus University Rotterdam, Erasmus Research Institute of Management: Rotterdam, The Netherlands.
Goi, C. L. (2009). A Review of Marketing Mix: 4 P's or More? International Journal of Marketing Studies, 1-15.
Hawkins, D. M. (2010). Consumer Behavior: Building Marketing Strategy 11th Edition. New York: McGraw Hll.
Kotler, P and Amstrong, G. 2012. Principle of Marketing.14th Edition. New Jersey. Published by Prentice Hall.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management 14th Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2015). Marketing Management 15th Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Kusdiyah, I. (2012). Perceived price, Persepsi Merek, Perceived value, dan Keinginan Pembelian Ulang Jasa Clinic Kesehatan (Studi Kasus Erha Clinic Surabaya). Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol.7.No.1.pp.25-32.