PENGUATAN KAPASITAS ORGANISASI ECOSISTA DALAM PENGELOLAAN SAMPAH PLASTIK
Corresponding Author(s) : Sugito Sugito
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2021: 1. Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Publik
Abstract
Bagi masyarakat di Timor Leste, permasalahan terbesar dalam hal sampah plastik adalah rendahnya kapasitas negara dalam mengelola sampah, rendahnya kesadaran masyarakat akan bahaya sampah, dan juga kurangnya keterampilan masyarakat dalam mengelola sampah. “Ecosista” sebagai LSM yang bergerak dalam edukasi kepada masyarakat tentang sampah dan pengolahan sampah menjadi barang yang benilai ekonomi telah memberikan kontribusi penting bagi gerakan masyarakat sipil dalam pengelolaan sampah di Timor Leste. Namun demikian, ECOSISTA memiliki hambatan berupa rendahnya kemampuan pemanfaatan media digital untuk kampanye, minimnya kreativitas pengelolaan sampah, dan peralatan yang kurang mendukung kreativitas. Pengabdian masyarakat ini berkolaborasi dengan “Ecosista” untuk meningkatkan kapasitas organisasinya agar dapat lebih optimal dalam kampanye dan pengelolaan sampah plastik di Becora, Dili, Timor Leste. Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan adalah pelatihan pemanfaatan sosial media, pembuatan sosial media, pelatihan pengelolaan sampah plastik, dan workshop strategi mendapatkan pendaan dari lembaga donor. Selain itu, dalam program ini juga diberikan peralatan pengolahan sampah plastik untuk meningkatkan kualitas dan jenis barang dari olahan sampah plastik. Program ini dapat diterima dengan baik oleh mitra dan berhasil meningkatkan media kampanye dan jenis-jenis produk untuk dapat dijual.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- Eid, R., and H. El-Gohary. (2013). The Impact of E-Marketing Use on Small Business Enterprises’ Marketing Success. Service Industries Journal 33 (1): 31–50
- Fernandez, Miriam. et.all. (2018). ‘Pro-Environmental Campaigns via Social Media: Analysing Awareness and Behaviour Patterns’, at https://www.researchgate.net/publication/321243345_Pro-Environmental_Campaigns_via_Social_Media_Analysing_Awareness_and_Behaviour_Patterns
- Maria Da Silva, L., Nursalam, N., & Toda, H. (2020). Policy implementation of local governments in waste management in Dili City, Timor Leste. Journal of Governance and Accountability Studies, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.35912/jgas.v1i1.343
- Smith, K. 2012. Longitudinal Study of Digital Marketing Strategies Targeting Millennials. Journal of Consumer Marketing, 29 (2): 86–92.
- Taiminen, H. M., and H. Karjaluoto. (2015).The Usage of Digital Marketing Channels in smes. Journal of Small Business and Enterprise Development, 22 (4): 633–51.
- Leeflang, P. S., P. C. Verhoef, P. Dahlström, and T. Freundt. (2014). Challenges and Solutions for Marketing in a Digital Era, European Management Journal 32 (1): 1–12.
- Nikunen, Tuulia, et.all. (2019). Micro-Enterprises’ Digital Marketing Tools for Building, Management, 12 (2): 171–188, https://doi.org/10.26493/1854-4231.12.171-188,
References
Eid, R., and H. El-Gohary. (2013). The Impact of E-Marketing Use on Small Business Enterprises’ Marketing Success. Service Industries Journal 33 (1): 31–50
Fernandez, Miriam. et.all. (2018). ‘Pro-Environmental Campaigns via Social Media: Analysing Awareness and Behaviour Patterns’, at https://www.researchgate.net/publication/321243345_Pro-Environmental_Campaigns_via_Social_Media_Analysing_Awareness_and_Behaviour_Patterns
Maria Da Silva, L., Nursalam, N., & Toda, H. (2020). Policy implementation of local governments in waste management in Dili City, Timor Leste. Journal of Governance and Accountability Studies, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.35912/jgas.v1i1.343
Smith, K. 2012. Longitudinal Study of Digital Marketing Strategies Targeting Millennials. Journal of Consumer Marketing, 29 (2): 86–92.
Taiminen, H. M., and H. Karjaluoto. (2015).The Usage of Digital Marketing Channels in smes. Journal of Small Business and Enterprise Development, 22 (4): 633–51.
Leeflang, P. S., P. C. Verhoef, P. Dahlström, and T. Freundt. (2014). Challenges and Solutions for Marketing in a Digital Era, European Management Journal 32 (1): 1–12.
Nikunen, Tuulia, et.all. (2019). Micro-Enterprises’ Digital Marketing Tools for Building, Management, 12 (2): 171–188, https://doi.org/10.26493/1854-4231.12.171-188,