Capacity Building Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Ke-Islaman di Taman Pendidikan Al-Qur'an
Corresponding Author(s) : Dian Eka Rahmawati
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2021: 1. Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Publik
Abstract
Manusia perlu meningkatkan sumber daya manusia sebagai dasar pembentukan karakter dan pendidikan karakter. Hal ini harus
dimulai sejak dini. Menghadapi situasi demikian, TPA Nurul Quran Segoroyoso hadir sebagai lembaga pendidikan informal anak usia
dini yang berbasis nilai-nilai Islam. Pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam ini merupakan hal penting yang harus ditanamkan
sebagai dasar pembentukan karakter yang tertanam dalam kognisi, afeksi, dan perilaku santri. Tujuan dilaksanakannya program
pengabdian masyarakat adalah sebagai bentuk komitmen pengabdi terhadap pendidikan untuk meningkatkan pengetahuan dan
kemampuan ustaz dan ustazah dari perspektif pedagogis agar mampu merancang rencana pembelajaran yang baik dan
meningkatkan pengetahuan dan kemampuan ustaz dan ustazah untuk memahami anak didik dengan perkembangan sosial
kultural dan teknologi yang melingkupinya sehingga bisa menghasilkan model-model pembelajaran yang kreatif sesuai
perkembangan. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat terdiri atas tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap
evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengabdian ini menggunakan analisis
data kualitatif untuk lebih memperjelas hasil program. Hasil pengabdian masyarakat ini ialah modul yang meliputi desain
creativity dalam menerapkan pendidikan karakter berbasis nilai keislaman. Implikasi yang dilakukan pengabdi adalah diterapkan
dalam pembelajaran di TPA Aisyiyah Nurul Quran Segoroyoso.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX