PENGGUNAAN APLIKASI E-COMMERCE UNTUK PEMASARAN PRODUK BAGI PEDAGANG MANDIRI DI MASA PANDEMI
Corresponding Author(s) : Anna Nur Nazilah Chamim
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2021: 1. Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Publik
Abstract
Pandemic Covid-19 menyebabkan banyak karyawan yang dirumahkan. Hal ini menyebabkan meningkatnya pengangguran yang berdampak pada perekonomian dan kesejahteraan keluarga. Tidak terkecuali masyarakat di Kalurahan Sidoluhur. Untuk mengatasi masalah ekomoni keluarga, bermunculan produk-produk inovasi yang dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga, menjadi pedagang mandiri. Produk rumahan tersebut dipasarkan secara konvensial, penjual memasarkan produknya diruang-ruang public. Saat pandemic, pemberlakuan pembatasan aktivitas masyarakat menyebabkan pemasaran produk menjadi terhambat, sehingga berdampak pula pada menurunnya penghasilan. Ketua Penggerak PKK Sidoluhur merasa terpanggil untuk memberikan solusi bagi ibu-ibu pedagang mandiri untuk dapat memasarkan secara online, yaitu melalui e-commerce Shopee bekerja sama dengan tim pengabdian masyarakat UMY sebagai naras umber. Kegiatan dilakukan secara offline dengan tetap mentaati protocol kesehatan. Kegiatan telah dilaksanakan dengan peserta sebanyak 27 peserta terdiri dari ibu-ibu kelompok umur remaja akhir hingga masa lansia. Pelatihan meliputi penyampaian materi, simulasi dan praktek penggunaan aplikasi. Dilakukan pre-test dan post-test di awal dan di akhir kegiatan. Kegiatan berjalan dengan lancar, namun terdapat 3 peserta belum dapat menyelesaikan pemasangan produk disebabkan oleh jaringan internet yang tidak stabil di lokasi kegiatan. Secara keseluruhan, tingkat keberhasilan peningkatan pemahaman peserta pelatihan mencapai 9,25% dan tingkat keberhasilan program sebesar 97%.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX