PEMBERDAYAAN SEKOLAH DI MASA PANDEMI COVID 19: Pemanfaatan Radio Komunitas Oleh Sekolah Dasar Muhammadiyah Menguri Kulonprogo D.I Yogyakarta
Corresponding Author(s) : Arif Budi Raharjo
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2021: 2. Kreatifitas Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah dan Perguruan Tinggi
Abstract
Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau distance learning menjadi model utama pembelajaran pada masa pandemi covid-19. Bagi beberapa sekolah hal tersebut tidak bisa dilaksanakan secara maksimal disebabkan dua hal: pertama, ketersediaan infrastruktur teknologi informasi berupa frekuensi atau sinyal dan jaringan internet. Kedua, keterampilan guru dalam memanfaatkan media berbasis teknologi informasi yang tersedia. Tujuan kegiatan ini adalah mengoptimalkan PJJ dengan memanfaatkan radio komunitas sebagai alternatif mengatasi ketiadaan sinyal internet, dan meningkatkan kompetensi guru dalam bidang pembuatan bahan pembelajaran auditif dan audio-visual. Metode yang digunakan adalah FGD, pelatihan, pendampingan dan stimulasi fasilitas berupa antena penguat sinyal radio fm. Hasil yang diperoleh menunjukkan literasi digital para guru mengalami peningkatan, khususnya dalam pembuatan bahan ajar dan rekaman pembelajaran menggunakan aplikasi Anchorfm dan pembuatan video pembelajaran . Sekolah menggunakan radio komunitas sebagai pelengkap penyelenggaraan PJJ.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX