PENDAMPINGAN SD MUHAMMADIYAH AMBARKETAWANG MENUJU MUHAMMADIYAH GREEN SCHOOL
Corresponding Author(s) : Nurul Aisyah
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2020: 5. Kreatifitas Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah dan Perguruan Tinggi
Abstract
Pendidikan adalah investasi strategis bagi pembangunan sebuah bangsa, karena pendidikan menyiapkan sumber daya manusia yang unggul, kuat dan berdaya saing. Sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, Muhammadiyah telah melakukan kerja pendidikan ini, bahkan sebelum Indonesia merdeka. Sayangnya, masih ada pendidikan Muhammadiyah yang belum sesuai harapan dan cita-cita, masih berkualitas rendah, tidak kompetitif, dan tidak diminati. Salah satunya adalah SD Muhammadiyah Ambarketawang 2 Gamping Sleman. Kondisi sekolah dengan sarana dan prasarana apa adanya, sumber daya manusia dan pendanaan yang terbatas merupakan akumulasi persoalan SD Muhammadiyah ini. Berdasarkan kajian yang dilakukan, akhirnya ditemukan sebab dan pendekatan yang mengerucut kepada program pengembangan branding sekolah unggul dengan nama “Muhammadiyah Green School”. Pendampingan ini dimulai dengan sosialisasi konsep MGS kepada seluruh guru dan karyawan. Kemudian, menyusun profil dan kurikulum pokok MGS dilanjutkan dengan pengembangan kurikulum MGS dalam praktik pembelajaran. Pokok pengembangan pembelajaran green school ini ada 4, yaitu (1) sekolah unggul pada kekuatan karakter Islam dan Al-Qur’an, (2) berbasis pada alam, (3) dengan pendekatan multiple intelligence (kecerdasan majemuk), dan (4) ramah terhadap tekonologi informasi. Diadakan pula pelatihan teknik pembelajaran Al-Qur’an yang cepat dan mudah bagi guru Al-Qur’an. Agar sekolah dikenal dan memiliki branding kuat, dibuat pula situs web sebagai sarana promosi dan pembelajaran bagi siswa.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX