PENGEMBANGAN SANTRIPRENEUR PONDOK PESANTREN BUDHI DARMA BERBASIS ISLAMIC MARKETING
Corresponding Author(s) : Ayif Fathurrahman
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2021: 2. Kreatifitas Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah dan Perguruan Tinggi
Abstract
Permasalahan mitra yang diangkat pada program pengabdian masyarakat ini adalah rendahnya literasi ekonomi syariah para santri dengan berbagai latar belakangnya dan kurangnya fasilitas serta ketiadaan mentor ekonomi syariah. Dalam hal materi pembelajaran, untuk aspek kompetensi pada marketing islami belum menjadi pokok materi wajib.. Berkaitan dengan masalah utama yang telah disebutkan, program ini akan menawarkan solusi yang diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan mitra. Dengan demikian kegiatan PKM diselenggarakan berupa pendampingan dalam proses peningkatan pemahaman tentang ekonomi syariah secara komprehensif, khususnya tentang marketing Di samping itu, adanya praktek dan pelatihan islamic values pada aspek marketing dapat mendongkrak trust masyarakat terhadap pondok pesantren enterpreneur ini. Hasil dan luaran kegiatan setelah dilaksanakan sosialisasi dan pendampingan yaitu pertama, meningkatkan pengetahuan dan pemahaman ekonomi syariah secara komprehensif kepada santri mengenai entrepreneurship. Kedua, meneguhkan pondok pesantren sebagai pesantren entrepreuner berbasis ekonomi syariah. Ketiga, menambah sarana penanaman karakter kemadirian ekonomi bagi santri melalui penanaman islamic values pada aspke marketing dengan mekanisme kolaboratif. Adapun jenis luaran untuk mitra yang menjadi target program pengabdian masyarakat ini mencakup, pertama meningkatnya pemahaman tentang teori dan konsep ekonomi Islam yang rahmatan lil alamin, universal dan inklusif. Kedua, meningkatnya patisipasi guru dalam pengembangan pondok pesantren yang berdampak pada optimalisasi potensi ekonomi melalui kegiatan pondok pesantren.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX