KAJIAN PENGELOLAAN SPAM BERBASIS MASYARAKAT
Corresponding Author(s) : Burhan Barid
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2021: 7. Sarana dan Prasarana Publik dan Mitigasi Bencana
Abstract
Untuk dapat memenuhi target pemenuhan akses air minum untuk masyarakat, Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum telah mencanangkan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat bagi daerah yang belum terlayani oleh PDAM. Dari program ini, lahirlah kelompok masyarakat pengelola SPAM Pedesaan (SPAMDes). Pengelolaan jaringan SPAMDes tergantung pada kemandirian pengelola, dukungan masyrakat pengguna air, dan pendampingan Pemerintah. Karena kondisi ini, sistem pengelolaan SPAMDes di setiap kelompok pengelola sangat bervariasi. Pola pendampingan Pemerintah untuk mewujudkan keberlanjutan SPAM berbasis masyarakt perlu memperhatikan karakteristik masing- masing kelompok pengelola. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengkaji sistem pengelolaan SPAMDes yang ada di Dusun Plugon, Kabupaten Kulon Progo. Kegiatan pengabdian ini dilakukan melalui wawancara dan survey kuesioner kepada pengguna dan kelompok pengelola. Berdasarkan hasil kajian, diketahui bahwa kelompok pengelola SPAMDes telah melayani kebutuhan air warga dengan baik, tetapi perlu adanya prosedur yang jelas untuk kelancaran penyelenggaraan pelayanan air, terutama dalam hal perawatan dan penanganan kebocoran. Hasil kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi Pemerintah yang melakukan pendampingan kelompok Pengelola SPAMDes.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX