DIGITAL SYSTEM PELAPORAN INSIDEN KESELAMATAN PASIEN DI RUMAH SAKIT
Corresponding Author(s) : Dirwan Suryo Soularto
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2021: 3. Kesehatan Keluarga dan Masyarakat
Abstract
Keselamatan pasien merupakan aspek fundamental dalam penyelenggaraan layanan kesehatan yang berkualitas, di mana pencatatan dan pelaporannya mendukung proses organizational learning. RS PKU Muhammadiyah Banjarnegara memiliki kendala dalam pelaporan dan analisis insiden keselamatan pasien (IKP) yaitu masih dilakukan secara manual, belum terintegrasi dengan laporan Hospital Acquired Infections, serta masih terpisah di berbagai unit kerja. Keseluruhan kondisi ini menyulitkan Tim Mutu dan Keselamatan Pasien dalam menganalisis dan mengambil keputusan dengan cepat dan tepat. Metode yang digunakan untuk mengatasi hal ini adalah satu siklus Action Research (assessment, planning, action, dan evaluation). Rangkaian pengabdian meliputi dirumuskannya sistem informasi berdasarkan kebutuhan dan kapasitas RS, pelatihan tentang pengelolaan data IKP dan penggunaan digital system, serta uji coba. Hasil kegiatan berupa terimplementasikannya digital system untuk pencatatan, pelaporan, dan analisis IKP yang dapat digunakan oleh petugas kesehatan. Implikasi terpenting penggunaan sistem ini adalah civitas hospitalia memperoleh kemudahan untuk melakukan pelaporan IKP dan PPI, sedangkan pihak manajemen RS yang memperoleh laporan tersebut secara cepat dan akurat dapat segera menindaklanjutinya, untuk mencegah kejadian sejenis terulang di unit yang sama atau unit lainnya. Kesinambungan penggunaan sistem pelaporan ini membutuhkan dukungan pimpinan dan manajemen perubahan yang baik. Sebagai kesimpulan, digital system pelaporan IKP acceptable dan potensial dapat terus dimanfaatkan sebagai proses pembelajaran organisasi RS.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX