Pemanfaatan E-Learning Moodle untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Tka-TPA Badko Kasihan
Corresponding Author(s) : Asroni Asroni
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2019: 1. Pengembangan Pendidikan Masyarakat
Abstract
Perkembangan teknologi dan pertumbuhan penggunaan internet di Indonesia mempunyai kontribusi
positif, terutama dalam kawasan pemanfaatan media internet untuk pembelajaran. Penelitian kuasi
eksperimen ini menggunakan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang diberi pembelajaran dengan
e-learning moodle dan kelompok kontrol diberi pembelajaran dengan penyampaian materi melalui
presentasi guru menggunakan lama secara klasikal. Populasi dalam pengabdian dan penelitian ini adalah
peserta didik TKA dan TPA di Kecamatan Kasihan. Rencana yang akan digunakan nanti berupa teknik
pengumpulan data menggunakan metode tes dengan pemberian tes tertulis dan metode non tes dengan
pemberian angket. Data pengabdian dan penelitian ini diperoleh dari hasil tes tertulis dan angket yang
diberikan sebelum (pre) dan sesudah (post) pembelajaran pada masing-masing kelompok sampel yang
berlangsung sebanyak 12 kali pertemuan. Harapannya nanti dapat memperoleh hasil
pengabdian/penelitian menunjukkan ada pengaruh positif yang signifikan dari pemanfaatan e-learning
moodle terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran TKA dan TPA di TKA-TPA Kecamatan
Kasihan serta pengaruh e-learning moodle melalui motivasi terhadap hasil belajar TKA dan TPA yang
signifikan dengan adanya peningkatan hasil belajar. Pada akhirnya diharapkan hasil uji hipotesis
memberikan kesimpulan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan pada pemanfaatan e-learning
moodle terhadap motivasi dan hasil belajar santri pada mata pelajaran TKA dan TPA di TKA-TPA
Kecamatan Kasihan.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX