Pemberdayaan Perempuan Pesisir Menggerakkan Perajin Ikan Asap Menggunakan Tik Sebagai Media Promosi
Corresponding Author(s) : Ike Desi Florina
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2019: 5. Pemberdayaan Kaum Perempuan
Abstract
Di Indonesia, perempuan sedang didorong untuk ikut dalam menggerakkan ekonomi keluarga.
Salah satu strategi pemberdayaan masyarakat adalah dengan menggunakan TIK (teknologi informasi
dan komunikasi). Desa Suradadi, Kabupaten Tegal ekonomi bergerak di bidang perikanan dan kelautan.
Salah satu produk olahan hasil laut di desa tersebut adalah ikan asap, dan perempuan sebagai penggerak
produksi olahan hasil laut. Permasalahan muncul saat hasil ikan melimpah dan pengrajin ikan asap
tidak sanggup memasarkan produk. Selama ini metode penjualan dilakukan masih tradisional dan
kurangnya promosi. Media sosial telah mengubah interaksi sosial yang ada di masyarakat, termasuk
kebiasan mereka membeli sebuah barang. Kegiatan ini bertujuan memberdayakan pengrajin ikan asap
agar bisa menguasai TIK dan menggunakan strategi promosi yang baru. Metodenya dengan memberikan
literasi mengenai TIK dan melakukan pelatihan. Kegiatan literasi TIK, yakni memberikan pemahaman
pentingnya penggunaan TIK, khususnya untuk melakukan promosi penjualan melalui pemasaran online.
Kemudian mitra dilatih menggunakan smartphone dan media sosial sebagai sarana promosi produk, juga
pelatihan pengambilan gambar guna maksimalisasi promosi online. Hasilnya adalah meningkatnya
pengetahuan mitra tentang pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk promosi prduk.
Terlihat dari pemahaman dan penguasaan mitra akan penggunaan smartphone dan keberhasilan mitra
menggunakan media sosial, terbukti dengan pengelolaan akun yang kini sudah dilakukan mandiri oleh
mitra.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX