Peningkatan Akses Pasar Keripik Bonggol Pisang Menggunakan Pemasaran Berbasis Sosial Media Instagram
Corresponding Author(s) : Heri Akhmadi
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2019: 4. Pemberdayaan Badan Usaha Milik Desa
Abstract
Pisang merupakan komoditas pertanian yang bayak ditemukan di Dusun Jelapan, Desa Seloharjo
Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul. Buah pisang yang dihasilkan petani Dusun Jelapan selama
ini dijual dalam bentuk bahan mentah ke pasar atau perajin keripik pisang di luar desa. Adapun limbah
dari pohon pisang yaitu bonggol pisang yang mempunyai potensi ekonomi untuk dikembangkan belum
optimal dioleh oleh warga. Pemanfaatan limbah usahatani pisang dengan membuat keripik bonggol
pisang sudah pernah dilakukan oleh sebagian warga Dusun Jelapan Seloharjo. Namun demikian,
terbatasnya akses pasar terhadap produk keripik bonggol pisang ini merupakan masalah yang dihadapi
warga saat ini. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memotivasi perajin dalam meningkatkan akses
pasar produk keripik bonggol pisang dengan mengembangkan metode pemasaran berbasis sosial media
instagram. Metode yang dilakukan adalah survey, observasi dan pelatihan. Hasil inisiasi dari program
ini pada awalnya masyarakat belum tahu cara yang mudah dan murah untuk meningkatkan akses pasar
selain dengan cara konvensional menjualnya ke pasar atau pedagang terdekat. Melaui akun instagram
@bong.chips produk keripik bonggol pisang dapat dikenal tidak hanya oleh konsumen di sekitar namun
oleh siapa saja yang bisa mengaksesnya sehingga akses pasar produk dapat meningkat. Selain itu juga
dilakukan peningkatan efisiensi produksi pisang dengan perbaikan cara produksi sehingga diharapkan
menurunkan harga produk dan membuat makin kompetitif di pasar.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX