PEMBERDAYAAN SISWA SEKOLAH LUAR BIASA TUNA GRAHITA (SLB C) DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN SEKOLAH
Corresponding Author(s) : Agus Nugroho Setiawan
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2018: 5. Penguatan Inovasi Pendidikan Bagi Pemerintah Daerah
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu kewajiban dan sekaligus hak bagi setiap manusia. Demikian
halnya dengan anak-anak tuna grahita yang mempunyai perkembangan mental dan tingkat
kecerdasan terbatas, tetap berhak untuk mendapatkan pendidikan yang layak sesuai dengan
kondisi dan kemampuannya. Berbeda dengan anak-anak pada umumnya yang menekankan pada
aspek kognisi, psikomotorik dan afeksi, pendidikan bagi anak-anak berkebutuhan khusus tuna
grahita lebih diarahkan pada bina diri agar pada saatnya nanti dapat hidup mandiri dan tidak
tergantung pada orang lain. Pendidikan di SLB Tuna Grahita Wiyata Dharma II Sleman menghadapi
permasalahan, antara lain tingkat kecerdasan dan kemandirian siswa terbatas, pandangan
masyarakat umum sering kurang baik, potensi siswa belum tergali, pemanfaatan lingkungan sekolah
belum optimal dan pemanfaatan lingkungan sebagai media belajar terbatas. Alternatif solusinya
penguatan pada ketrampilan dan kemandirian siswa, menggali potensi siswa agar menjadi unggulan
sekolah, dan pemanfaatan lingkungan sekolah secara optimal untuk menciptakan lingkungan yang
nyaman dan dapat menjadi media belajar siswa. Untuk mencapai target luaran sesuai permasalahan
yang dihadapi, digunakan beberapa metode, yang meliputi penyuluhan, demonstrasi dan pelatihan,
praktek aplikasi teknologi, serta pendampingan dan monitoring evaluasi. Hasil kegiatan pengabdian
masyarakat menunjukkan kegiatan penerapan ipteks bagi masyarakat di SLB Tuna Grahita 2
Sleman dan SLB Negeri Sleman berjalan dengan baik dan mencapai luaran sesuai yang
diharapkan. Masyarakat sasaran yaitu siswa, guru dan orangtua siswa memberikan tanggapan yang
sangat baik dengan berpartisipasi dan mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya serta merasakan
mendapat pengetahuan dan ketrampilan dalam mengelola lingkungan sekolah, menjadi lebih asri,
produktif dan menjadi media belajar siswa.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX