PELATIHAN STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA DALAM BERBICARA BAHASA INGGRIS
Corresponding Author(s) : Sri Rejeki Murtiningsih
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2018: 5. Penguatan Inovasi Pendidikan Bagi Pemerintah Daerah
Abstract
Tujuan pengabdian pada masyarakat ini adalah melakukan pelatihan storytelling untuk
meningkatkan kepercayaan diri dalam berbicara Bahasa Inggris pada siswa SMP. Hal ini
berdasarkan pada masalah yang sering dihadapi oleh banyak guru-guru Bahasa Inggris untuk
mendorong siswa untuk berani bicara dalam bahasa asing tersebut, terutama berbicara didepan
banyak orang.
Dalam pengabdian ini, langkah-langkah yang dilakukan adalah melakukan serangkaian kegiatan
yang berupa pelatihan storytelling kepada mahasiswa untuk memberikan pelatihan kepada siswa
SMP, dan pelaksanaan pelatihan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam Berbicara
bahasa Inggris.
Kesimpulan hasil pengabdian tersebut adalah terdapatnya peningkatan kepercayaan diri siswa SMP
dalam berbicara dalam bahasa Inggris. Hal ini terlihat berdasarkan observasi yang dilakukan oleh
guru-guru bahasa Inggris di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Selain itu, kepercayaan diri dalam
berbicara, siswa juga terlihat lebih mampu dalam mengekspresikan diri dalam berakting melalui
kegiatan storytelling ini.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX