PELATIHAN PENERAPAN SERVQUAL PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) TAMBAL BAN DI KELURAHAN KLENDER JAKARTA TIMUR
Corresponding Author(s) : Humiras Hardi Purba
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2018: 4. Penguatan Inovasi Ekonomi dan UMKM Bagi Pemerintah Daerah
Abstract
Pekerja sektor informal seperti halnya para pekerja sektor pelayanan servis dan bengkel kendaraan,
jarang mendapat dukungan pengembangan usaha dari pemerintah. Usaha Mikro Kecil Menengah
(UMKM) yang dikelola secara swadaya sering berjalan alamiah tanpa panduan pengetahuan dan
standar dalam menjalankannya. Usaha kecil tambal ban yang menjamur di sepanjang jalan protokol
Provinsi DKI Jakarta dan daerah penyangga seperti Bekasi, Tangerang, dan Depok sangat
memerlukan bantuan berupa peningkatan pengetahuan dalam memberikan pelayanan kepada
konsumen. Sistem kerja yang lebih terarah dengan mengedepankan pelayanan konsumen serta
cara bekerja praktis dengan memperhatikan faktor keselamatan (safety) perlu untuk selalu
diupayakan. Pengetahuan para pengelola usaha kecil tambal ban dan perbengkelan di Kelurahan
Klender, Jakarta Timur akan pentingnya SERVQUAL masih rendah, demikian juga dengan safety
dan standar operasional kerja. Pelatihan yang sudah dilakukan kepada beberapa peserta pelatihan
mampu meningkatkan pemahaman, pengetahuan, dan kepedulian akan pentingnya faktor
pelayanan dalam menjalankan usaha ini. Melalui peningkatan kinerja usaha kecil tambal ban akan
memberikan manfaat ekonomi bagi para pelaku UMKM ini, sehingga diharapkan mereka dapat
berkembang menjadi wirausahawan mandiri.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX