PELATIHAN BERBASIS INTERNET DENGAN MEMANFAATKAN PERAN SOSIAL MEDIA DALAM MEMPROMOSIKAN POTENSI DESA-DESA WISATA DI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA, PROPINSI KALIMANTAN TIMUR
Corresponding Author(s) : Muhammad Fauzan Noor
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2018: 2. Penguatan Inovasi Teknologi (Pangan, Pertanian, Energi, Transportasi) Bagi Pemerintah Daerah
Abstract
Kabupaten Kutai Kartanegara, telah membentuk 14 Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS), yang
ada pada desa-desa wisata dan tersebar di beberapa kecamatan. Desa-desa tersebut mempunyai
konsep pengembangan desa wisata alam, budaya, bahari (pantai) dan juga agro, sehingga sangat
menarik untuk melakukan beragam aktivitas wisata.
Desa-desa tersebut sangat membutuhkan sumber daya manusia yang terlatih dalam memberikan
pelayanan kepada para wisatawan. Namun kualitas sumber daya yang ada masih perlu
ditingkatkan, mereka pun belum memahami dalam menjelaskan dan memberi petunjuk tentang
potensi kepariwisataan yang ada, apalagi dalam hal promosi. Warga masyarakatnya kurang
menyadari bahwa desa mereka mempunyai potensi kepariwisataan namun mereka belum
memanfaatkannya untuk dapat memberikan dampak ekonomi secara optimal. Ada 8
POKDARWIS terpilih yang patut mendapatkan pelatihan ini. Pelatihan ini melibatkan 2 peserta dari
setiap anggota kelompok sadar wisata.
Seiring dengan perkembangan teknologi, media sosial merupakan sarana yang paling banyak
diminati saat ini untuk menyempaikan ide, gagasan, data maupun informasi. Demikian juga
halnya dengan promosi. Diharapkan Sumber Daya Manusia yang ada di desa-desa wisata
tersebut dapat menguasai tehnik dalam membuat media sosial dan menggunakannya sebagai
sarana promosi daerahnya sehingga diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan. Target
/ luaran dari hasil yang diinginkan yakni agar dapat menjadi tenaga pemasaran yang handal
dalam mempromosikan potensi obyek dan daya tarik wisata yang ada melalui media sosial,
serta akan tersedianya paket wisata yang terpadu sehingga dapat dengan mudah menawarkan atau
memasarkan produk paket tersebut kepada calon pengunjung.
Solusi yang ditawarkan adalah dengan memberikan pelatihan tehnik membuat akun beberapa jenis
media sosial sehingga mereka dapat menawarkan program paket wisata dan atraksi yang ada.
Kemudian memberikan pelatihan teori – teori promosi beserta aspek-aspek yang mendukung proses
pemasaran. Selanjutnya peserta mencoba mempraktekkan penggunaan media sosial yang telah
dibuat dengan langsung memasarkannya ke khalayak umum. Pada pelatihan ini kami
mengundangperwakilan dari akademisi dan praktisi IT untuk menjadi pemateri tamu dalam
menjelaskan pembelajaran seputar teori dan tehnik promosi melalui media sosial.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX