PEMBERDAYAAN USAHA MAHASISWA DAN ALUMNI FTI UAD MELALUI DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN NILAI BISNIS
Corresponding Author(s) : Amalya Nurul Khairi
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2020: 11. Teknologi Informasi dalam Pemberdayaan Masyarakat
Abstract
Memasarkan produk/jasa dalam dunia usaha merupakan suatu keharusan terkhusus pada jenis usaha berkategori Usaha Micro Kecil Menengah (UMKM). Persaingan pasar menjadikan UMKM ini harus keluar pakem pemasaran seperti biasanya. Salah satu langkah yang mungkin dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam wujud digital marketing. Pemberdayaan usaha melalui digital marketing dilakukan untuk membantu meningkatkan nilai bisnis khususnya dalam pengembangan pasar. Peserta pemberdayaan melaui program pelatihan ini adalah mahasiswa dan alumni Fakultas Teknologi Industri (FTI) UAD yang memiliki usaha ataupun yang akan merintis usaha. Pelatihan ini mengajarkan peserta melek dunia digital dengan memanfaatkan media sosial, melatih peserta dalam branding secara digital, copy writing, membuat flayer. Pelatihan ini diselenggarakan secara daring melalui aplikasi zoom dengan metode ceramah dan Focus Group Discussion (FGD). Hasil pelatihan didapatkan data bahwa peserta pelatihan dalam memahami materi, 23 % materi yang disajikan sangat mudah dipahami, 62% materi mudah dipahami, sedangkan 15% materi cukup mudah dipahami, dan 0% materi tidak mudah untuk dipahami, serta 0% materi sangat tidak mudah dipahami. Data tersebut menegaskan bahwa materi yang bertujuan untuk memahamkan teknik digital marketing dalam berbisnis, sangat mampu dipahami dengan baik oleh seluruh peserta. Selain itu, peserta merasa sangat terbantu dikarenakan adanya proses pendampingan.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX