AKUNTABILITAS PUBLIK MELALUI TATA KELOLA ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN
Corresponding Author(s) : Ietje Nazaruddin
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2018: 1. Penguatan Inovasi Sosial Humaniora Bagi Pemerintah Daerah
Abstract
Administrasi kependudukan merupakan program yang penting, karena data kependudukan
merupakan informasi yang berguna untuk pengambilan kebijakan guna memajukan pemerintahan
daerah. Administrasi kependudukan di Dusun Dlingo I dan II saat ini bersifat manual dan data
belum disesuaikan dengan kondisi terkini. Berdasarkan kondisi tersebut upaya peningkatan
kompetensi pihak-pihak yang terlibat dalam proses administrasi khususnya administrasi
kependudukan akan meningkatkan akuntabilitas publik. Pengelolaan Administrasi kependudukan
yang baik diharapkan informasi kependudukan menjadi transparan, akuntabel, partisipatif dan
disiplin.
Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah membuat database kependudukan dengan bantuan
teknologi informasi, serta mempermudah beberapa kegiatan pamong dalam membuat administrasi
kependudukan. Administrasi kependudukan dengan menggunakan teknologi informasi akan
meningkatkan kualitas data maupun informasi. Pengguna dapat mengolah informasi kependudukan
dengan lebih cepat dan sesuai dengan keinginan. Metode pelaksanaan program dimulai dari
observasi awal, merumuskan permasalahan, sosialisasi dan diakhiri dengan pendampingan serta
pelaporan.
Hasil pengabdian masyarakat ini akan meningkatkan kemampuan para pengurus tingkat Dusun
dalam melakukan manajemen adminitrasi kependudukan. Hasil program adalah database
administrasi kependudukan yang terdigitalisasi sehingga data semakin akurat. Database
kependudukan juga bisa diolah sesuai kebutuhan.
Manajemen administrasi kependudukan yang baik akan mewujudkan administrasi yang tertib. Data
kependudukan yang akurat merupakan sumber data dan informasi dalam mengelola pemerintahan
Desa, melaksanakan pembangunan, membina dan memberdayakan masyarakat.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX