Pendampingan Pada Siswi Tunagrahita Dalam Praktik Perawatan Menstruasi Di SLB-C Rindang Kasih
Corresponding Author(s) : Nuril Nikmawati
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2020: 11. Teknologi Informasi dalam Pemberdayaan Masyarakat
Abstract
Anak tunagrahita harus mempunyai perhatian yang khusus, motivasi dari orang tua dan harus mendapatkan pendidikan di tempat yang khusus pula. Kebiasaan menjaga kebersihan dan berperilaku hygienis, termasuk membersihkan organ-organ seksual atau reproduksi, merupakan awal dari usaha menjaga kesehatan. Tujuan Pengabdian: Untuk mendampingi kebiasaan menjaga kebersihan dan berperilaku hygienis, termasuk membersihkan organ-organ seksual. Manfaat kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan anak-anak yang mengalami keterbelakangan mental di SLB Rindang Kasih terutama anak-anak perempuan yang sudah menstruasi. Metode dengan dilaksanakan oleh 4 orang dosen dengan melibatkan 5 orang mahasiswa dengan cara ceramah, diskusi , demonstrasi, dan tanya jawab tentang perawatan menstruasi pada anak-anak yang mengalami keterbelakangan mental. Hasil Pengabdian 90% siswi tunagrahita setelah diberi pendampingan memiliki kemampuan perawatan menstruasi dalam kategori mandiri. Evaluasi yang dilaksanakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah pre-test yang dilaksanakan secara lisan dari masing-masing siswi tunagrahita. Post-test dilaksanakan dengan cara melihat demonstrasi praktik perawatan menstruasi yang dilakukan oleh siswi tunagrahita.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX