PELATIHAN MEMBACA HURUF HIJAIYYAH BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK LANSIA
Corresponding Author(s) : Erni Zuhriyati
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2020: 11. Teknologi Informasi dalam Pemberdayaan Masyarakat
Abstract
Pendidikan Al-Quran merupakan salah satu dasar penting untuk menginternalisasikan ajaran dan nilai-nilai agama Islam. Berdasarkan analisis situasi di Ranting Aisiyah Segoroyoso sebagai mitra pengabdian, didapati bahwa masih terdapat ibu-ibu lanjut usia (lansia) yang belum bisa membaca Al-Quran. Kesulitan yang dihadapi adalah mencari metode pembelajaran yang mudah dipahami bagi para lansia. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini difokuskan untuk membantu kader dan pengurus Ranting Aisyiyah Segoroyoso membuat metode pembelajaran membaca huruf hijaiyyah tingkat dasar bagi para lansia.
Metode yang dilakukan adalah partisipatoris bagi mitra dan tim pengabdi berperan sebagai fasilitator. Beberapa tahap kegiatan dilakukan: 1). Tahap persiapan, meliputi kegiatan observasi di lokasi, wawancara dan FGD dengan mitra, konsultasi media pembelajaran dengan tenaga ahli multimedia; 2). Tahap pelaksanaan, meliputi kegiatan ToT kepada mitra dan pendampingan pelatihan yang dilakukan oleh mitra kepada lansia; 3). Tahap evaluasi, meliputi kegiatan diskusi feedback kegiatan dan pemberian bantuan subsidi alat multimedia.
Hasil kegiatan ini sesuai dengan target yang disepakati bersama antara tim pengabdi dan mitra. Penggunaan metode pembelajaran menggunakan video animasi dan perangkat audio visual terbukti memudahkan para lansia untuk belajar, materinya lebih mudah dipahami, dan menyenangkan. Meskipun untuk materinya masih mengambil dari youtube yang kemudian dimodifikasi. Oleh karena itu, rekomendasi untuk kegiatan pengabdian masyarakat tahun berikutnya adalah membantu kader dan pengurus Aisyiyah Ranting Segoroyoso Pleret membuat video pembelajaran secara mandiri.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX