Harmonisasi Dalam Meningkatkan Pendidikan Dan Perekonomian Berkelanjutan Di Desa Kalibening, Banjarnegara, Jawa Tengah
Corresponding Author(s) : Cahyo Wisnu Rubiyanto
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
Vol. 6 No. 1 (2023): Semnas PPM 6 Tahun 2023
Abstract
Kabupaten Banjarnegara, memiliki tingkat kualitas hidup masyarakat yang tergolong rendah, dengan garis kemiskinan yang lebih tinggi dari rata-rata. Oleh karena itu, kami melakukan program pengabdian kepada masyarakat di Dusun Karanggondang, Desa Kalibening, Kecamatan Kalibening, Kabupaten Banjarnegara. Tujuan utama program pengabdian ini adalah memberikan pemahaman dan motivasi langsung kepada masyarakat tentang pentingnya pendidikan, serta berbagi pengetahuan dan keterampilan dalam berbagai bidang. Program ini terdiri dari lima program utama, yaitu mempromosikan wajib belajar 12 tahun, mengembangkan strategi pemasaran bagi UMKM melalui pemasaran digital, mengajarkan pertanian berkelanjutan dengan menanam padi dalam ember bekas, mengelola sampah untuk menjaga lingkungan, dan memupuk semangat nasionalisme. Program pengabdian ini direspon secara positif, terlihat dari tingginya tingkat partisipasi dalam berbagai program yang di tawarkan, baik dalam bidang pendidikan, ekonomi, pertanian, dan lingkungan. Namun, ada beberapa hambatan yang kami temui selama program berjalan, seperti aksesibilitas jalan yang buruk, jaringan internet yang tidak memadai, lokasi desa yang terisolasi, dan kondisi geografis dengan elevasi yang cukup tinggi. Hal ini mengakibatkan keterlambatan dalam mendapatkan informasi, kesulitan dalam menghadirkan narasumber atau tamu undangan, serta tantangan dalam menggunakan teknologi internet dan mengelola sampah rumah tangga.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- Badan Pusat Statistik (BPS). (2018). Ketinggian Wilayah Kota Kecamatan di Kabupaten Banjarnegara dari Permukaan Laut. Diakses pada tanggal 4 September 2023 pukul 10.00 WIB dari https://banjarnegarakab.bps.go.id/statictable/2016/01/12/18/ketinggian-wilayah-kota- kecamatan-di-kabupaten-banjarnegara-dari-permukaan-laut.html
- Badan Pusat Statistik (BPS). (2022). Kabupaten Banjarnegara Dalam Angka. Diakses pada tanggal 3 September 2023 pukul 22.30 WIB dari https://banjarnegarakab.bps.go.id/ Badan Pusat Statistik (BPS). (2023). Persentase Penduduk Miskin Jawa Tengah. Diakses pada tanggal 3 September 2023 pukul 22.35 WIB https://patikab.bps.go.id/news/2023/08/02/441/kemiskinan-provinsi-jawa-tengah- maret-2023.html
- Badan Pusat Statistik (BPS). (2023). Provinsi Jawa Tengah dalam Angka. Diakses pada tanggal 3 September 2023 pukul 22.53 WIB dari https://jateng.bps.go.id/
- Data Pokok Desa Kalibening. (2023). Tingkat Pendidikan Masyarakat. 3-4
- Desa Kalibening. (2023). Diakses pada tanggal 3 September 2023 pukul 22.35 WIB dari https://kalibening-banjarnegara.desa.id/index.php/first
- Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat. (2014). Balai Besar Penelitian Padi (BB Padi) Pelajari “Teknologi Hazton”. Diakses pada tanggal 2 Agustus 2023 pukul 20.10 WIB dari https://distan.kalbarprov.go.id/node/52
- Febriyanti, F. (2021). Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Motivasi Belajar Serta Implikasinya Terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi.
- Frederich, R., Nurhayati, & Purba, S. F. (2023). PERANAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 28(1), 123–136. https://doi.org/10.35760/eb.2023.v28i1.7227
- He, Y., Gao, X., Wu, R., Wang, Y., & Choi, B.-R. (2021). How Does Sustainable Rural Tourism Cause Rural Community Development? Sustainability, 13(24), 13516. https://doi.org/10.3390/su132413516
- Kementerian Pertanian Direktorat Jendral Tanaman Pangan. (2022). Peningkatan Produktivitas Padi Lahan Kering. Jakarta Selatan, DKI Jakarta: Marwanti. Diakses pada tanggal 2 Agustus 2023 pukul 20.07 WIB dari https://tanamanpangan.pertanian.go.id/detil- konten/iptek/45
- Kotler, P., & Keller, K., L. (2008). Manajemen Pemasaran (13 Jilid 1). Jakarta: Penerbit Erlangga.
- Nurfarindha, A., & Yanto, H. (2022). Determinant Implementasi Informasi Akuntansi Usaha Kecil Menengah Di Kabupaten Banjarnegara. Owner, 6(1), 1003–1015. https://doi.org/10.33395/owner.v6i1.708
- Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK).
- Santoso, R. (2020). Review of Digital Marketing & Business Sustainability of E-Commerce During Pandemic Covid19 In Indonesia.
- Subroto, G. (2014). Hubungan Pendidikan dan Ekonomi: Perspektif Teori dan Empiris.
- Supriadi, H. (2016). Peranan Pendidikan Dalam Pengembangan Diri Terhadap Tantangan Era Globalisasi.
- Syawaluddin, S. (2020). Pendidikan dan Pertumbuhan Ekonomi sebagai Transformasi Kesejahteraan.
- Umar, A., Kusaeri, K., Ridho, A., Yusuf, A., & Asyhar, A. H. (2022). Does opportunity to learn explain the math score gap between madrasah and non-madrasah students in Indonesia? Jurnal Cakrawala Pendidikan, 41(3), 792–805. https://doi.org/10.21831/cp.v41i3.40169
References
Badan Pusat Statistik (BPS). (2018). Ketinggian Wilayah Kota Kecamatan di Kabupaten Banjarnegara dari Permukaan Laut. Diakses pada tanggal 4 September 2023 pukul 10.00 WIB dari https://banjarnegarakab.bps.go.id/statictable/2016/01/12/18/ketinggian-wilayah-kota- kecamatan-di-kabupaten-banjarnegara-dari-permukaan-laut.html
Badan Pusat Statistik (BPS). (2022). Kabupaten Banjarnegara Dalam Angka. Diakses pada tanggal 3 September 2023 pukul 22.30 WIB dari https://banjarnegarakab.bps.go.id/ Badan Pusat Statistik (BPS). (2023). Persentase Penduduk Miskin Jawa Tengah. Diakses pada tanggal 3 September 2023 pukul 22.35 WIB https://patikab.bps.go.id/news/2023/08/02/441/kemiskinan-provinsi-jawa-tengah- maret-2023.html
Badan Pusat Statistik (BPS). (2023). Provinsi Jawa Tengah dalam Angka. Diakses pada tanggal 3 September 2023 pukul 22.53 WIB dari https://jateng.bps.go.id/
Data Pokok Desa Kalibening. (2023). Tingkat Pendidikan Masyarakat. 3-4
Desa Kalibening. (2023). Diakses pada tanggal 3 September 2023 pukul 22.35 WIB dari https://kalibening-banjarnegara.desa.id/index.php/first
Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat. (2014). Balai Besar Penelitian Padi (BB Padi) Pelajari “Teknologi Hazton”. Diakses pada tanggal 2 Agustus 2023 pukul 20.10 WIB dari https://distan.kalbarprov.go.id/node/52
Febriyanti, F. (2021). Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Motivasi Belajar Serta Implikasinya Terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi.
Frederich, R., Nurhayati, & Purba, S. F. (2023). PERANAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 28(1), 123–136. https://doi.org/10.35760/eb.2023.v28i1.7227
He, Y., Gao, X., Wu, R., Wang, Y., & Choi, B.-R. (2021). How Does Sustainable Rural Tourism Cause Rural Community Development? Sustainability, 13(24), 13516. https://doi.org/10.3390/su132413516
Kementerian Pertanian Direktorat Jendral Tanaman Pangan. (2022). Peningkatan Produktivitas Padi Lahan Kering. Jakarta Selatan, DKI Jakarta: Marwanti. Diakses pada tanggal 2 Agustus 2023 pukul 20.07 WIB dari https://tanamanpangan.pertanian.go.id/detil- konten/iptek/45
Kotler, P., & Keller, K., L. (2008). Manajemen Pemasaran (13 Jilid 1). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Nurfarindha, A., & Yanto, H. (2022). Determinant Implementasi Informasi Akuntansi Usaha Kecil Menengah Di Kabupaten Banjarnegara. Owner, 6(1), 1003–1015. https://doi.org/10.33395/owner.v6i1.708
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK).
Santoso, R. (2020). Review of Digital Marketing & Business Sustainability of E-Commerce During Pandemic Covid19 In Indonesia.
Subroto, G. (2014). Hubungan Pendidikan dan Ekonomi: Perspektif Teori dan Empiris.
Supriadi, H. (2016). Peranan Pendidikan Dalam Pengembangan Diri Terhadap Tantangan Era Globalisasi.
Syawaluddin, S. (2020). Pendidikan dan Pertumbuhan Ekonomi sebagai Transformasi Kesejahteraan.
Umar, A., Kusaeri, K., Ridho, A., Yusuf, A., & Asyhar, A. H. (2022). Does opportunity to learn explain the math score gap between madrasah and non-madrasah students in Indonesia? Jurnal Cakrawala Pendidikan, 41(3), 792–805. https://doi.org/10.21831/cp.v41i3.40169