Strategi Promosi Dan Pengembangan Potensi Wisata di Desa Kalisemo Dusun Beru Tengah Rw V
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
Vol. 6 No. 1 (2023): Semnas PPM 6 Tahun 2023
Abstract
Desa wisata merupakan bagian dari upaya peningkatan pendapatan keluarga dan desa melalui pengembangan ekonomi kreatif. Untuk mengembangkan desa wisata harus memenuhi banyak indikator yang berbeda, salah satunya adalah potensi mendorong masyarakat untuk datang dan membelanjakan uangnya di desa wisata. Desa Kalisemo mempunyai banyak potensi yang beragam, baik potensi alam maupun potensi karya seni. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mengidentifikasi serta melakukan strategi promosi dan mengembangkan potensi desa kreatif milik desa wisata Kalisemo Kabupaten Purworejo. Metode yang diterapkan pada pengabdian ini adalah dengan melakukan explorasi terhadap potensi apa saja yang dapat dikembang didesa wisata kalisemo. Ekplorasi dilaksanakan dengan beberapa pendekatan yaitu observasi, indepth interview dan FGD. Pelaksanaan indepth interview dilaksanakan kepada beberapa orang yang berhubungan secara langsung dalam pengembangan Desa Wisata Kalisemo. FGD dilakukan dengan mengundang masyarakat dari Desa Kalisemo yang mampu mengetahui kesiapan dan kapasitasnya dalam hal penggelaran desa wisata Kalisemo. Dalam strategi promosi dan pengembangan potensi desa wisata, program pengabdian ini melakukan kegiatan Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Dalam Mempromosikan Desa Wisata Kalisemo dan Sosialisasi Pemanfaatan Minyak Jelantah Menjadi Lilin Sebagai Cindera Mata. Dan diakhir kegiatan pengabdian ini kami membuat sebuah Film Dokumenter mengangkat cerita menarik tentang sebuah desa wisata yang menjadi contoh gemilang dalam pelestarian budaya lokal dan pembangunan berkelanjutan.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- Budhi Pamungkas Gautama, Yuliawati, A. K., Nurhayati, N. S., Fitriyani, E., & Pratiwi, I. I. (2020). PENGEMBANGAN DESA WISATA MELALUI PENDEKATAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 355–369. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.414
- Fairuzita Nurkesuma. (2022). SOSIALISASI PENGELOLAAN SAMPAH DI DESA KALISEMO SEBAGAI LANGKAH AWAL TERBENTUKNYA BANK SAMPAH. KREASI : Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 189–197. https://doi.org/10.58218/kreasi.v2i2.132
- Hapsari, D. A., & Urbani, Y. H. (2014a). Pembuatan Film Dokumenter "Wanita Tangguh Dengan Kamera DSLR Berbasis Multimedia. In IJNS-Indonesian Journal on Networking and Security (Vol. 3, Issue 1). Online. http://ijns.org
- Hapsari, D. A., & Urbani, Y. H. (2014b). Pembuatan Film Dokumenter "Wanita Tangguh Dengan Kamera DSLR Berbasis Multimedia. In IJNS-Indonesian Journal on Networking and Security (Vol. 3, Issue 1). Online. http://ijns.org
- Juniver, O. :, Mokalu, V., Mewengkang, N. N., & Tangkudung, J. P. M. (2016). DAMPAK TEKNOLOGI SMARTPHONE TERHADAP PERILAKU ORANG TUA DI DESA TOUURE KECAMATAN TOMPASO. In Acta Diurna (Issue 1).
- Marlina, N. (2019). Kemandirian masyarakat desa wisata dalam perspektif community based tourism: Studi kasus Desa Ketengger, Kabupaten Banyumas. Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 4(1), 17. https://doi.org/10.14710/jiip.v4i1.4735
- Nugroho, D. Y., & Triyono, J. (2022). Development Tourism Village of Conto Village Based on Local Wisdom and Community Empowerment. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(4), 1521. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i4.1035
- Setyo, D., Akpar, N., & Yogyakarta, B. (2018). Community Based Tourism Tantangan Dusun Nglepen dalam Pengembangan Desa Wisata. 5(1). http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp42
- Winahyu, D., Hartoyo, S., Yusman Syaukat Strategi Pengelolaan Sampah pada Tempat Pembuangan Akhir Bantargebang, dan, & Yusman Syaukat, dan. (2013). STRATEGI PENGELOLAAN SAMPAH PADA TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR BANTARGEBANG, BEKASI Strategies of Final Disposal Site (TPA) Management of Bantargebang, Bekasi. In Jurnal Manajemen Pembangunan Daerah (Vol. 5, Issue 2).
References
Budhi Pamungkas Gautama, Yuliawati, A. K., Nurhayati, N. S., Fitriyani, E., & Pratiwi, I. I. (2020). PENGEMBANGAN DESA WISATA MELALUI PENDEKATAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 355–369. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.414
Fairuzita Nurkesuma. (2022). SOSIALISASI PENGELOLAAN SAMPAH DI DESA KALISEMO SEBAGAI LANGKAH AWAL TERBENTUKNYA BANK SAMPAH. KREASI : Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 189–197. https://doi.org/10.58218/kreasi.v2i2.132
Hapsari, D. A., & Urbani, Y. H. (2014a). Pembuatan Film Dokumenter "Wanita Tangguh Dengan Kamera DSLR Berbasis Multimedia. In IJNS-Indonesian Journal on Networking and Security (Vol. 3, Issue 1). Online. http://ijns.org
Hapsari, D. A., & Urbani, Y. H. (2014b). Pembuatan Film Dokumenter "Wanita Tangguh Dengan Kamera DSLR Berbasis Multimedia. In IJNS-Indonesian Journal on Networking and Security (Vol. 3, Issue 1). Online. http://ijns.org
Juniver, O. :, Mokalu, V., Mewengkang, N. N., & Tangkudung, J. P. M. (2016). DAMPAK TEKNOLOGI SMARTPHONE TERHADAP PERILAKU ORANG TUA DI DESA TOUURE KECAMATAN TOMPASO. In Acta Diurna (Issue 1).
Marlina, N. (2019). Kemandirian masyarakat desa wisata dalam perspektif community based tourism: Studi kasus Desa Ketengger, Kabupaten Banyumas. Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 4(1), 17. https://doi.org/10.14710/jiip.v4i1.4735
Nugroho, D. Y., & Triyono, J. (2022). Development Tourism Village of Conto Village Based on Local Wisdom and Community Empowerment. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(4), 1521. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i4.1035
Setyo, D., Akpar, N., & Yogyakarta, B. (2018). Community Based Tourism Tantangan Dusun Nglepen dalam Pengembangan Desa Wisata. 5(1). http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp42
Winahyu, D., Hartoyo, S., Yusman Syaukat Strategi Pengelolaan Sampah pada Tempat Pembuangan Akhir Bantargebang, dan, & Yusman Syaukat, dan. (2013). STRATEGI PENGELOLAAN SAMPAH PADA TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR BANTARGEBANG, BEKASI Strategies of Final Disposal Site (TPA) Management of Bantargebang, Bekasi. In Jurnal Manajemen Pembangunan Daerah (Vol. 5, Issue 2).