Optimalisasi Potensi Umkm Untuk Pemberdayaan Ekonomi Lokal Melalui Social Media Marketing Di Padukuhan Tegalrejo
Corresponding Author(s) : Roojil Fadillah
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
Vol. 6 No. 1 (2023): Semnas PPM 6 Tahun 2023
Abstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pada industri rumah tangga, terutama di Dukuh Tegalrejo, Desa Hargowilis, telah mengalami perkembangan pesat. Dalam era perkembangan teknologi saat ini, kemampuan untuk memasarkan secara online melalui media sosial menjadi sangat penting. Media sosial memungkinkan UMKM untuk menjangkau audiens yang lebih luas, bahkan secara global. Dengan platform yang luas dan pengguna yang aktif, UMKM dapat memperluas pangsa pasar mereka dan menarik pelanggan baru. Untuk membantu UMKM mengembangkan produk mereka dan memaksimalkan pemanfaatan media sosial sebagai alat pemasaran, diperlukan pelatihan tentang strategi pemasaran media sosial. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para pelaku UMKM mengenai pentingnya pemasaran media sosial. Implementasi dilakukan dengan memberikan pengetahuan tentang pentingnya dan pengenalan pemasaran media sosial. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa para pemangku kepentingan UMKM di Desa Hargowilis, Dukuh Tegalrejo, telah belajar strategi pemasaran media sosial untuk produk mereka melalui platform-platform seperti Instagram, Facebook, Shopee, dan lainnya. Mereka juga memperoleh tips terkait konten kreatif dan strategi pemasaran yang efektif. Keseluruhan kegiatan ini bertujuan untuk membantu UMKM memahami dan memanfaatkan potensi media sosial dalam mempromosikan produk mereka secara efisien dan meminimalisir biaya promosi.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- Afriudin, S. (2020). 5 Manfaat Pemasaran Melalui Media Sosial. IBrand.Id. https://ibrand.id/manfaat-pemasaran-melalui-media-sosial/
- Azizah, N. (2019). Pelatihan Pemberdayaan Istri Nelayan Melalui Pelatihan Digital Marketing Strategy (DMS) Darah Biru. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i1.2675
- Cinthya. (2020, November 3). Sosial Media Marketing: Pengertian, Jenis, Strategi dan Manfaatnya. Accurate.Id. https://accurate.id/marketing-manajemen/sosial-media- marketing-pengertian-jenis-strategi-dan-manfaatnya/#Manfaat_Sosial_Media_Marketing
- Hanief, S., Utami Januhari, N. N., & Ratu Asmara, A. A. (2020). Pelatihan Digital Marketing Memanfaatkan Sosial Media dan Marketplace pada Usaha Dekorasi dan Catering Pernikahan. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(3), 146–156. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v2i3.210
- Hapsoro, B. B., Palupiningdyah, & Slamet, A. (2019). Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset Penjualan Bagi Klaster UMKM di Kota Semarang.
- Hendriadi, A. A., Sari, B. N., & Padilah, T. N. (2019). PELATIHAN DIGITAL MARKETING USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KABUPATEN KARAWANG.
- Hertati, L., Puspitawati, L., Gantino, R., & Ilyas, M. (2022a). THE SALES VOLUME AND OPERATING COSTS AS KEY INFLUENCING FACTORS IN COVID-19 PANDEMIC ERA.
- Hertati, L., Puspitawati, L., Gantino, R., & Ilyas, M. (2022b). THE SALES VOLUME AND OPERATING COSTS AS KEY INFLUENCING FACTORS IN COVID-19 PANDEMIC ERA. https://doi.org/10.46791/gjaer.2022.v03i01.05
- Hidayati, N., Pungkasanti, P. T., & Wakhidah, N. (2020). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI DIGITAL MARKETING UMKM DI KECAMATAN TEMBALANG SEMARANG.
- Hidayati, N., Triajeng Pungkasanti, P., & Wakhidah, N. (2020). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI DIGITAL MARKETING UMKM DI KECAMATAN TEMBALANG SEMARANG (Vol. 3, Issue 3).
- Islami, N. N., & Fitria, F. L. (2019). PELATIHAN STRATEGI DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOFTSKILL DAN HARDSKILL BIDANG KEAHLIAN PEMASARAN PADA SISWA JURUSAN PEMASARAN SMK NURIS HIDAYAT DESA CURAHNONGKO, KEC. TEMPUREJO KAB. JEMBER.
- Mansir, F., & Majid, M. N. (2021). PEMBERDAYAAN UMKM DALAM MENGOPTIMALKAN SOSIAL MEDIA DALAM MENGHADAPI ADAPTASI KEBIASAAN BARU DI BALECATUR SLEMAN DIY.
- Marnisah, L., Yulius, Y., & Setiawan Saputra, T. (2020). Evaluating the Kemplang Tunu Production Training for Low Income and Education Communities Using the Kirkpatrick Model.
- Nauly, A. D., Pebianti, A., Cahyani, M., Hertati, L., Hendarmin, R., Syafitri, L., & Munandar, A. (n.d.). PORTAL RISET DAN INOVASI PENGABDIAN MASYARAKAT (PRIMA) Volume 1 ISSUE 4 (2022) SOSIALISASI PENINGKATAN DAYA SAING UMKM OLAHAN KERIPIK SINGKONG RASA GURIH PEDAS MELALUI KEMASAN DAN DIGITAL MARKETING MBKM PROGRAM KKN TEMATIK DI DESA PETANANG. https://ojs.transpublika.com/index.php/PRIMA/
- Nauly, A. D., Pebianti, A., Cahyani, M., Hertati, L., Hendarmin, R., Syafitri, L., & Munandar, A. (2022). SOSIALISASI PENINGKATAN DAYA SAING UMKM OLAHAN KERIPIK SINGKONG RASA GURIH PEDAS MELALUI KEMASAN DAN DIGITAL MARKETING MBKM PROGRAM KKN TEMATIK DI DESA PETANANG. PORTAL RISET DAN INOVASI PENGABDIAN MASYARAKAT.
- Pengabdian, J., Masyarakat, K., Mansir, F., & Majid, N. (2021). PEMBERDAYAAN UMKM DALAM MENGOPTIMALKAN SOSIAL MEDIA DALAM MENGHADAPI ADAPTASI KEBIASAAN BARU DI BALECATUR SLEMAN DIY (Vol. 2, Issue 1). https://www.journal.itk.ac.id/index.php/pikat
- Pratami, S., Hertati, L., Puspitawati, L., Gantino, R., & Ilyas, M. (2021a). TEKNOLOGI INOVASI PENGOLAHAN LIMBAH PLASTIK MENJADI PRODUK UMKM GUNA MENOPANG EKONOMI KELUARGA DALAM MENCERDASKAN KETERAMPILAN MASYARAKAT.
- Pratami, S., Hertati, L., Puspitawati, L., Gantino, R., & Ilyas, M. (2021b). Teknologi Inovasi Pengolahan Limbah Plastik Menjadi Produk UMKM Guna Menopang Ekonomi Keluarga Dalam Mencerdaskan Keterampilan Masyarakat. GLOBAL ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.51577/globalabdimas.v1i1.59
- Sadiah, T. L., & Fahmi, R. (2022). SOSIALISASI PENERAPAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM HF HERBS DAN MAMAYU SWEET BAKING DI DESA BENGLE.
- Sadiah, T. L., Fahmi, R., Guru, P., Dasar, S., Keguruan, F., Pendidikan, I., Buana, U., & Karawang, P. (n.d.). SOSIALISASI PENERAPAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM HF HERBS DAN MAMAYU SWEET BAKING DI DESA BENGLE.
- Terttiaavini, Marnisah, L., Yulius, Y., & Saputra, T. S. (2020). Evaluating the Kemplang Tunu Production Training for Low Income and Education Communities Using the Kirkpatrick Model. Proceedings of the International Conference on Management, Accounting, and Economy (ICMAE 2020). https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200915.055
- Terttiaavini, & Saputra, T. . S. (2020). ANALISA PELATIHAN STRATEGI MANAJEMEN PENJUALAN PRODUK UMKM MENGGUNAKAN DIGITAL MARKETING BAGI MASYARAKAT TERDAMPAK COVID-19 DI KAMPUNG KELUARGA BERHASIL (KB) LAYANG-LAYANG PALEMBANG.
- Wahyuni, E. D., Febryan, I., Oktaviani, D., Putra, A., Pradana, R., Aulia, A., Rahmayanti, V., & Regata, D. (2023a). PENINGKATAN PEREKONOMIAN DESA MELALUI PEMBERDAYAAN UMKM DAN PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING.
- Wahyuni, E. D., Febryan, I., Oktaviani, D., Putra, A., Pradana, R., Aulia, A., Rahmayanti, V., & Regata, D. (2023b). PENINGKATAN PEREKONOMIAN DESA MELALUI PEMBERDAYAAN UMKM DAN PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING. Communnity Development Journal, 4(1), 467–474.
- Widia, E. (2021). Diseminasi Penggunaan Sosial Media dalam Perluasan Sebaran Pemasaran pada Produk UMKM. Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 99–114. https://doi.org/10.35309/dharma.v2i1.5234
- Widia, E., & Putra, D. J. (2021). DISEMINASI PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA DALAM PERLUASAN SEBARAN PEMASARAN PADA PRODUK UMKM.
- Yasmin, A., Tasneem, S., & Fatema, K. (2015a). Effectiveness of Digital Marketing in the Challenging Age: An Empirical Study.
- Yasmin, A., Tasneem, S., & Fatema, K. (2015b). international-journal-of-management-science-and-business-administration ISSN 1849-5419 (print). International Journal of Management Science And Business Administration, 1(5), 69–80. http://researchleap.com/category/
- Azizah, N. (2019). Pelatihan Pemberdayaan Istri Nelayan Melalui Pelatihan Digital Marketing Strategy (DMS) Darah Biru. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i1.2675
- Hanief, S., Utami Januhari, N. N., & Ratu Asmara, A. A. (2020). Pelatihan Digital Marketing Memanfaatkan Sosial Media dan Marketplace pada Usaha Dekorasi dan Catering Pernikahan. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(3), 146–156. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v2i3.210
- Hapsoro, B. B., Palupiningdyah, & Slamet, A. (2019). Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset Penjualan Bagi Klaster UMKM di Kota Semarang.
- Hendriadi, A. A., Sari, B. N., & Padilah, T. N. (2019). PELATIHAN DIGITAL MARKETING USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KABUPATEN KARAWANG.
- Hertati, L., Puspitawati, L., Gantino, R., & Ilyas, M. (2022a). THE SALES VOLUME AND OPERATING COSTS AS KEY INFLUENCING FACTORS IN COVID-19 PANDEMIC ERA.
- Hertati, L., Puspitawati, L., Gantino, R., & Ilyas, M. (2022b). THE SALES VOLUME AND OPERATING COSTS AS KEY INFLUENCING FACTORS IN COVID-19 PANDEMIC ERA. https://doi.org/10.46791/gjaer.2022.v03i01.05
- Hidayati, N., Pungkasanti, P. T., & Wakhidah, N. (2020). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI DIGITAL MARKETING UMKM DI KECAMATAN TEMBALANG SEMARANG.
- Hidayati, N., Triajeng Pungkasanti, P., & Wakhidah, N. (2020). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI DIGITAL MARKETING UMKM DI KECAMATAN TEMBALANG SEMARANG (Vol. 3, Issue 3).
- Islami, N. N., & Fitria, F. L. (2019). PELATIHAN STRATEGI DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOFTSKILL DAN HARDSKILL BIDANG KEAHLIAN PEMASARAN PADA SISWA JURUSAN PEMASARAN SMK NURIS HIDAYAT DESA CURAHNONGKO, KEC. TEMPUREJO KAB. JEMBER.
- Mansir, F., & Majid, M. N. (2021). PEMBERDAYAAN UMKM DALAM MENGOPTIMALKAN SOSIAL MEDIA DALAM MENGHADAPI ADAPTASI KEBIASAAN BARU DI BALECATUR SLEMAN DIY.
- Marnisah, L., Yulius, Y., & Setiawan Saputra, T. (2020). Evaluating the Kemplang Tunu Production Training for Low Income and Education Communities Using the Kirkpatrick Model.
- Nauly, A. D., Pebianti, A., Cahyani, M., Hertati, L., Hendarmin, R., Syafitri, L., & Munandar, A. (n.d.). PORTAL RISET DAN INOVASI PENGABDIAN MASYARAKAT (PRIMA) Volume 1 ISSUE 4 (2022) SOSIALISASI PENINGKATAN DAYA SAING UMKM OLAHAN KERIPIK SINGKONG RASA GURIH PEDAS MELALUI KEMASAN DAN DIGITAL MARKETING MBKM PROGRAM KKN TEMATIK DI DESA PETANANG. https://ojs.transpublika.com/index.php/PRIMA/
- Nauly, A. D., Pebianti, A., Cahyani, M., Hertati, L., Hendarmin, R., Syafitri, L., & Munandar, A. (2022). SOSIALISASI PENINGKATAN DAYA SAING UMKM OLAHAN KERIPIK SINGKONG RASA GURIH PEDAS MELALUI KEMASAN DAN DIGITAL MARKETING MBKM PROGRAM KKN TEMATIK DI DESA PETANANG. PORTAL RISET DAN INOVASI PENGABDIAN MASYARAKAT.
- Pengabdian, J., Masyarakat, K., Mansir, F., & Majid, N. (2021). PEMBERDAYAAN UMKM DALAM MENGOPTIMALKAN SOSIAL MEDIA DALAM MENGHADAPI ADAPTASI KEBIASAAN BARU DI BALECATUR SLEMAN DIY (Vol. 2, Issue 1). https://www.journal.itk.ac.id/index.php/pikat
- Pratami, S., Hertati, L., Puspitawati, L., Gantino, R., & Ilyas, M. (2021a). TEKNOLOGI INOVASI PENGOLAHAN LIMBAH PLASTIK MENJADI PRODUK UMKM GUNA MENOPANG EKONOMI KELUARGA DALAM MENCERDASKAN KETERAMPILAN MASYARAKAT.
- Pratami, S., Hertati, L., Puspitawati, L., Gantino, R., & Ilyas, M. (2021b). Teknologi Inovasi Pengolahan Limbah Plastik Menjadi Produk UMKM Guna Menopang Ekonomi Keluarga Dalam Mencerdaskan Keterampilan Masyarakat. GLOBAL ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.51577/globalabdimas.v1i1.59
- Sadiah, T. L., & Fahmi, R. (2022). SOSIALISASI PENERAPAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM HF HERBS DAN MAMAYU SWEET BAKING DI DESA BENGLE.
- Sadiah, T. L., Fahmi, R., Guru, P., Dasar, S., Keguruan, F., Pendidikan, I., Buana, U., & Karawang, P. (n.d.). SOSIALISASI PENERAPAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM HF HERBS DAN MAMAYU SWEET BAKING DI DESA BENGLE.
- Terttiaavini, Marnisah, L., Yulius, Y., & Saputra, T. S. (2020). Evaluating the Kemplang Tunu Production Training for Low Income and Education Communities Using the Kirkpatrick Model. Proceedings of the International Conference on Management, Accounting, and Economy (ICMAE 2020). https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200915.055
- Terttiaavini, & Saputra, T. . S. (2020). ANALISA PELATIHAN STRATEGI MANAJEMEN PENJUALAN PRODUK UMKM MENGGUNAKAN DIGITAL MARKETING BAGI MASYARAKAT TERDAMPAK COVID-19 DI KAMPUNG KELUARGA BERHASIL (KB) LAYANG-LAYANG PALEMBANG.
- Wahyuni, E. D., Febryan, I., Oktaviani, D., Putra, A., Pradana, R., Aulia, A., Rahmayanti, V., & Regata, D. (2023a). PENINGKATAN PEREKONOMIAN DESA MELALUI PEMBERDAYAAN UMKM DAN PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING.
- Wahyuni, E. D., Febryan, I., Oktaviani, D., Putra, A., Pradana, R., Aulia, A., Rahmayanti, V., & Regata, D. (2023b). PENINGKATAN PEREKONOMIAN DESA MELALUI PEMBERDAYAAN UMKM DAN PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING. Communnity Development Journal, 4(1), 467–474.
- Widia, E. (2021). Diseminasi Penggunaan Sosial Media dalam Perluasan Sebaran Pemasaran pada Produk UMKM. Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 99–114. https://doi.org/10.35309/dharma.v2i1.5234
- Widia, E., & Putra, D. J. (2021). DISEMINASI PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA DALAM PERLUASAN SEBARAN PEMASARAN PADA PRODUK UMKM.
- Yasmin, A., Tasneem, S., & Fatema, K. (2015a). Effectiveness of Digital Marketing in the Challenging Age: An Empirical Study.
- Yasmin, A., Tasneem, S., & Fatema, K. (2015b). international-journal-of-management-science-and-business-administration ISSN 1849-5419 (print). International Journal of Management Science And Business Administration, 1(5), 69–80. http://researchleap.com/category/
References
Afriudin, S. (2020). 5 Manfaat Pemasaran Melalui Media Sosial. IBrand.Id. https://ibrand.id/manfaat-pemasaran-melalui-media-sosial/
Azizah, N. (2019). Pelatihan Pemberdayaan Istri Nelayan Melalui Pelatihan Digital Marketing Strategy (DMS) Darah Biru. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i1.2675
Cinthya. (2020, November 3). Sosial Media Marketing: Pengertian, Jenis, Strategi dan Manfaatnya. Accurate.Id. https://accurate.id/marketing-manajemen/sosial-media- marketing-pengertian-jenis-strategi-dan-manfaatnya/#Manfaat_Sosial_Media_Marketing
Hanief, S., Utami Januhari, N. N., & Ratu Asmara, A. A. (2020). Pelatihan Digital Marketing Memanfaatkan Sosial Media dan Marketplace pada Usaha Dekorasi dan Catering Pernikahan. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(3), 146–156. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v2i3.210
Hapsoro, B. B., Palupiningdyah, & Slamet, A. (2019). Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset Penjualan Bagi Klaster UMKM di Kota Semarang.
Hendriadi, A. A., Sari, B. N., & Padilah, T. N. (2019). PELATIHAN DIGITAL MARKETING USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KABUPATEN KARAWANG.
Hertati, L., Puspitawati, L., Gantino, R., & Ilyas, M. (2022a). THE SALES VOLUME AND OPERATING COSTS AS KEY INFLUENCING FACTORS IN COVID-19 PANDEMIC ERA.
Hertati, L., Puspitawati, L., Gantino, R., & Ilyas, M. (2022b). THE SALES VOLUME AND OPERATING COSTS AS KEY INFLUENCING FACTORS IN COVID-19 PANDEMIC ERA. https://doi.org/10.46791/gjaer.2022.v03i01.05
Hidayati, N., Pungkasanti, P. T., & Wakhidah, N. (2020). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI DIGITAL MARKETING UMKM DI KECAMATAN TEMBALANG SEMARANG.
Hidayati, N., Triajeng Pungkasanti, P., & Wakhidah, N. (2020). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI DIGITAL MARKETING UMKM DI KECAMATAN TEMBALANG SEMARANG (Vol. 3, Issue 3).
Islami, N. N., & Fitria, F. L. (2019). PELATIHAN STRATEGI DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOFTSKILL DAN HARDSKILL BIDANG KEAHLIAN PEMASARAN PADA SISWA JURUSAN PEMASARAN SMK NURIS HIDAYAT DESA CURAHNONGKO, KEC. TEMPUREJO KAB. JEMBER.
Mansir, F., & Majid, M. N. (2021). PEMBERDAYAAN UMKM DALAM MENGOPTIMALKAN SOSIAL MEDIA DALAM MENGHADAPI ADAPTASI KEBIASAAN BARU DI BALECATUR SLEMAN DIY.
Marnisah, L., Yulius, Y., & Setiawan Saputra, T. (2020). Evaluating the Kemplang Tunu Production Training for Low Income and Education Communities Using the Kirkpatrick Model.
Nauly, A. D., Pebianti, A., Cahyani, M., Hertati, L., Hendarmin, R., Syafitri, L., & Munandar, A. (n.d.). PORTAL RISET DAN INOVASI PENGABDIAN MASYARAKAT (PRIMA) Volume 1 ISSUE 4 (2022) SOSIALISASI PENINGKATAN DAYA SAING UMKM OLAHAN KERIPIK SINGKONG RASA GURIH PEDAS MELALUI KEMASAN DAN DIGITAL MARKETING MBKM PROGRAM KKN TEMATIK DI DESA PETANANG. https://ojs.transpublika.com/index.php/PRIMA/
Nauly, A. D., Pebianti, A., Cahyani, M., Hertati, L., Hendarmin, R., Syafitri, L., & Munandar, A. (2022). SOSIALISASI PENINGKATAN DAYA SAING UMKM OLAHAN KERIPIK SINGKONG RASA GURIH PEDAS MELALUI KEMASAN DAN DIGITAL MARKETING MBKM PROGRAM KKN TEMATIK DI DESA PETANANG. PORTAL RISET DAN INOVASI PENGABDIAN MASYARAKAT.
Pengabdian, J., Masyarakat, K., Mansir, F., & Majid, N. (2021). PEMBERDAYAAN UMKM DALAM MENGOPTIMALKAN SOSIAL MEDIA DALAM MENGHADAPI ADAPTASI KEBIASAAN BARU DI BALECATUR SLEMAN DIY (Vol. 2, Issue 1). https://www.journal.itk.ac.id/index.php/pikat
Pratami, S., Hertati, L., Puspitawati, L., Gantino, R., & Ilyas, M. (2021a). TEKNOLOGI INOVASI PENGOLAHAN LIMBAH PLASTIK MENJADI PRODUK UMKM GUNA MENOPANG EKONOMI KELUARGA DALAM MENCERDASKAN KETERAMPILAN MASYARAKAT.
Pratami, S., Hertati, L., Puspitawati, L., Gantino, R., & Ilyas, M. (2021b). Teknologi Inovasi Pengolahan Limbah Plastik Menjadi Produk UMKM Guna Menopang Ekonomi Keluarga Dalam Mencerdaskan Keterampilan Masyarakat. GLOBAL ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.51577/globalabdimas.v1i1.59
Sadiah, T. L., & Fahmi, R. (2022). SOSIALISASI PENERAPAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM HF HERBS DAN MAMAYU SWEET BAKING DI DESA BENGLE.
Sadiah, T. L., Fahmi, R., Guru, P., Dasar, S., Keguruan, F., Pendidikan, I., Buana, U., & Karawang, P. (n.d.). SOSIALISASI PENERAPAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM HF HERBS DAN MAMAYU SWEET BAKING DI DESA BENGLE.
Terttiaavini, Marnisah, L., Yulius, Y., & Saputra, T. S. (2020). Evaluating the Kemplang Tunu Production Training for Low Income and Education Communities Using the Kirkpatrick Model. Proceedings of the International Conference on Management, Accounting, and Economy (ICMAE 2020). https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200915.055
Terttiaavini, & Saputra, T. . S. (2020). ANALISA PELATIHAN STRATEGI MANAJEMEN PENJUALAN PRODUK UMKM MENGGUNAKAN DIGITAL MARKETING BAGI MASYARAKAT TERDAMPAK COVID-19 DI KAMPUNG KELUARGA BERHASIL (KB) LAYANG-LAYANG PALEMBANG.
Wahyuni, E. D., Febryan, I., Oktaviani, D., Putra, A., Pradana, R., Aulia, A., Rahmayanti, V., & Regata, D. (2023a). PENINGKATAN PEREKONOMIAN DESA MELALUI PEMBERDAYAAN UMKM DAN PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING.
Wahyuni, E. D., Febryan, I., Oktaviani, D., Putra, A., Pradana, R., Aulia, A., Rahmayanti, V., & Regata, D. (2023b). PENINGKATAN PEREKONOMIAN DESA MELALUI PEMBERDAYAAN UMKM DAN PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING. Communnity Development Journal, 4(1), 467–474.
Widia, E. (2021). Diseminasi Penggunaan Sosial Media dalam Perluasan Sebaran Pemasaran pada Produk UMKM. Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 99–114. https://doi.org/10.35309/dharma.v2i1.5234
Widia, E., & Putra, D. J. (2021). DISEMINASI PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA DALAM PERLUASAN SEBARAN PEMASARAN PADA PRODUK UMKM.
Yasmin, A., Tasneem, S., & Fatema, K. (2015a). Effectiveness of Digital Marketing in the Challenging Age: An Empirical Study.
Yasmin, A., Tasneem, S., & Fatema, K. (2015b). international-journal-of-management-science-and-business-administration ISSN 1849-5419 (print). International Journal of Management Science And Business Administration, 1(5), 69–80. http://researchleap.com/category/
Azizah, N. (2019). Pelatihan Pemberdayaan Istri Nelayan Melalui Pelatihan Digital Marketing Strategy (DMS) Darah Biru. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i1.2675
Hanief, S., Utami Januhari, N. N., & Ratu Asmara, A. A. (2020). Pelatihan Digital Marketing Memanfaatkan Sosial Media dan Marketplace pada Usaha Dekorasi dan Catering Pernikahan. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(3), 146–156. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v2i3.210
Hapsoro, B. B., Palupiningdyah, & Slamet, A. (2019). Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset Penjualan Bagi Klaster UMKM di Kota Semarang.
Hendriadi, A. A., Sari, B. N., & Padilah, T. N. (2019). PELATIHAN DIGITAL MARKETING USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KABUPATEN KARAWANG.
Hertati, L., Puspitawati, L., Gantino, R., & Ilyas, M. (2022a). THE SALES VOLUME AND OPERATING COSTS AS KEY INFLUENCING FACTORS IN COVID-19 PANDEMIC ERA.
Hertati, L., Puspitawati, L., Gantino, R., & Ilyas, M. (2022b). THE SALES VOLUME AND OPERATING COSTS AS KEY INFLUENCING FACTORS IN COVID-19 PANDEMIC ERA. https://doi.org/10.46791/gjaer.2022.v03i01.05
Hidayati, N., Pungkasanti, P. T., & Wakhidah, N. (2020). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI DIGITAL MARKETING UMKM DI KECAMATAN TEMBALANG SEMARANG.
Hidayati, N., Triajeng Pungkasanti, P., & Wakhidah, N. (2020). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI DIGITAL MARKETING UMKM DI KECAMATAN TEMBALANG SEMARANG (Vol. 3, Issue 3).
Islami, N. N., & Fitria, F. L. (2019). PELATIHAN STRATEGI DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOFTSKILL DAN HARDSKILL BIDANG KEAHLIAN PEMASARAN PADA SISWA JURUSAN PEMASARAN SMK NURIS HIDAYAT DESA CURAHNONGKO, KEC. TEMPUREJO KAB. JEMBER.
Mansir, F., & Majid, M. N. (2021). PEMBERDAYAAN UMKM DALAM MENGOPTIMALKAN SOSIAL MEDIA DALAM MENGHADAPI ADAPTASI KEBIASAAN BARU DI BALECATUR SLEMAN DIY.
Marnisah, L., Yulius, Y., & Setiawan Saputra, T. (2020). Evaluating the Kemplang Tunu Production Training for Low Income and Education Communities Using the Kirkpatrick Model.
Nauly, A. D., Pebianti, A., Cahyani, M., Hertati, L., Hendarmin, R., Syafitri, L., & Munandar, A. (n.d.). PORTAL RISET DAN INOVASI PENGABDIAN MASYARAKAT (PRIMA) Volume 1 ISSUE 4 (2022) SOSIALISASI PENINGKATAN DAYA SAING UMKM OLAHAN KERIPIK SINGKONG RASA GURIH PEDAS MELALUI KEMASAN DAN DIGITAL MARKETING MBKM PROGRAM KKN TEMATIK DI DESA PETANANG. https://ojs.transpublika.com/index.php/PRIMA/
Nauly, A. D., Pebianti, A., Cahyani, M., Hertati, L., Hendarmin, R., Syafitri, L., & Munandar, A. (2022). SOSIALISASI PENINGKATAN DAYA SAING UMKM OLAHAN KERIPIK SINGKONG RASA GURIH PEDAS MELALUI KEMASAN DAN DIGITAL MARKETING MBKM PROGRAM KKN TEMATIK DI DESA PETANANG. PORTAL RISET DAN INOVASI PENGABDIAN MASYARAKAT.
Pengabdian, J., Masyarakat, K., Mansir, F., & Majid, N. (2021). PEMBERDAYAAN UMKM DALAM MENGOPTIMALKAN SOSIAL MEDIA DALAM MENGHADAPI ADAPTASI KEBIASAAN BARU DI BALECATUR SLEMAN DIY (Vol. 2, Issue 1). https://www.journal.itk.ac.id/index.php/pikat
Pratami, S., Hertati, L., Puspitawati, L., Gantino, R., & Ilyas, M. (2021a). TEKNOLOGI INOVASI PENGOLAHAN LIMBAH PLASTIK MENJADI PRODUK UMKM GUNA MENOPANG EKONOMI KELUARGA DALAM MENCERDASKAN KETERAMPILAN MASYARAKAT.
Pratami, S., Hertati, L., Puspitawati, L., Gantino, R., & Ilyas, M. (2021b). Teknologi Inovasi Pengolahan Limbah Plastik Menjadi Produk UMKM Guna Menopang Ekonomi Keluarga Dalam Mencerdaskan Keterampilan Masyarakat. GLOBAL ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.51577/globalabdimas.v1i1.59
Sadiah, T. L., & Fahmi, R. (2022). SOSIALISASI PENERAPAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM HF HERBS DAN MAMAYU SWEET BAKING DI DESA BENGLE.
Sadiah, T. L., Fahmi, R., Guru, P., Dasar, S., Keguruan, F., Pendidikan, I., Buana, U., & Karawang, P. (n.d.). SOSIALISASI PENERAPAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM HF HERBS DAN MAMAYU SWEET BAKING DI DESA BENGLE.
Terttiaavini, Marnisah, L., Yulius, Y., & Saputra, T. S. (2020). Evaluating the Kemplang Tunu Production Training for Low Income and Education Communities Using the Kirkpatrick Model. Proceedings of the International Conference on Management, Accounting, and Economy (ICMAE 2020). https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200915.055
Terttiaavini, & Saputra, T. . S. (2020). ANALISA PELATIHAN STRATEGI MANAJEMEN PENJUALAN PRODUK UMKM MENGGUNAKAN DIGITAL MARKETING BAGI MASYARAKAT TERDAMPAK COVID-19 DI KAMPUNG KELUARGA BERHASIL (KB) LAYANG-LAYANG PALEMBANG.
Wahyuni, E. D., Febryan, I., Oktaviani, D., Putra, A., Pradana, R., Aulia, A., Rahmayanti, V., & Regata, D. (2023a). PENINGKATAN PEREKONOMIAN DESA MELALUI PEMBERDAYAAN UMKM DAN PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING.
Wahyuni, E. D., Febryan, I., Oktaviani, D., Putra, A., Pradana, R., Aulia, A., Rahmayanti, V., & Regata, D. (2023b). PENINGKATAN PEREKONOMIAN DESA MELALUI PEMBERDAYAAN UMKM DAN PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING. Communnity Development Journal, 4(1), 467–474.
Widia, E. (2021). Diseminasi Penggunaan Sosial Media dalam Perluasan Sebaran Pemasaran pada Produk UMKM. Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 99–114. https://doi.org/10.35309/dharma.v2i1.5234
Widia, E., & Putra, D. J. (2021). DISEMINASI PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA DALAM PERLUASAN SEBARAN PEMASARAN PADA PRODUK UMKM.
Yasmin, A., Tasneem, S., & Fatema, K. (2015a). Effectiveness of Digital Marketing in the Challenging Age: An Empirical Study.
Yasmin, A., Tasneem, S., & Fatema, K. (2015b). international-journal-of-management-science-and-business-administration ISSN 1849-5419 (print). International Journal of Management Science And Business Administration, 1(5), 69–80. http://researchleap.com/category/