Peningkatan Ekonomi Masyarakat Bulu Melalui Pelatihan Manajemen Pemasaran UMKM
Corresponding Author(s) : Rohmansyah Rohmansyah
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
Vol. 6 No. 1 (2023): Semnas PPM 6 Tahun 2023
Abstract
Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu para pelaku UMKM dalam mengatasi masalah mereka. Program ini meliputi tiga tahap, yaitu sosialisasi manajemen pemasaran, pelatihan manajemen pemasaran, dan pendampingan. Program ini bertujuan untuk membantu pelaku UMKM memahami dan memanfaatkan teknologi digital, serta meningkatkan pengetahuan mereka dalam manajemen pemasaran, termasuk strategi branding dan citra merek produk. Hasil dari program ini diharapkan dapat membantu UMKM di Dukuh Bulu untuk memperluas jangkauan pemasaran produk mereka, meningkatkan kualitas produk, dan membantu pelaku usaha dalam proses perijinan usaha. Program ini juga diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap ekonomi dan pengembangan masyarakat di Dukuh Bulu. Dengan begitu, UMKM di wilayah ini memiliki peluang untuk berkembang lebih besar lagi dan berperan aktif dalam meningkatkan ekonomi lokal. Hasil menunjukkan bahwa proses pemberdayaan masyarakat berjalan secara bertahap, dengan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Adapun faktor yang mendukung dan menghambat dalam pemberdayaannya adalah pengetahuan, motivasi dan sumber daya, baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Hasil dari pemberdayaan, pelaku Usaha UMKM dapat memgembangkan usahanya secara bertahap dari yang awalnya kecil bisa meningkat dari segi pendapatan dan jumlah produksi.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- Alfian, M., Iqbalunnajih, M., Sholikhah, N. I., Dan, S., Nib, P., Perizinan, S., Di, P.-I., Kiringan, D., Canden, D., Bantul, J., Farmasi, P., Nahdlatul, U., & Yogyakarta, U. (n.d.). Sosialisasi Dan Pelatihan Nib Serta Perizinan P-Irt Di Dusun Kiringan Desa Canden Jetis Bantul Socialization And Training Of Nib And P-Irt Licensing In Kiringan Hamlet, Canden Jetis Village, Bantul.
- Deva Ariyani, Slamet Bambang Riono, & Hendri Sucipto. (2022). Pelatihan Branding Equity untuk Membangun Brand Image pada Pelaku UMKM di Desa Ciawi dalam Meningkatkan Daya Jual. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 2(3), 100–106. https://doi.org/10.55606/kreatif.v2i3.493
- Putra, Y., Santoso, P. Y., & Rama Adhypoetro, R. (2021). Branding Produk Dalam Menjaga Loyalitas Konsumen Pada Masa Pandemi Covid-19. In Jurnal Cyber PR (Vol. 1, Issue 1). https://journal.moestopo.ac.id/index.php/cyberpr
- Riyadi, N., & Mujanah, S. (2021). Strategi Pemasaran Dan Pendampingan Manajemen Usaha Kelompok Usaha Kecil Kerupuk Di Kenjeran Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Abdi Mas TPB Unram, 3(1). https://doi.org/10.29303/amtpb.v3i1.56
- Sulistyanto, A., Dwinarko, D., Syafrizal, T., & Mujab, S. (2021). Pelatihan Kewirausahaan dan Manajemen Komunikasi Pemasaran bagi Pelaku UMKM pada Masyarakat di Kelurahan Ponggang, Kec. Serangpanjang, Kabupaten Subang. Jurnal Abdidas, 2(1), 34–40. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i1.199
- Tanan, C. I., & Dhamayanti, D. (2020). Pendampingan UMKM dalam Pengelolaan Keuangan Usaha Guna Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Distrik Abepura Jayapura. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 1(2), 173–185. https://doi.org/10.37680/amalee.v1i2.408
References
Alfian, M., Iqbalunnajih, M., Sholikhah, N. I., Dan, S., Nib, P., Perizinan, S., Di, P.-I., Kiringan, D., Canden, D., Bantul, J., Farmasi, P., Nahdlatul, U., & Yogyakarta, U. (n.d.). Sosialisasi Dan Pelatihan Nib Serta Perizinan P-Irt Di Dusun Kiringan Desa Canden Jetis Bantul Socialization And Training Of Nib And P-Irt Licensing In Kiringan Hamlet, Canden Jetis Village, Bantul.
Deva Ariyani, Slamet Bambang Riono, & Hendri Sucipto. (2022). Pelatihan Branding Equity untuk Membangun Brand Image pada Pelaku UMKM di Desa Ciawi dalam Meningkatkan Daya Jual. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 2(3), 100–106. https://doi.org/10.55606/kreatif.v2i3.493
Putra, Y., Santoso, P. Y., & Rama Adhypoetro, R. (2021). Branding Produk Dalam Menjaga Loyalitas Konsumen Pada Masa Pandemi Covid-19. In Jurnal Cyber PR (Vol. 1, Issue 1). https://journal.moestopo.ac.id/index.php/cyberpr
Riyadi, N., & Mujanah, S. (2021). Strategi Pemasaran Dan Pendampingan Manajemen Usaha Kelompok Usaha Kecil Kerupuk Di Kenjeran Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Abdi Mas TPB Unram, 3(1). https://doi.org/10.29303/amtpb.v3i1.56
Sulistyanto, A., Dwinarko, D., Syafrizal, T., & Mujab, S. (2021). Pelatihan Kewirausahaan dan Manajemen Komunikasi Pemasaran bagi Pelaku UMKM pada Masyarakat di Kelurahan Ponggang, Kec. Serangpanjang, Kabupaten Subang. Jurnal Abdidas, 2(1), 34–40. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i1.199
Tanan, C. I., & Dhamayanti, D. (2020). Pendampingan UMKM dalam Pengelolaan Keuangan Usaha Guna Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Distrik Abepura Jayapura. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 1(2), 173–185. https://doi.org/10.37680/amalee.v1i2.408