Pengembangan Kapasitas Paud Bunda Melalui Digitalisasi Pendidikan
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
Vol. 6 No. 1 (2023): Semnas PPM 6 Tahun 2023
Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini berfokus digitalisasi pendidikan dengan pengembangan kapasitas PAUD dan TK Bunda. Metode yang digunakan adalah melalui pelaksanaan workshop tentang penggunaan media digital dengan platform Canva. Pilihan Canva sebagai media digital didasarkan pada kemudahan penggunaannya dalam membuat desain grafis dan beragam konten yang memungkinkan pembuatan media pembelajaran yang efektif dan inovatif. Hasil dari kegiatan workshop menunjukkan bahwa sebelum kegiatan ini diadakan, rata-rata pengetahuan dan keterampilan para guru dalam penggunaan media digital sebesar 78%. Namun, setelah pelaksanaan workshop, terjadi peningkatan yang signifikan, terlihat dari hasil post-test yang menunjukkan bahwa kemampuan peserta rata-rata meningkat menjadi 87.5%. Rangkaian kegiatan ini terbukti efektif dalam meningkatkan kapasitas pembelajaran di PAUD dan TK Bunda. Pemanfaatan media digital Canva sangat membantu para guru dalam menciptakan materi pembelajaran yang menarik dan interaktif.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- FAJRI, Z. (2019). Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sd. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 7(2), 1. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v7i2.478
- Fajri, Z., Dewi Riza, I. F., Azizah, H., Sofiana, Y., Ummami, U., & Andila, A. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Visual Berbasis Apilkasi Canva dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Anak Usia Dini di PAUD Al Muhaimin Bondowoso. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 10(3), 397–408. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i3.8583
- Maryatun, I. B. (2016). Peran Pendidik Paud Dalam Membangun Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12370
- Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
- Tinggi Agama Islam Negeri Teungku Dirundeng Meulaboh, S. (n.d.). Aidil Saputra: Pendidikan Anak pada Usia Dini |.
References
FAJRI, Z. (2019). Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sd. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 7(2), 1. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v7i2.478
Fajri, Z., Dewi Riza, I. F., Azizah, H., Sofiana, Y., Ummami, U., & Andila, A. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Visual Berbasis Apilkasi Canva dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Anak Usia Dini di PAUD Al Muhaimin Bondowoso. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 10(3), 397–408. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i3.8583
Maryatun, I. B. (2016). Peran Pendidik Paud Dalam Membangun Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12370
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Tinggi Agama Islam Negeri Teungku Dirundeng Meulaboh, S. (n.d.). Aidil Saputra: Pendidikan Anak pada Usia Dini |.