PENGEMBANGAN MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN KADER DI PONDOK PESANTREN ASY-SYIFA' MUHAMMADIYAH BANTUL
Corresponding Author(s) : Cahyo Budiyantoro
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2020: 5. Kreatifitas Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah dan Perguruan Tinggi
Abstract
Pondok Pesantren Asy-Syifa’ Muhammadiyah Bantul adalah salah satu Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) yang dikelola oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Bantul dengan branding “Pesantren Kader dan Dakwah”. Maka, perkaderan yang dijalankan diorientasikan untuk melahirkan kader persyarikatan Muhammadiyah. Namun, proses perkaderannya masih dikelola dengan manajemen perkaderan seadanya dan secara sistem belum mengacu pada buku panduan yang disusun oleh Majelis Pendidikan Kader (MPK) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, yaitu buku panduan Sistem Perkaderan Muhammadiyah (SPM). Dalam program pengabdian kepada masyarakat ini, dilakukan pengembangan manajemen kurikulum yang diawali dengan sosialisasi program, identifikasi masalah, pembentukan tim perumus kurikulum, penyelenggaraan workshop, dan penyusunan buku pedoman kurikulum Pondok Pesantren Asy-Syifa’ Muhammadiyah Bantul berbasis kader. Dengan adanya buku kurikulum berbasis kader tersebut, dapat dijadikan sebagai pedoman dan landasan resmi bagi seluruh kegiatan yang diselenggarakan di lingkungan Ponpes Asy-Syifa’ Muhammadiyah Bantul sehingga proses perkaderan dapat berjalan secara efektif dan efisien.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX