Pelatihan dan Pendampingan Skill IT para Guru SD Muhammadiyah dalam Pembelajaran Online di Kabupaten Sleman Yogyakarta
Corresponding Author(s) : Anisa Dwi Makrufi
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2022: 2. Kreatifitas Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah dan Perguruan Tinggi
Abstract
Kurangnya persiapan yang baik dari guru dalam melaksanakan pembelajaran yang melibatkan teknologi menjadi kendala sekaligus tantangan di era sekarang ini. Pemanfaatan teknologi dapat mengoptimalkan proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru. Namun pada kenyataannya, sekolah saat ini belum mampu memenuhi standarisasi pemanfaatan teknologi yang baik. Proses pengajaran masih didominasi oleh metode konvensional. Berdasarkan permasalahan di atas, salah satu solusi yang dapat diterapkan adalah dengan meningkatkan kompetensi guru terkait pemanfaatan teknologi informasi. Fokus pelatihan dalam program pengabdian ini adalah pelatihan bagi para pendidik dalam mengoperasikan berbagai variasi media pembelajaran. Program pelatihan dan pendampingan penerapan keterampilan IT bagi guru di dua SD Muhammadiyah telah dilaksanakan dengan baik. Kegiatan yang dilakukan meliputi sosialisasi, koordinasi, focus group discussion, workshop, implementasi, pendampingan, monitoring serta evaluasi dalam penerapan teknologi pada proses pembelajaran di sekolah. Hal ini mampu memberikan materi dan ruang belajar bagi siswa yang lebih kondusif dan produktif, sehingga pembelajaran tidak monoton dan lebih menyenangkan. Dengan demikian, tujuan pembelajaran dapat tercapai secara lebih efektif dan efisien
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX