Upaya membudayakan Kegiatan Membaca al-Qur’an Melalui Melatih Pembiasaan dari Diri Sendiri dan Keluarga
Corresponding Author(s) : Arif Humaini
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2022: 2. Kreatifitas Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah dan Perguruan Tinggi
Abstract
Kebiasaan membaca atau budaya literasi di masyarakat sekarang ini terasa berkurang sekali, pun juga membaca al-Qur’an sebagai kitab suci bagi umat Islam. Kemampuan membaca al-Qur’an harus diusahakan sejak anak di usia dini bagi masyarakat Islam, hal ini disebabkan oleh karena bahasa al-Qur’an menggunakan bahasa Arab yang notabene berbeda bahasanya dengan bahasa Indonesia, baik dari segi pelafalan, struktur kata dan kalimat, hingga kaidah gramatika bahasa. Pendidikan karakter bagi anak dengan mendekatkan diri mereka kepada al-Qur’an tentunya dapat memberikan pengaruh yang baik. Oleh karena itu, perlu adanya program pelatihan membaca al-Quran yang baik dan benar menurut tatacara yang sudah ditentukan. Sehingga jika sudah dibiasakan sejak di usia dini dapat menjadikan pembiasaan bagi mereka saat sudah dewasa. Karena bagaimanapun juga kita sebagai muslim, membaca al-Quran merupakan suatu kewajiban sebagai penunjang ibadah kepada Allah SWT. tanpa bisa membaca al-Quran dengan baik dan benar, maka secara langsung ibadah seseorang tersebut akan terasa sangat kurang sekali. Metode atau tata cara yang efektif dalam membaca al-Quran pun sudah banyak ditemukan, dan dipraktikkan di masyarakat. Akan tetapi, yang lebih penting dan berpengaruh terhadap karakter anak adalah lingkungan mereka, maka dari itu pemahaman kepada orangtua dan masyarakat pun juga perlu diperhatikan agar mereka memberikan contoh dan tauladan bagi anak, dengan mencontoh dan meneladani lingkungan yang ada di sekitar anak akan memberikan dampak yang kuat dalam membangun pendidikan karakter anak
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- Website, “Bangunkerto Kapanewon Turi.” [Online]. Available: https://bangunkertosid.slemankab.go.id/first
- “Budaya Literasi Republika Online.”
- S. Maharani and I. Izzati, “Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Anak Usia Dini,” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 4, no. 2, pp. 1288–1298, 2020.
- H. Badrudin, Pendidikan Akhlak Dalam Al-Qur’an; Studi Tarbawi Perspektif Syaikh Nawawi Al-Bantani. 2021. [Online]. Available: https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=xgkiMaoAAAAJ&pagesize=100&citation_for_view=xgkiMaoAAAAJ:YsMSGLbcyi4C
- L. Sumaryanti, “URGENCY PEMBIASAAN MEMBACA PADA ANAK MENURUT PERSPEKTIF ISLAM,” in SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DAN KEWARGANEGARAAN IV, 2018, pp. 185–193.
- A. Munir and Sudarsono, Ilmu Tajwid dan Seni Baca Al Qur’an. Jakarta: Rhineka Cipta, 1994.
- F. Mahdali, “Analisis Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dalam Perspektif Sosiologi Pengetahuan,” Mashdar: Jurnal Studi Al-Qur’an dan Hadis, vol. 2, no. 2, pp. 143–168, 2020.
- A. B. Ambarwati, “Pengaruh Bimbingan Orang Tua dan Motivasi Belajar dalam Pembelajaran Baca Tulis Qur’an (BTQ) Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak di Madrasah Diniyah Thoriqul Ihsan Bulu Kidul Balong Ponorogo.” IAIN Ponorogo, 2020.
- M. F. Adhim and T. Edidarmo, Membuat anak gila membaca. Bandung: Mizania, 2007.
- E. Erhamwilda, N. Afrianti, A. H. Tazkia, and H. Mulyati, “Efektivitas Pelatihan Parenting Dalam Meningkatkan Pengetahuan Orang Tua Menyiapkan Generasi Qur’ani,” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 2, pp. 793–800, 2021.
References
Website, “Bangunkerto Kapanewon Turi.” [Online]. Available: https://bangunkertosid.slemankab.go.id/first
“Budaya Literasi Republika Online.”
S. Maharani and I. Izzati, “Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Anak Usia Dini,” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 4, no. 2, pp. 1288–1298, 2020.
H. Badrudin, Pendidikan Akhlak Dalam Al-Qur’an; Studi Tarbawi Perspektif Syaikh Nawawi Al-Bantani. 2021. [Online]. Available: https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=xgkiMaoAAAAJ&pagesize=100&citation_for_view=xgkiMaoAAAAJ:YsMSGLbcyi4C
L. Sumaryanti, “URGENCY PEMBIASAAN MEMBACA PADA ANAK MENURUT PERSPEKTIF ISLAM,” in SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DAN KEWARGANEGARAAN IV, 2018, pp. 185–193.
A. Munir and Sudarsono, Ilmu Tajwid dan Seni Baca Al Qur’an. Jakarta: Rhineka Cipta, 1994.
F. Mahdali, “Analisis Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dalam Perspektif Sosiologi Pengetahuan,” Mashdar: Jurnal Studi Al-Qur’an dan Hadis, vol. 2, no. 2, pp. 143–168, 2020.
A. B. Ambarwati, “Pengaruh Bimbingan Orang Tua dan Motivasi Belajar dalam Pembelajaran Baca Tulis Qur’an (BTQ) Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak di Madrasah Diniyah Thoriqul Ihsan Bulu Kidul Balong Ponorogo.” IAIN Ponorogo, 2020.
M. F. Adhim and T. Edidarmo, Membuat anak gila membaca. Bandung: Mizania, 2007.
E. Erhamwilda, N. Afrianti, A. H. Tazkia, and H. Mulyati, “Efektivitas Pelatihan Parenting Dalam Meningkatkan Pengetahuan Orang Tua Menyiapkan Generasi Qur’ani,” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 2, pp. 793–800, 2021.