KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN METODE BELAJAR MENINGKATKAN NILAI MATA KULIAH KALKULUS 2
Corresponding Author(s) : Cici Cahyana Amatullah
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2020: 5. Kreatifitas Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah dan Perguruan Tinggi
Abstract
Pada masa pandemi ini seluruh bangsa dunia dituntut untuk mengambil bagian dalam mengatasi permasalahan hidup, termasuk dalam bidang pendidikan. Salah satu jalan yang ditempuh di bidang pendidikan adalah melakukan kegiatan pembelajaran secara daring. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dan pengaruh penerapan metode pembelajaran daring terhadap nilai mata kuliah kalkulus 2. Pelaksanaan kegiatan ini menggunakan metode monitoring dan evaluasi. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, angket, tes soal kalkulus 2, lalu dianalisis secara kuantitatif. Hasil menunjukkan 72,7 % nilai mata kuliah kalkulus ditentukan oleh faktor kemampuan berpikir kreatif dan metode pembelajaran daring secara bersama, sedangkan sisanya 27,3% ditentukan faktor-faktor lain. 54,4% variabel nilai mata kuliah kalkulus 2 ditentukan oleh faktor variabel kemampuan berpikir kreatif, sedangkan faktor variabel metode pembelajaran daring berpengaruh 59,5% terhadap nilai mata kuliah kalkulus 2. Pengabdian masyarakat ini hanya mengungkap faktor internal, yaitu kemampuan berpikir kreatif dan metode pembelajaran daring, padahal masih banyak faktor lain yang dapat memengaruhi nilai mata kuliah kalkulus 2. Kelemahan yang ditemukan dari hasil pengabdian masyarakat ini, perlu ditindaklanjuti dengan adanya penelitian yang berkaitan dan relevan dengan permasalahan yang terdapat dalam hasil pengabdian masyarakat ini.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX