Pemanfaatan Jurnalisme untuk Meningkatkan Brand Awarness Sekolah Muhammadiyah di Gamping Sleman
Corresponding Author(s) : Filosa Gita Sukmono
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2022: 2. Kreatifitas Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah dan Perguruan Tinggi
Abstract
Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Gamping, Sleman memiliki beberapa amal usaha di bidang Pendidikan, mulai dari Sekolah Dasar sampai dengan Sekolah Menengah Kejuruan. Di masa pandemi, problem yang dihadapi adalah menurunnya jumlah siswa yang mendaftar di sekolah Muhammadiyah. Menurunnya jumlah siswa menjadi salah satu faktor yang terkait dengan brand sekolah Muhammadiyah khususnya di daerah Gamping yang harus bersaing dengan sekolah-sekolah non Muhammadiyah di daerah kota Yogyakarta ataupun Gamping. Problem Brand Awarness ini jika tidak dicermati secara serius akan membuat sekolah-sekolah Muhammadiyah akan semakin tertinggal oleh sekolah-sekolah lainnya. Pada program pengabdian ini berusaha memberikan tawaran solusi terkait permasalahan mitra melalui Pemanfaatan Jurnalisme untuk meningkatkan Brand Awarness Sekolah Muhammadiyah. Konsep ini dalam perkembangan ilmu pemasaran ataupun periklanan disebut dengan Brand Journalism, yaitu meningkatkan brand Lembaga atau perusahaan dengan konten berita yang dibuat sendiri oleh Lembaga tersebut. Pengabdian dilakukan dengan workshop jurnalisme dan produksi konten berita di media User Generated Content (UGC). Luaran dari pengabdian ini adalah produksi berita berbasis media UGC sebanyak 20 berita dan sampai hari ini sudah lebih 50 berita dihasilkan. Guru yang mengikuti program diharapkan bisa menjadi trainer bagi guru lain setelah mengikuti program ini
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- A. Wardhana, “Strategi Promosi Penerimaan Siswa Baru (Studi Kasus Smk Kesehatan Cipta Bhakti Husada Yogyakarta),” CHANNEL J. Komun., vol. 6, no. 1, p. 96, 2018, doi: 10.12928/channel.v6i1.10215.
- H. Semuel and K. Y. Setiawan, “Promosi Melalui Sosial Media, Brand Awareness, Purchase Intention Pada Produk Sepatu Olahraga,” J. Manaj. Pemasar., vol. 12, no. 1, pp. 47–52, 2018, doi: 10.9744/pemasaran.12.1.47.
- F. Ramadayanti, “Peran Brand Awereness terhadap Keputusan Pembelian Produk,” J. Stud. Manaj. dan Bisnis, vol. 6, no. 2, pp. 111–116, 2019, doi: 10.21107/jsmb.v6i2.6690.
- D. Adrian and R. Mulyandi, “Manfaat Pemasaran Media Sosial Pada Pembentukan Brand Awareness Toko Online,” J. Indones. Sos. Sains, vol. 2, no. 2, pp. 215–222, 2021.
- R. Puspita and T. N. Suciati, “Mobile Phone dan Media Sosial: Penggunaan dan Tantangannya pada Jurnalisme Online Indonesia,” Ekspresi Dan Persepsi J. Ilmu Komun., vol. 3, no. 2, p. 132, 2020, doi: 10.33822/jep.v3i2.1781.
- J. Septiani, H. Widaaattullah, R. Akbar, and ..., “Pemanfaatan Media Sosial Untuk Bisnis Online Di Masa Pandemi Covid-19,” … Masy. LPPM UMJ, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/10872%0Ahttps://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/download/10872/6157.
- D. I. E. R. A. Society and W. Ramdhan, “MASYARAKAT BIJAK DALAM MEMANFAATKAN SOSIAL MEDIA PENDAHULUAN Saat ini hadirnya generasi milen- ial adalah sunnatullah , munculnya gen- erasi ini sebagai akibat kemajuan sains dan teknologi . Generasi milenial adalah generasi yang lahir tahun 2000-an denga,” vol. 1, no. 2, 2021.
- A. Azwar, R. P. Putra, and U. Uljanatunnisa, “Unsur Keberpihakan Pada Pemberitaan Media Online Analisis Wacana Kritis Pemberitaan Kampanye pada Kumparan.Com,” J. Stud. Jurnalistik, vol. 3, no. 1, pp. 48–62, 2021, doi: 10.15408/jsj.v3i1.19878.
- U. Wahid and A. E. Puspita, “Upaya Peningkatkan Brand Awareness PT. Go-Jek Indonesia Melalui Aktivitas Marketing Public Relations,” J. Komun., vol. 9, no. 1, p. 31, 2017.
- Aruman, Edhy. (2017). Brand Journalism: Mengapa Perusahaan Perlu Mempunyai News Room Sendiri. https://mix.co.id/corcomm-pr/brand-journalism-mengapa-perusaan - perula-punya-newsroom-sendiri/
References
A. Wardhana, “Strategi Promosi Penerimaan Siswa Baru (Studi Kasus Smk Kesehatan Cipta Bhakti Husada Yogyakarta),” CHANNEL J. Komun., vol. 6, no. 1, p. 96, 2018, doi: 10.12928/channel.v6i1.10215.
H. Semuel and K. Y. Setiawan, “Promosi Melalui Sosial Media, Brand Awareness, Purchase Intention Pada Produk Sepatu Olahraga,” J. Manaj. Pemasar., vol. 12, no. 1, pp. 47–52, 2018, doi: 10.9744/pemasaran.12.1.47.
F. Ramadayanti, “Peran Brand Awereness terhadap Keputusan Pembelian Produk,” J. Stud. Manaj. dan Bisnis, vol. 6, no. 2, pp. 111–116, 2019, doi: 10.21107/jsmb.v6i2.6690.
D. Adrian and R. Mulyandi, “Manfaat Pemasaran Media Sosial Pada Pembentukan Brand Awareness Toko Online,” J. Indones. Sos. Sains, vol. 2, no. 2, pp. 215–222, 2021.
R. Puspita and T. N. Suciati, “Mobile Phone dan Media Sosial: Penggunaan dan Tantangannya pada Jurnalisme Online Indonesia,” Ekspresi Dan Persepsi J. Ilmu Komun., vol. 3, no. 2, p. 132, 2020, doi: 10.33822/jep.v3i2.1781.
J. Septiani, H. Widaaattullah, R. Akbar, and ..., “Pemanfaatan Media Sosial Untuk Bisnis Online Di Masa Pandemi Covid-19,” … Masy. LPPM UMJ, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/10872%0Ahttps://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/download/10872/6157.
D. I. E. R. A. Society and W. Ramdhan, “MASYARAKAT BIJAK DALAM MEMANFAATKAN SOSIAL MEDIA PENDAHULUAN Saat ini hadirnya generasi milen- ial adalah sunnatullah , munculnya gen- erasi ini sebagai akibat kemajuan sains dan teknologi . Generasi milenial adalah generasi yang lahir tahun 2000-an denga,” vol. 1, no. 2, 2021.
A. Azwar, R. P. Putra, and U. Uljanatunnisa, “Unsur Keberpihakan Pada Pemberitaan Media Online Analisis Wacana Kritis Pemberitaan Kampanye pada Kumparan.Com,” J. Stud. Jurnalistik, vol. 3, no. 1, pp. 48–62, 2021, doi: 10.15408/jsj.v3i1.19878.
U. Wahid and A. E. Puspita, “Upaya Peningkatkan Brand Awareness PT. Go-Jek Indonesia Melalui Aktivitas Marketing Public Relations,” J. Komun., vol. 9, no. 1, p. 31, 2017.
Aruman, Edhy. (2017). Brand Journalism: Mengapa Perusahaan Perlu Mempunyai News Room Sendiri. https://mix.co.id/corcomm-pr/brand-journalism-mengapa-perusaan - perula-punya-newsroom-sendiri/